Home » Laptop » Tips Laptop » Begini Kriteria Laptop Gaming Terbaik untuk Anda

Begini Kriteria Laptop Gaming Terbaik untuk Anda

Seorang gamers seharusnya tahu spesifikasi seperti apa yang dibutuhkan untuk bisa memberi performa dan tampilan yang terbaik saat bermain game. Sebenarnya tidak perlu memberi laptop gaming yang harganya puluhan juta. Anda hanya perlu mengetahui hal apa saja pada laptop yang akan berpengaruh pada performa game.

Saat ini kebanyakan laptop keluaran terbaru, yang harganya mungkin tidak lebih dari Rp 10 jutaan, pasti sudah support beberapa game berat. Namun supaya tidak salah pilih, ada beberapa tips penting yang harus diperhatikan saat memilih . Supaya lebih jelas, kita ulas tipsnya satu persatu.

Tips Memilih Laptop Gaming yang Tepat

Prosesor

begini-kriteria-laptop-gaming-terbaik-untuk-anda-1-oleh-tekno-lalodJika Anda ingin bermain game dengan lancar, disarankan supaya memilih laptop yang mengusung prosesor Intel atau AMD. Apa perbedaan keduanya? Unutk prosesor Intel, performanya lebih stabil dan tidak cepat panas. AMD pun sebenarnya tidak jauh berbeda, akan tetapi bagi Anda yang punya budget terbatas, prosesor keluaran Intel pasti akan lebih bersahabat. Ada dua jenis prosesor Intel, yakni M dan U. Laptop gaming umumnya menggunakan prosesor Intel jenis M, sedangkan jenis U hanya digunakan untuk kelas ringan.

Artiket terkait  Cara Agar Laptop Bisa Menyapa Anda Saat Login

VGA

begini-kriteria-laptop-gaming-terbaik-untuk-anda-2-oleh-tekno-lalodKalau komponen yang satu ini sudah pasti harus ada. Tidak mungkin Anda bisa memainkan game berat jika laptop Anda hanya menggunakan VGA onboard. VGA atau kartu grafis ini sangat berpengaruh pada kualitas tampilan game. Maka dari itu saat ingin membeli , sebaiknya perhatikan betul-betul VGA apa yang diusung. Baiknya Anda pilih laptop yang menggunakan kartu grafis NVIDIA atau AMD. VGA dari dua vendor itu banyak diminati karena menawarkan kualitas tinggi dengan harga yang cenderung lebih murah.

RAM

begini-kriteria-laptop-gaming-terbaik-untuk-anda-3-oleh-tekno-lalodSelain VGA, biasanya juga harus dibekali RAM yang besar. Sebaiknya pilih laptop dengan RAM minimal 4GB. Sebab jika hanya 2GB, pasti akan menghambat kelancaran saat bermain game. Anda perlu berpikir dua kali saat membeli dengan RAM kurang dari 4GB, walaupun juga disertai VGA yang cukup mumpuni. Perhatikan juga apakah RAM tersebut masih bisa di-upgrade atau tidak. Kalau bisa, Anda bisa melakukan upgrade dengan menambahkan menjadi 8GB.

Artiket terkait  Hindarkan Laptop Anda dari Junkware dengan Cara Ini

Penyimpanan

begini-kriteria-laptop-gaming-terbaik-untuk-anda-4-oleh-tekno-lalodSeberapa luas kapasitas penyimpanan harddisk pada laptop juga akan sangat berpengaruh. Paslanya game yang bagus pastinya juga membutuhkan ruang penyimpanan yang luas pula. Anda juga mesti memikirkan kalau harddisk internal laptop tidak bisa ditambah. Dengan kata lain Anda harus menggunakan harddisk eksternal. Terbaru, saat ini ada harddisk jenis SSD, yang mana pasti akan support pada performa game. Tapi jangan terkejut saat tahu harganya, ya.

Artiket terkait  Punya Laptop Jadul? Lakukan Ini Supaya Performanya Tetap Gahar

Resolusi Layar

begini-kriteria-laptop-gaming-terbaik-untuk-anda-5-oleh-tekno-lalodKurang nyaman rasanya kalau harus bermain game dengan menghadap layar yang kecil. Setidaknya, harus mempunyai layar dengan luas 15,6 inci. Tetapi itu semua tergantung pada pribadi masing-masing. Sebab, kenyamanan saat bermain game tidak ada acuan tertentu. Kalau Anda kurang puas dengan ukuran layar, mungkin Anda bisa memakai proyektor.

Baterai

begini-kriteria-laptop-gaming-terbaik-untuk-anda-6-oleh-tekno-lalodMeski bisa dihubungkan dengan listrik, tapi baterai laptop juga penting Anda pertimbangkan. Pilihlah laptop dengan kapasitas baterai yang besar, karena saat digunakan untuk bermain game pasti baterai akan menjadi lebih boros. Tapi jangan lupa juga untuk memperhatikan ‘kesehatan’ baterai, ya.

Nah, selain enam tips barusan, satu hal yang pasti akan menjadi pertimbangan final adalah masalah harga. Kalau soal itu Anda bisa pikirkan lagi sendiri. So, sekian tips kali ini dan semoga bermanfaat.

About Bagas Dharma

Seorang penulis yang juga menekuni seni sulap dan suka sepakbola.