Home » Laptop » Tips Laptop » Jagalah LCD Laptop dengan Benar Supaya Awet

Jagalah LCD Laptop dengan Benar Supaya Awet

LCD pada laptop adalah satu di antara komponen yang sangat penting. Fungsinya seperti monitor pada PC, yakni untuk menampilkan output berupa teks dan grafis. Maka dari itu, jika LCD laptop sampai rusak, tentunya akan fatal akibatnya. Banyak hal yang bisa mengakibatkan kerusakan LCD laptop. Biasanya kemudian akan terjadi beberapa masalah seperti warna yang kurang tajam, missing color, garis atau noda pada LCD, atau tampilan layar yang terlihat bergetar.

Ngeri kalau sudah seperti itu. Selain harga sparepart yang cukup mahal, orang yang memperbaiki pun juga harus ahli. Disarankan supaya Anda membawa ke service center, supaya lebih terjamin. Akan tetapi, hal yang paling penting tentu saja adalah harus merawat dan menjaga LCD dengan hati-hati. Nah, supaya LCD laptop Anda lebih awet ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan. Berikut penjelasan selengkapnya.

Artiket terkait  Akun Facebook Kena Hack? Ini Cara Mengembalikannya

Tips Merawat LCD Laptop dengan Baik dan Benar

Membatasi Waktu Penggunaan

Anda sering lembur di depan laptop? Tentu tidak ada masalah dengan pekerjaan tersebut, sampai tiba-tiba suatu saat layar laptop Anda mati. Nah, supaya hal tersebut tidak terjadi Anda dianjurkan untuk mengistirahatkan laptop setidaknya lima jam sekali. Jangan terlalu lama membiarkan laptop dalam kondisi menyala karena seluruh komponen yang ada pada LCD pasti akan panas. Nah, sel liquid pada layar tersebut biasanya akan terpengaruh oleh panas yang berlebihan.

Mengatur Waktu Istirahat LCD

Saat beberapa menit tidak digunakan, layar monitor laptop pasti akan mati. Meski terlihat tidak penting namun justru hal tersebut sangat berguna. Keadaan layar mati atau standby ini bisa menghemat energi LCD. Untuk mengaturnya, Anda bisa menuju menu Power Option pada sistem operasi Windows.

Artiket terkait  Masalah Umum pada Laptop Windows 10 dan Cara Mengatasinya

Pengaturan Brightness dan Contrast

Seberapa besar pengaruh pengaturan kecerahan pada layar LCD? Faktanya hal ini juga akan berpengaruh pada keawetan LCD laptop Anda. Untuk itu, sebaiknya atur brightness dan contrast pada level normal saja, tidak terlalu redup dan tidak terlalu terang. Terutama pada penggunaan normal seperti mengetik atau sekadar browsing.

Dibersihkan Secara Teratur

Anda bisa membeli paket pembersih layar monitor yang banyak dijual di pasaran. Fungsinya ya untuk membersihkan LCD. Akan tetapi dalam paket tersebut biasanya terdapat cairan pembersih khusus dan kain halus. Bersihkan monitor setiap hari secara teratur.

Berhati-hati dalam Penggunaan

Maksudnya adalah saat Anda membuka dan menutup laptop. Seringkali aktivitas sepele ini bisa menyebabkan rusaknya LCD. Berhati-hatilah saat membuka atau menutup laptop, jangan terlalu dipaksakan dan jangan terlalu keras. Selain itu Anda juga tidak disarankan langsung menutup laptop dalam keadaan panas. Misal setelah digunakan untuk lembur atau bermain game, biarkan dulu beberapa saat sampai laptop tidak terlalu panas. Apa efeknya jika dipaksakan ditutup dalam kondisi panas? Bisa muncul bercak warna putih selebar 3 cm atau lebih di LCD laptop.

Artiket terkait  Cara Menambah VRAM Intel HD untuk ‘Angkat’ Game Berat di Laptop

Sebenarnya cara merawat LCD laptop sangatlah mudah. Beberapa hal tadi perlu Anda lakukan supaya laptop tetap dapat digunakan tanpa masalah dalam waktu yang lama. Perawatan yang baik bisa meminimalisir terjadinya kerusakan yang tidak diinginkan. Setidaknya Anda bisa menghemat uang sampai ratusan ribu rupiah, yang mungkin perlu Anda keluarkan jika LCD laptop rusak. Belum lagi risiko ketidakcocokan antara LCD yang baru dengan komponen laptop yang asli. Terkadang hal tersebut bisa terjadi. So, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

About Bagas Dharma

Seorang penulis yang juga menekuni seni sulap dan suka sepakbola.