Home » Laptop » Tips Laptop » Tips Meningkatkan Performa Laptop untuk Bermain Game

Tips Meningkatkan Performa Laptop untuk Bermain Game

Jika dibandingkan dengan PC gaming, performa laptop gaming mungkin memang berada di bawahnya. Akan tetapi, para gamer biasanya lebih menyukai laptop. Alasannya karena laptop lebih portabel dan mudah dibawa ke mana saja. Dengan laptop, gamer bisa memainkan game favorit mereka di lantai, di sofa, di cafe, atau di tempat-tempat lain yang tidak bisa dijangkau desktop PC.

Akan tetapi, rasa-rasanya PC gaming memang lebih mumpuni untuk mengangkat beberapa jenis game. Tapi bagi Anda para pengguna , jangan cemas lagi. Hal yang perlu Anda lakukan saat ini adalah mengoptimalkan kinerja laptop supaya tidak tersendat saat digunakan bermain game. Umumnya ada beberapa aplikasi tweaking atau optimasi sistem laptop yang direkomendasikan. Namun, cobalah beberapa cara berikut ini untuk meningkatkan performa tanpa aplikasi khusus.

  1. Update Driver

Terkadang menurunnya performa laptop disebabkan karena driver yang sudah usang. Maka dari itu, para gamer dianjurkan untuk mengunduh dan memasang driver terbaru. Sebab, pihak vendor pasti akan terus memberikan update terbaru untuk memperbaiki bug yang ada. Terutama yang perlu menjadi perhatian adalah driver video card. Perlu dipahami kalau CD installer driver saat membeli laptop, bukan berarti itu adalah versi terbaru.

  1. Power Setting
Baca :  Sekarang Laptop Hilang Bisa Dilacak Pakai Aplikasi Ini

Mengapa perlu melakukan power setting pada ? Tentunya karena sumber listrik pada PC dan laptop berbeda. PC bisa langsung terhubung dengan listrik, sementara laptop sedikit sulit terjangkau aliran listrik. Maka dari itu, pengaturan pada power setting pada penting untuk dilakukan. Hal ini bertujuan supaya terjadi keseimbangan antara daya dan performa. Saat Anda bermain game, Anda bisa menggunakan power setting level tertinggi supaya kinerja laptop lancar.

  1. Menurunkan Detil Game

Efek grafis pada sebuah game sudah pasti akan sangat berpengaruh pada performa . Maka dari itu Anda perlu menyesuaikan spesifikasi laptop dengan pengaturan grafis yang ada. Supaya Anda tidak tersendat saat bermain game, turunkan resolusi tekstur dan efek bayangan. Sebab, dua hal tersebut akan berdampak pada kinerja RAM. Hal ini wajib dilakukan terutama bagi gamer yang menggunakan laptop dengan VGA minim.

  1. Tutup Aplikasi Background
Baca :  Jagalah LCD Laptop dengan Benar Supaya Awet

Seperti halnya di smartphone, aplikasi yang berjalan di belakang layar atau background akan membuat kinerja perangkat menjadi lamban. Nah, Anda disarankan untuk mematikan beberapa aplikasi tidak penting yang berjalan di background. Cara cepatnya Anda bisa menuju ke Task Manager. Pilih program, klik kanan lalu klik End Task. Namun, jangan sampai salah menutup aplikasi, ya.

  1. Maintenance Harddisk

Agar performa Anda selalu lancar, sebaiknya lakukan maintenance harddisk secara rutin. Anda bisa memanfaatkan fitur System Tools yang ada pada Accesssories. Rutinlah melakukan disk clean up dan disk defragmenter. Disk clean up gunanya untuk menghapus data-data ‘sampah’ yang bersifat temporary dan tidak terpakai lagi. Sedangkan disk defragmenter berguna untuk menata ulang data-data di dalam harddisk.

  1. Jangan Install Aplikasi ‘Sampah’
Baca :  Tips Memilih Laptop untuk Programer

Saat laptop Anda dalam kondisi online, terkadang ada ‘tawaran’ untuk memasang aplikasi-aplikasi tertentu yang sebenarnya tidak penting. Nah, hindari memasang malicious program, karena akan membuat performa laptop Anda menurun saat digunakan untuk bermain game. Apalagi, malicious program juga bisa mengancam keamanan sistem.

Para gamer seharusnya mulai menyadari beberapa hal tersebut supaya nantinya tidak memaksakan laptop bekerja terlalu keras. Namun, kenyataannya memang terdapat beberapa aplikasi khusus yang bisa digunakan untuk mengoptimalkan aktivitas gaming. So, sekian tips kali ini dan semoga bermanfaat.

About Bagas Dharma

Seorang penulis yang juga menekuni seni sulap dan suka sepakbola.