Cara Mudah Root Android Lollipop 5.1 Menggunakan Kingroot

0
855

Tidak semua orang membutuhkan akses root pada Android. Sebab, terdapat beberapa risiko yang dapat membahayakan smartphone Android, apabila penggunanya tidak benar-benar memahami soal rooting. Biasanya, akses root digunakan oleh orang-orang tertentu untuk bisa lebih leluasa masuk ke dalam sistem Android, yang secara default sebenarnya dikunci oleh pihak vendor.

Sejak Android versi terdahulu, sudah banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk mengakali akses sistem yang terkunci itu. Nah, berhubung saat ini kebanyakan smartphone sudah menggunakan sistem operasi Lollipop 5.1, maka saya akan memberikan sedikit tips kepada Anda yang ingin membuka akses root pada smartphone Android Lollipop 5.1. Aplikasi yang akan kita gunakan untuk melakukan proses rooting ini adalah Kingroot.

Artiket terkait  Cara Dapatkan Pulsa Gratis Di Android Dengan Aplikasi Celengan
kingroot
Cara Mudah Root Android Lollipop 5.1 Menggunakan Kingroot

Sekilas tentang Kingroot, ini adalah aplikasi rooting yang sudah dipercaya sejak Android Lollipop 5.1 belum eksis. Banyak pengguna yang nyaman menggunakan aplikasi ini karena interface yang user friendly dan sederhana. Saat ini, aplikasi Kingroot terbaru sudah support untuk melakukan rooting pada Android 5.1. Berikut langkah-langkahnya.

  1. Pertama-tama Anda perlu mengunduh aplikasi Purify terlebih dahulu di toko aplikasi. Purify juga merupakan aplikasi besutan King Studio, sama halnya seperti Kingroot. Gunanya untuk memeriksa apakah smartphone Android Anda sudah mempunyai akses root atau belum.
  2. Setelah mengunduh dan memasang Purify, jalankan aplikasinya kemudian tap “Purify Now”. Jika Android Anda belum mempunyai akses root, maka aplikasi tersebut akan langsung memberi petunjuk. Anda diminta untuk menuju halaman kingroot.net untuk mengunduh aplikasi Kingroot versi paling baru.
  3. Unduh dan pasang aplikasi Kingroot dari situs tersebut. Kemudian jalankan aplikasinya seperti biasa. Untuk melakukan proses rooting, Anda cukup tap tombol “Try to Root”, setelah itu tunggu prosesnya sampai 100 persen.
  4. Setelah selesai, maka akan ada pemberitahuan kalau Android 5.1 Anda sudah selesai di-root. Selamat, Anda sudah bisa mengakses sistem Android yang sebelumnya terkunci. Tapi, tidak jarang juga ada yang gagal saat melakukan percobaan ini.

Apa yang perlu dilakukan jika proses rooting menggunakan Kingroot gagal? Cara ini memang tidak dijamin 100 persen akan berhasil pada semua jenis smartphone yang menggunakan sistem operasi Android 5.1. Anda tidak perlu merasa kesal dan bersedih, karena pasti ada orang lain yang juga gagal.

Jalan Keluar Jika Proses Rooting Menggunakan Kingroot Gagal

Cara kedua yang bisa Anda lakukan untuk menjebol ‘pagar’ sistem Android Anda adalah dengan menggunakan aplikasi Framaroot. Sama seperti Kingroot, aplikasi ini juga sudah lama eksis dan sudah support sampai sistem operasi Android sampai versi 5.3. Bagaimana langkah-langkahnya?

  • Unduh apk Framaroot dan simpan di dalam SD Card atau di memori internal.
  • Pasang secara manual. Tapi sebelumnya, jangan lupa aktifkan opsi “Unknown Sources”. Opsi tersebut ada di menu Settings > Security.
  • Setelah terpasang, buka aplikasi Framaroot.
  • Di menu aplikasi tersebut, terdapat pilihan untuk mengunduh dan memasang aplikasi SuperSU. Ikuti saja langkah-langkahnya, lalu pilih explosit sesuai dengan tipe smartphone yang Anda gunakan.
  • Secara otomatis, proses rooting akan dilakukan oleh Framarot, sekaligus mengunduh dan memasang aplikasi SuperSU.
  • Seharusnya jika Anda mengikuti langkah-langkah tersebut, pasti Anda akan berhasil dengan muncul pesan “Success”. Setelah itu, keluar dari aplikasi dan reboot perangkat Android Anda.

Bagaimana jika masih gagal? Kembali ke poin nomor empat, coba gunakan explosit yang lain. Kalau perlu coba satu per satu sampai berhasil. So, itu tadi langkah-langkah melakukan rooting pada perangkat Android 5.1. Selamat mencoba dan semoga berhasil.