Tips Sederhana Memperbaiki Keyboard Laptop yang Error

0
436

Keyboard merupakan komponen perangkat input paling penting pada laptop. Akan tetapi seringkali keyboard menjadi error karena penyebab yang tidak diketahui. Terkadang ada tombol yang bertukar fungsi dengan tombol lainnya. Adapula yang tiba-tiba mati atau tidak berfungsi. Masalah seperti ini memang sering membuat panik. Sebagai jalan keluar, biasanya menggunakan keyword USB.

Namun demikian, sebenarnya ada cara sederhana yang bisa Anda lakukan sebagai pertolongan pertama pada keyboard laptop yang error atau tidak berfungsi. Bagaimana caranya? Simak penjelasan langkah-langkah berikut ini.

Cara Mudah Memperbaiki Keyboard Laptop Rusak

Kasus yang akan kita atasi kali ini adalah tombol keyboard yang tidak berfungsi. Umumnya, masalah seperti ini diakibatkan oleh kotoran, terkena air atau karena laptop disimpan di ruangan yang lembab. Sediakan pisau cutter yang tajam sebagai perlengkapan ‘operasi’. Setelah itu ikuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Tentukan dulu tombol keyboard bagian mana yang mati atau bermasalah. Kemudian perlahan-lahan angkat tombolnya.
  2. Di bawah tombol akan terlihat karet lentur berwarna putih bening. Ambil karet tersebut dan letakkan di tempat yang aman. Jangan sampai hilang atau tertiup angin, ya.
  3. Berikutnya Anda perhatikan bagian bawah setelah karet tersebut. Terdapat karet lainnya yang terdiri dari dua lapisan karbon berbentuk lingkaran.
  4. Persiapkan cutter, lalu robek lingkaran tersebut pada sepertiga bagiannya. Ingat, jangan terlalu lebar.
  5. Kemudian masuk ujung cutter ke sela-sela dua lapisan karbon itu. Gesek-gesekkan dengan tujuan membersihkan kotoran atau debu. Namun usahakan jangan terlalu keras, karena bisa berisiko merusak lapisan karbon. Kalau sudah demikian, Anda perlu membawanya ke tukang servis.
  6. Terakhir, pasang lagi karet yang ada di atasnya tadi. Lalu tutup dengan tombol keyboard yang Anda lepas di awal tadi. Lalu nyalakan laptop dan coba lagi tombol tersebut
Artiket terkait  Cara Mudah Menghubungkan iPhone ke PC/Laptop

Sebagai catatan, untuk melakukan cara di atas kondisi laptop harus mati, ya. Selain keyboard yang mati, ada juga masalah huruf yang tertukar. Seperti yang disampaikan di awal tadi. Bagaimana cara mengatasinya?

Memperbaiki Keyboard Laptop yang Tertukar Fungsinya

Banyak kasus di mana tombol hurup berubah menjadi angka. Misalnya U menjadi 4, J menjadi 1 dan sebagainya. Nah, untuk mengatasi permasalahan seperti ini, tekan tombol Fn dan NumLock secara berbarengan. Letaknya di setiap laptop terkadang berbeda, yang penting Anda bisa menemukan kedua tombol itu.

Artiket terkait  Tips Cerdas untuk Pengguna Laptop Apple Macbook

Kemudian lepaskan kedua tombol tersebut. Coba lagi beberapa tombol yang tertukar dengan angka tadi. Jika sudah kembali seperti semula, berarti tips sederhana tadi berhasil. Jika masih belum, coba sekali lagi. Hurup apa saja yang biasanya bisa tertukar menjadi angka? Umumnya adalah tombol hurup U, I, J, K, O, P, dan M.

Artiket terkait  Tips Perawatan Laptop yang Baik dan Benar

Kerusakan atau error pada keyboard memang menjadi hal yang sepele. Namun jika Anda tidak yakin bisa membetulkan sendiri, sebaiknya bawa ke tukang servis yang lebih ahli atau ke service center resmi. Namun sebagai langkah sederhananya, Anda bisa membeli keyboard USB atau keyboard wireless, seperti yang disampaikan di awal tadi.

Nah, untuk mengatasi error atau kerusakan pada keyboard, Anda juga harus meninggalkan teori primitif, yaitu diketuk atau dipukul. Biasanya orang Indonesia apapun yang rusak, terutama barang elektronik, dianggap bisa ‘sembuh’ dengan cara diketuk. Menurut pengalaman saya, hal itu justru bisa membuat kerusakan semakin parah. Bahkan jumlah keyboard yang error atau mati bisa bertambah. Semoga bermanfaat.