Home » Smartphone » Tips Smartphone » 4 Hal yang Bisa Mengoptimalkan Penggunaan Ponsel Android

4 Hal yang Bisa Mengoptimalkan Penggunaan Ponsel Android

Ponsel Android adalah ponsel pintar yang dapat menunjang segala kebutuhan pengguna. Dari mulai komunikasi, pekerjaan, hingga hiburan, semua bisa dilakukan melalui ponsel pintar berbasis Android. Namun, apakah Androidmu sudah betul-betul bisa diandalkan? Banyak yang menggunakan Android layaknya ponsel biasa sehingga penggunaannya tidak optimal. Karena itu, pastikan 4 hal ini teroptimalkan di ponsel Androidmu.

Tips Mengoptimalkan Penggunaan Smartphone Android

  1. Performansi

Android adalah ponsel yang berbasis open source. Oleh karena itu, hampir setiap orang yang mengerti dunia pengembangan software dapat membuat aplikasi untuk ponsel Android. Hal ini sudah tentu berujung pada fenomena “banjir download” oleh para pengguna. Jika tidak diatur dengan baik, bukan tidak mungkin aplikas-aplikasi yang didownload tersebut dapat membuat ponsel Android berjalan dengan lambat.

Untuk meningkatkan performansi, hal pertama yang harus dilakukan adalah menonaktifkan aplikasi-aplikasi yang tidak terlalu dibutuhkan melalui Task Manager. Selain itu, pengguna juga bisa memanfaatkan widget homescree atau lockscreen. Sehingga untuk melakukan suatu pencarian atau mendapatkan informasi, pengguna tidak perlu membuka aplikasi yang sebenarnya. Beberapa contoh widget yang sering digunakan adalah facebook, twitter, email, bahkan informasi saham.

  1. Keamanan

Tidak ada yang ingin ponsel miliknya diambil orang lain. Selain daripada harga ponsel itu sendiri, data-data di dalam ponsel terkadang jauh lebih penting lagi. Untuk melindungi ponsel Androidmu dari tangan-tangan tidak bertanggung jawab, Anda bisa menggunakan aplikasi-aplikasi kemanan yang tersedia di PlayStore. Salah satu yang popular adalah Remote Wipe. Aplikasi ini dapat membunyikan ponsel Androidmu yang tersembunyi di suatu tempat melalui perangkat lain. Jadi, jika Anda tidak menemukan ponselmu ketika berada di suatu tempat, jangan langsung pergi begitu saja dan berasumsi bahwa ponselmu jatuh di jalan. Karena bisa jadi ponselmu masih ada di tempat itu namun telah disembunyikan. Dan aplikasi Remote Wipe ini akan sangat membantu.

Baca :  Kenali Lima Fitur Baru yang Dibawa Android Nougat

Bagaimana bila ponsel Androidmu sudah jatuh ke tangan orang lain? Tenang, Android juga mendukung enkripsi data melalui Settings > Security > Encryption, dan pilih “Encrypt phone”. Dengan begitu, datamu akan lebih lambat untuk diakses sehingga Anda punya lebih banyak waktu untuk melacak keberadaan ponselmu sebelum datamu dicuri orang.

  1. Tampilan

Meskipun tampilan bawaan Android sudah menarik, tidak ada salahnya Anda mencoba hal baru. Melalui Play Store, Anda bisa mencoba berbagai launcher dan tema yang Anda rasa sesuai dengan kepribadianmu. Meskipun tips ini hanya sekedar untuk hiburan, tapi tampilan yang sesuai dengan keinginan akan membuatmu lebih handal dalam mengoperasikan ponsel Androidmu. Selain itu, tampilan yang terlalu ruwet terkadang memakan memori yang cukup besar sehingga memperlambat kinerja ponsel Android Anda. Jadi, sesuaikan tampilanmu dengan kecepatan ponsel Androidmu. Karena dalam banyak kesempatan, Anda lebih membutuhkan kecepatan daripada keindahan.

  1. Kemudahan Akses

Khusus untuk tipe Android 4.4 ke atas, Google telah menyisipkan sebuah fitur canggih yang diberi nama “Ok Google”.  Anda bisa mengaktifkan fitur ini melalui Settings > Voice > “Ok Google” detection. Selanjutnya, beri tanda centang pada pilihan “From anyscreen” atau “Always On” dan ikuti instruksi yang muncul pada layar kemudian. Kegunaan dari fitur ini adalah Anda dapat mulai melakukan pencarian oleh Google dengan mengucapkan “Ok Google”.

Baca :  Daftar Aplikasi Android Jogging Populer Paling Diburu

Itulah 4 hal yang harus Anda optimalkan di ponsel Android. Dengan begitu, smartphone akan jadi lebih bersahabat dan mudah digunakan. Jadi, tips mana yang akan Anda coba lebih dulu?

About Bagas Dharma

Seorang penulis yang juga menekuni seni sulap dan suka sepakbola.