Home » Smartphone » Tips Smartphone » Kenali Lima Fitur Baru yang Dibawa Android Nougat

Kenali Lima Fitur Baru yang Dibawa Android Nougat

Para pengguna smartphone berbasis Android pasti tahu kalau setiap versi terbaru Android akan menggunakan nama-nama makanan. Seperti Honeycomb, Ice Cream Sandiwch, Jelly Bean, KitKat, Lollipop, hingga Marshmallow. Terbaru, Andoroid merilis Nougat beberapa waktu lalu, yang mana merupakan suksesor dari Andorid Marshmallow. Beberapa fitur baru pun dibekalkan pada sistem operasi terbaru Android itu.

Sebagian besar smartphone berbasis Android yang ada saat ini memang masih didominasi dengan Lollipop dan Marshmallow. Akan tetapi sudah ada beberapa vendor yang menyediakan update ke Android Nougat dan memproduksi perangkat baru dengan OS Android Nougat bawaan. Berikut ini adalah beberapa fitur unggulan pada Android Nougat, yang pastinya akan Anda suka.

Split Screen Multitasking

kenali-lima-fitur-baru-yang-dibawa-android-nougat-1-oleh-tekno-lalodIni adalah pertama kalinya Android mengembangkan fitur split screen multitasking, yang mana digadang-gadang menjadi fitur baru terbaik pada Nougat. Mengapa demikian? Bayangkan saja, Anda bisa menjalankan dua aplikasi secara bersamaan dengan cara membagi layar menjadi dua (split screen). Anda bisa memilih aplikasi mana yang ingin Anda gunakan dan bisa diperbesar maupun diperkecil jendela aplikasinya. Mantap sekali, bukan?

Artiket terkait  Mau Jual Smartphone Android? Jangan Abaikan Hal Ini

Tambahan Emoticon

kenali-lima-fitur-baru-yang-dibawa-android-nougat-2-oleh-tekno-lalodEmoticon sudah menjadi sebuah ‘budaya’ baru di era digital ini. Untuk lebih mudah menyampaikan ekspresi atau maksud tertentu, eksitensi emoticon sangat membantu. Misalnya Anda ingin mengungkapkan perasaan sedih, maka Anda tidak perlu menuliskan kalimat, “Aku sedang sedih.” Melainkan Anda hanya perlu menekan emoticon sedih. Nah, bagi Anda para penggila emoticon pada smartphone Android, pada versi Nougat akan ada setidaknya 72 emoticon baru yang bisa dipakai secara langsung.

Mengatur Quick Setting

kenali-lima-fitur-baru-yang-dibawa-android-nougat-3-oleh-tekno-lalodQuick Setting adalah menu-menu yang bisa Anda lihat apabila Anda menggeser layar dari atas ke bawah. Di sana biasanya ada pilihan untuk mengaktifkan koneksi data, WiFi, Bluetooth, kecerahan layar, informasi pesan masuk, dan sebagainya. Pada Android Nougat, fitur ini bisa Anda atur sendiri. Secara default, pada Android versi sebelum Nougat, pengguna tidak bisa mengatur icon apa saja yang ada di menu tersebut. Akan tetapi, pada versi terbaru Anda bisa melakukan pengaturan dengan cara drag and drop. Sangat sederhana.

Artiket terkait  Cara Membuat Ringtone Unik di iPhone

Membalas dari Notifikasi

kenali-lima-fitur-baru-yang-dibawa-android-nougat-4-oleh-tekno-lalodBeberapa aplikasi tambahan mungkin bisa memberikan Anda keleluasaan untuk membalas sebuah pesan masuk dari notifikasi. Akan tetapi, pada Android Nougat, Anda bisa mendapatkan fitur tersebut secara default. Intinya, Anda tidak perlu lagi membuka aplikasi terkait untuk membaca pesan dan membalasnya. Jadi selain hemat waktu, Anda juga bisa menghemat RAM.

Memblokir Panggilan

kenali-lima-fitur-baru-yang-dibawa-android-nougat-5-oleh-tekno-lalodFitur ini mungkin menjadi yang paling diimpikan oleh banyak pemilik ponsel sejak dulu. Terutama mereka yang sering merasa terganggu dengan panggilan-panggilan asing atau dari seseorang yang memang ingin dihindari. Misalnya seperti mantan pacar. Nah, pada Android Nougat, kabarnya aktivitas memblokir panggilan akan dipermudah. Ya, adanya fitur call blocking bisa membuat Anda menolak panggilan dari berbagai macam aplikasi. Bukan hanya dari nomor HP, akan tetapi juga bisa digunakan pada WhatsApp, Telegram dan sebagainya.

Artiket terkait  Begini Cara Memperbaiki Kamera Smartphone yang Buram

Bagaimana? Cukup keren bukan fitur-fitur baru yang ada pada Android Nougat? Bagi Anda para pengguna smartphone dengan OS Android Marshmallow, Anda hanya tinggal melakukan update sistem ke versi terbaru, jika sudah disediakan dari pihak vendor. Tapi untuk pengguna Android versi sebelumnya, seperti Jellby Bean atau KitKat, nampaknya Anda perlu membeli ponsel baru untuk mendapatkan pembaruan OS Android Nougat.

About Bagas Dharma

Seorang penulis yang juga menekuni seni sulap dan suka sepakbola.