Home » Laptop » Tips Laptop » Tips Cerdas untuk Pengguna Laptop Apple Macbook

Tips Cerdas untuk Pengguna Laptop Apple Macbook

Laptop sudah menjadi bagian penting kita sehari-hari. Banyak kegiatan yang mengandalkan laptop sebagai alat bantunya. Mulai dari bekerja, mengerjakan tugas, bahkan hiburan. Saat ini terdapat dua developer besar yang memegang pasar Laptop di dunia. Tentunya kita sudah sangat familiar dengan sistem operasi berbasis Windows (Microsoft) dan Mac OS (Apple).

Saat ini Apple selalu dibandingkan dengan sepak terjang Microsoft. Apple dengan sistem operasi Macintosh alias Mac, umumnya dinilai lebih eksklusif. Sebab, secara umum harga perangkat Apple ini memang jauh lebih mahal. Para penggunanya pun sering kali menjadikan Apple Mac sebagai kebanggaan tersendiri.

Sistem operasi Windows di satu sisi memang terlihat lebih bersahabat karena lebih kaya aplikasi dan bebas untuk memilih hardware. Namun, saat ini hal tersebut sudah tidak menjadi masalah lagi untuk Mac. Sisi ekslusif Mac sendiri terletak pada desain hardware dan kualitas pelayanan dari developer itu sendiri. Keamanan juga menjadi salah satu kunci ketertarikan orang kepada Mac.

Artiket terkait  Cara Setting Laptop Standar Agar Bisa Main Game Bola

Nah, jika berminat ingin menjadikan Mac sebagai teman bekerja atau hiburan yang menyenangkan, ada baiknya Anda mengikuti beberapa tips berikut ini.

Tips untuk Pengguna Laptop Apple Macbook Pemula

  1. Warna Menu Bar dan Dock Laptop Apple Macbook

Jika Anda bosan dengan warna khas Apple (abu-abu), warna hitam bisa jadi pilihan lain untuk menu bar dan dock Mac Anda. Langkahnya seperti ini,  klik System Preferences > Genereal > ceklis “Use Dark Menu Bar and Dock”, lalu tambahkan fitur Magnification untuk dock Anda. Tampilan akan terlihat berbeda dan fresh.

  1. Ffitur Magnification

Masih berkesinambungan dengan poin pertama. Bagiamana cara mengaktifkan fitur Magnification? Fitur ini berguna sebagai kaca pembesar untuk memudahkan pengguna melihat aplikasi yang tersemat pada Dock Mac. Caranya masuklah ke System Preferences > Dock > ceklis “Magnification”. Terakhir, aturlah Size dan Magnification di kolom Dock hingga tampak lebih friendly.

Artiket terkait  Begini Cara Mengatasi Laptop yang Overheat
  1. Mengatur fitur Trackpad Mac

Pengaturan Trackpad sangat penting untuk kenyamanan Anda dalam bekerja dengan laptop Apple Macbook. Langkahnya sederhana, masuklah ke menu System Preferences > Trackpad. Kemudian aturlah sesuai dengan tingkat kenyamanan Anda.

  1. Log in ke Akun iCloud

Akun iCloud berlaku untuk semua hardware buatan Apple, baik laptop Mac Anda ataupun iPhone. Jika Anda belum punya akun iCloud, lakukan pendaftaran melaui “Create Apple ID” secara gratis. Akun ini juga berfungsi sebagai media back-up dan sistem keamanan. Apabila anda kehilangan laptop Mac kesayangan Anda, yang harganya mahal itu Anda tinggal aktifkan fitur “Find My Mac” pada System Preferences.

  1. Aktifkan Firewall dan Matikan Login Otomatis
Artiket terkait  Begini Kriteria Laptop Gaming Terbaik untuk Anda

Mac dikenal memang lebih aman dari virus ketimbang perangkat berbasis Windows. Namun tidak ada salahnya jika Anda mengaktifkan Firewall sebagai perlindungan ketika sedang surfing di internet. Setelah itu, hindari login otomatis dan aktifkan fitur untuk meminta password ketika menyalakan laptop.

  1. Back-up Rutin

Hampir sama seperti Windows yang mengsung Recovery sebagai media restorasi. Mac juga punya fitur serupa. Laptop Mac Anda dilengkapi dengan Time Machine, yaitu sebuah fitur untuk mengembalikan data penting Anda yang hilang. Jadi sebaiknya lakukan back-up data-data penting secara rutin setiap hari, minggu atau bulan.

  1. Pasang Aplikasi Pendukung

Untuk mendukung kinerja laptop Mac Anda supaya lebih maksimal, pasanglah beberapa aplikasi pendukung. Sama seperti Windows, Anda perlu memasang aplikasi seperti Flash Player, Java, NTFS atau Perian.

Demikian beberapa tips untuk pengguna laptop Apple Macbook pemula. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

About Bagas Dharma

Seorang penulis yang juga menekuni seni sulap dan suka sepakbola.