Mungkin Ini Penyebab Play Store Anda Tidak Bisa untuk Download

0
218

Bagaimana perasaan Anda ketika Play Store tidak bisa mengunduh aplikasi? Pastinya akan jengkel sendiri Anda. Apalagi aplikasi tersebut adalah game yang sedang trens saat itu. Alih-alih asik main Game, ternyata harus rela menahan jengkel karena instalasi Anda gagal. Padahal, teman Anda aman saja melakukan download aplikasi yang sama. Instalasinya pun sukses tanpa hambatan.

Artiket terkait  Lakukan Cara Ini Jika Android Tiba-tiba Mati Total

Mungkin Anda perlu memperhatikan beberapa hal berikut ini. Bisa jadi selama ini memang kondisi perangkat Anda yang tidak mendukung. Semoga saja ini menjadi jawaban pertanyaan Anda atas kegagalan instalasi aplikasi yang baru saja di unduh.

play store tidak bisa download
Tips Mengatasi Masalah Play Store di Smartphone Anda

Tips Mengatasi Masalah Play Store di Smartphone Anda

  1. Pembatasan Area Support

Rasanya tidak adil dengan keberadaan pembatasab wilayah. Kalaupun ada batas, mungkin karena pembatasan perangkat masih bisa maklum. Kalau sudah menemukan aplikasi yang cocok, tapi ternyata wilayah tempat kita berada belum di dukung oleh Developer. Resikonya bisa fatal jika masih memaksa perangkat Anda untuk dipasang aplikasi tersebut. Smartphone Anda mungkin tidak bisa digunakan lagi.

Paling ada syarat tertentu untuk bisa menggunakan aplikasi itu. Seperti keberadaan domisili Anda saat itu. Satu cara yang bisa ditempuh ialah menghubungi developer aplikasi untuk memperluas area dukunganya. Supaya aplikasi itu bisa berfungsi baik di area keberadaan Anda.

  1. Perangkat Android Tidak Punya Fitur Pendukung

Hal ini biasa terjadi saat Anda membeli sebua perangkat baru, lalu seluruh aplikasi di perangkat lama dipindah ke perangkat baru. Ada kemungkinan beberapa aplikasi seperti game yang biasanya berjalan lancar di perangkat lama bakal mengalami gangguan di perangkat baru Anda. Mengapa bisa terjadi? Dalam sebuah perangkat terdapat beberapa fitur tertentu yang tidak semuanya memiliki.

Bisa jadi ketika kamu membeli ponsel baru, dan memindahkan semua aplikasi dan game android di device lama ke device baru mungkin bisa mengalami hal yang tidak mengenakkan ini. Caranya mengantisipasinya ialah dengan membeli smartphone yang memiliki fitur lebih lengkap di kemudian hari.

  1. Pastikan OS Android Tetap Update

Setiap kali ada OS Android baru rilis maka akan ada banyak fitur baru yang menyertai. Fitur baru tersebut akan membantu beberapa aplikasi Anda berjalan dengan lancar.Developer terkait memberikan himbauan pada aplikasi berupa kecocokan antara aplikasi dengan OS tertentu.

  1. Aplikasi Hanya untuk Perangkat Tertentu

Setiap merk perangkat Android tentu memiliki aplikasi khusus yang tidak bisa didapat secara bebas. Hanya perangkat tertentu yang bisa mendapatkan juga menjalankannya dengan lancar. Jika Anda menghendaki suatu aplikasi terkait namun ternyata tidak cocok untuk perangkat Anda. Lebih baik, carilah alternatif aplikasi yang masih menyentuh fungsi sama supaya bisa berguna lancar.

  1. Ada Bug di Play Store

Aplikasi yang seharusnya berjalan lancar di perangkat Anda bisa saja tidak bisa diunduh. Hal itu bisa terjadi karena ada masalah yang menerpa Play Store Anda. Ambil langkah Uninstall Play Store Anda, lalu pasanglah kembali. Setelah itu, coba restart perangkat Anda. Jika masih belum bisa, mungkin saja ada masalah lain di luar Play Store.

  1. Memori Perangkat Sudah Penuh

Hal ini tentu sudah jelas. Pemasangan aplikasi butuh sekian ruang memori untuk menyimpan datanya. Lakukanlah uninstall pada aplikasi yang sudah tidak penting lagi, atau memindah file semacam foto atau video ke media penyimpanan lain.

Sekarang coba perhatikan lebih detil pada perangkat smartphone Android Anda, kira-kira masalah mana yang membuat aplikasi Play Store Anda tidak bisa digunakan untuk mengunduh aplikasi. Semoga bermanfaat.