Home » Smartphone » Tips Smartphone » Tips yang Perlu Dicoba Pengguna Android Nougat 7.0

Tips yang Perlu Dicoba Pengguna Android Nougat 7.0

Sebelumnya saya sempat menulis artikel tentang beberapa fitur baru yang diboyong pada Android Nougat 7.0. Nah, sekarang saya akan bahas beberapa tips yang bisa dicoba oleh para pengguna sistem operasi Android versi terbaru itu. Jika ponsel pintar Anda masih belum menggunakan Nougat, sebaiknya segera lakukan update.

Sebenarnya pengguna Android Nougat ini masih belum mayoritas, karena baru dirilis beberapa minggu lalu dan belum support pada banyak perangkat. Secara keseluruhan, penilaian pengguna terhadap Nougat cukup bagus. Namun demikian, ada beberapa tips yang bisa membantu mengoptimalkan fitur-fitur baru yang ada di Android Nougat. Benarkah demikian? Bagi Anda yang penasaran, silahkan coba beberapa tips berikut ini.

Mengontrol Aplikasi di Background

Seringkali pengguna smartphone Android dibuat kesal dengan banyaknya aplikasi yang berjalan di background. Akibatnya, baterai bisa cepat habis, RAM habis, pemakaian data pun jadi semakin besar. Nah, pada Android Nougat terdapat sebuah fitur yang bisa mengendalikan aplikasi-aplikasi yang berjalan tanpa Anda ketahui. Bagaimana caranya? Cukup masuk ke menu Developer Settings > Running Services. Di situ Anda bisa pantau aplikasi mana saja yang perlu dihentikan prosesnya dan mana saja yang penting.

Selengkapnya :  Aplikasi Ini Bikin Baterai Smartphone Android Boros

android nougat

Mengakses Menu Setting Lebih Cepat

Pada Android Nougat, pihak pengembang, yakni Google, sepertinya ingin memberi kemudahan dan kenyamanan lebih pada pengguna. Terutama saat pengguna ingin masuk ke menu setting atau pengaturan. Jika beberapa jalan pintas atau shortcut bisa Anda lihat dengan mengusap layar dari atas ke bawah, tapi menu setting secara keseluruhan bisa langsung Anda lihat dengan mengusap layar dari kiri ke kanan.

android nougat

Battery Power Optimization

Fitur baru lain yang ada pada Android Nougat adalah Batery Power Optimization. Fungsi fitur tersebut adalah untuk menghemat baterai dalam saat ponsel dalam kondisi stand by. Akan tetapi, dampak buruknya adalah beberapa notifikasi perpesanan seperti BBM, LINE, WhatsApp, dan sebagainya, mungkin akan mati. Lalu bagaimana cara mengatur fitur ini? Cukup tekan icon baterai pada sudut layar. Kemudian akan muncul layar Battery Power Optimization. Di situ, Anda tinggal pilih aplikasi yang ingin dimatikan dengan menekan Don’t Optimise.

Selengkapnya :  Cara Menghindari Malware di Android

android nougat

Memaksimalkan Fitur Split Screen

Seperti yang sudah saya sampaikan pada artikel sebelumnya, pada Android Nougat terdapat fitur split screen. Dengan fitur ini, pengguna dimungkinkan untuk membuka dua aplikasi sekaligus dalam satu layar yang terbagi dua. Misalnya Anda sedang menonton video di YouTube, maka Anda tidak perlu keluar dari aplikasi untuk membalas pesan masuk. Nah, ada tips menggunakan fitur ini bagi Anda yang belum tahu.

Selengkapnya :  Begini Caranya Android Bisa Menjadi ‘Asisten’ Pribadimu

kenali-lima-fitur-baru-yang-dibawa-android-nougat-1-oleh-tekno-lalodSaat Anda sedang membuka aplikasi A, tekan tombol recent app. Kemudian pilih aplikasi mana yang ingin Anda buka lagi. Jika Anda salah membuka aplikasi, hanya perlu tekan tombol Home, kemudian tekan lagi aplikasi lain yang Anda kehendaki.

Pemberitahuan Tanpa Suara

tips-yang-perlu-dicoba-pengguna-android-nougat-7-0-4-oleh-tekno-lalodAndroid sejauh ini masih mengembangkan fitur pemberitahuan tanpa suara, yang bisa diatur sesuai kehendak pengguna. Di Android Nougat, pengaturan ini bisa Anda aktifkan dengan sangat mudah. Pertama, tunggu ada notifikasi muncul pada home screen. Setelah itu tekan more settings, kemudian pilih pengaturan untuk mematikan suara pemberitahuan dari aplikasi terkait.

Demikian tips dan trik yang mungkin belum diketahui oleh para pengguna Android Nougat. Jika ada pembaruan lagi, saya akan selalu berusaha memberikan update. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

About Bagas Dharma

Seorang penulis yang juga menekuni seni sulap dan suka sepakbola.