Home » Smartphone » Tips Smartphone » Tips dan Trik Pasang Custom ROM pada Smartphone Android Tanpa PC

Tips dan Trik Pasang Custom ROM pada Smartphone Android Tanpa PC

Bagi para pengguna smartphone android, menginstal custom ROM pada smartphone sudah bukan hal yang aneh lagi. Sistem operasi dengan basis open source ini memang menjadikan pengguna memiliki banyak pilihan untuk mengutak-atik dan mengubah smartphone androidnya. Salah satunya dengan menginstal custom ROM.

Ada banyak sekali keunggulan dari menggunakan custom ROM pada smartphone android. Namun masih banyak pengguna yang merasa enggan atau takut untuk melakukan instalasi custom ROM in. Padahal caranya sendiri cukup mudah, bahkan sudah ada beberapa cara instal custom ROM yang tak perlu lagi menggunakan PC atau laptop.

Cara Mudah Pasang Custom ROM di Android

Sebelum melakukan pemasangan ROM, ada baiknya Anda melakukan beberapa hal berikut ini.

  • Lakukan backup pada ROM atau custom ROM yang saat ini tengah digunakan terlebih dulu. Dan jangan lupa pula, lakukan back up untuk semua data yang ada di smartphone, mulai dari media foto dan video, kontak telepon, dan aplikasi. Back up ini diperlukan bila terjadi kesalahan ketika melakukan flash pada smartphone, maka backup langsung bisa diinstal ulang.
  • Pastikan smartphone dicharge ketika tengah diinstal custom ROM. Selain itu juga jangan lupa untuk mengaktifkas mode USB Debugging pada smartphone android.
  • Simpan kode IMEI pada smartphone. Lagi-lagi, bila terjadi kesalahan pada proses instal custom ROM kode EMEI smartphone tak akan hilang.
  • Siapkan ROM yang benar-benar cocok dengan jenis dan merk smartphone. Ada banyak sekali jenis custom ROM untuk berbagai tipe smartphone Android karena itu pastikan mendapat jenis custom ROM yang benar-benar tepat dan cocok.
Artiket terkait  Begini Cara Memperbaiki Kamera Smartphone yang Buram

Nah setelah semua tips diatas, langkah berikutnya adalah siapkan ROM Manager, lalu ikuti langkah-langkahnya.

  1. Jalankan aplikasi ROM Manager yang sudah disiapkan di smartphone sebelumnya. Pada menu utama akan nampak pilihan untuk “Flash ClockworkMod Recovery”. Ketika memilih pilihan ini, akan diminta untuk melakukan konfirmasi jenis dan tipe smartphone android yang digunakan. Pastikan mengisi pilihan ini dengan benar. Tips: Bila tipe dan jenis ponsel tak bisa ditemukan pada pilihan, bila langsung dilewati.
  2. Setelah tahapan pertama tersebut, smartphone akan masuk ke dalam mode rebook dan melakukan flash CWM atau ClockworkMod.
  3. Sebelum tahapan ketiga, ROM Manager akan meminta untuk kembali melakukan backup ROM. Pilih tombol untuk “Backup Rom Now”, dan berikan nama pada back up ROM sebelum memulai proses back up.
  4. Langkah selanjutnya, ROM Manager akan meminta izin untuk mengakses dengan mode super user. Klik tombol “Allow” untuk memberikan ijin pada aplikasi menjalankan mode Super User. Proses ini bersama dengan proses back up akan berlangsung cukup lama. Tips: Pastikan smartphone masih terus di-charge selama proses berlangsung.
  5. Setelah semua proses tersebut selesai, kembali buka ROM Manager dan pilih menu “Instal ROM from SD Card”. Akan terbuka deretan folder di SD Card dan pilih ROM custom yang sudah disiapkan sebelumnya. Tips: Sebelumnya, simpan Custom ROM yang masih dalam format .zip dalam sebuah folder khusus terpisah untuk memudahkan proses.
  6. Akan muncul jendela pop up dengan tiga pilihan dan pilih untuk “Wipe Data and Cache” dan “Wipe Dalvik” kemudian klik OK.
  7. Proses instalasi custom ROM akan berjalan, dan lamanya kurang lebih 15 menit.
Artiket terkait  Memori Android Penuh Bikin Lemot! Begini Cara Mengatasinya

So, semoga tips dan trik memasang custom ROM Android di atas dapat Anda coba sendiri. Selamat mencoba.

About Bagas Dharma

Seorang penulis yang juga menekuni seni sulap dan suka sepakbola.