Tips Menjaga Keamanan Smartphone Android Tanpa Repot

0
304

Kehidupan masyarakat saat ini sudah sulit dipisahkan dengan smartphone. Bukan hanya dari kalangan menengah atas saja, tetapi demam smartphone hampir merambah ke semua kalangan. Sebab, harga ponsel pintar ini semakin lama semakin murah di pasaran, apalagi untuk beberapa seri lawas.

Sekarang segala hal sudah bisa dilakukan lewat smartphone. Seperti menyimpan data pribadi, catatan kerja bahkan saat ini sudah ada fitur pembayaran yang bisa dilakukan lewat smartphone. Nah, berdasar pada hal-hal tersebut, maka dari itu sudah sepatutnya Anda menjaga keamanan smartphone Anda dari oknum-oknum tidak bertanggungjawab.

Tidak lucu tentunya kalau kamu harus membayar tagihan kartu kredit karena ada yang membobol smartphone Anda dan menggunakan fitur pembayaran di situ. Untuk itu, saya pribadi mengajak Anda semua untuk tetap menjaga keamanan smartphone Anda dengan beberapa cara sederhana berikut ini.

Artiket terkait  Harga Paket Indosat Terbaru Februari 2017

1Kunci Layar dengan Kode

Banyak orang yang tidak memanfaatkan fitur keamanan bawaan yang sudah disediakan oleh Android. Padahal hanya dengan menambahkan kode pada lock screen, maka keamanan ponsel pintar Anda bisa lebih terjamin. Bahkan saat ini Anda bisa membuat lock screen secara custom dengan aplikasi tertentu, supaya tidak membosankan.

2Gunakan Verifikasi Dua Langkah

Cara ini bisa Anda gunakan untuk mengamankan email Anda. Sebab, email menjadi media paling rentan dibobol dan dimanfaatkan oleh para hacker untuk melakukan aksinya. Untuk itu, Anda dianjurkan mengaktifkan verifikasi dua langkah. Dengan demikian, siapapun yang melakukan login ke akun email Anda terutama Gmail, harus melewati dua tahap keamanan, yang hanya bisa diselesaikan oleh pemilik email yang asli. Cara mengaktifkan verifikasi dua langkah bisa Anda dapatkan di artikel lain.

Artiket terkait  Paket Internet Telkomsel SimPATI Tebaru Bulan Maret

3Android Device Manager

Untuk apa tips yang ketiga ini? Tidak semua orang tahu, kalau smartphone Android keluaran terbaru sudah dilengkapi dengan fitur bernama Android Device Manager. Fungsinya adalah untuk menemukan lokasi smartphone Anda menggunakan aplikasi Chrome. Langkah demi langkahnya sangat mudah dilakukan. Jika smartphone Android Anda tidak dibekali dengan fitur ini, Anda bisa unduh di toko aplikasi.

4Verify Apps

Fitur Verify Apps sebaiknya Anda aktifkan, untuk meningkatkan keamanan smartphone Android Anda. Pengguna Android 5.0 atau versi lebih baru, sudah bisa menikmati fitur ini secara default. Namun demikian, pengguna Android KitKat dan versi lebih lawas, dapat mengaktifkan fitur ini secara manual. Caranya, masuk ke menu Setting > Security > ceklis Verify Apps. Mudah sekali, bukan?

Selain itu, Anda juga disarankan supaya tidak memasang aplikasi dari sumber yang tidak terpercaya. Usahakan selalu mencari aplikasi dari toko aplikasi, bukan dengan mengunduh file *.apk secara langsung dari website lain. Bisa jadi file apk tersebut sudah disusupi malware atau virus.

Artiket terkait  4 Hal yang Bisa Mengoptimalkan Penggunaan Ponsel Android

5Keep up to date!

Banyak orang yang enggan melakukan update system smartphone, karena berbagai alasan. Akan tetapi, apabila Anda mendapat pemberitahuan untuk melakukan update firmware terbaru, sebaiknya segera mengunduhnya. Sebab, update yang disediakan oleh perusahaan resmi juga bisa meningkatkan keamanan atau security smartphone. Bagaimana cara untuk mengecek adanya update terbaru? Silahkan masuk ke menu Setting > About Phone > System Update.

Nah, dari lima tips di atas, silahkan Anda coba satu per-satu pada smartphone Android Anda. Ingat, menjaga keamanan smartphone juga berarti menjaga privasi Anda dari orang-orang yang iseng atau yang ingin berbuat jahat kepada Anda. Waspadalah!