Home » Smartphone » Tips Smartphone » Boros Baterai Saat Bermain Game di Smartphone? Lakukan Ini

Boros Baterai Saat Bermain Game di Smartphone? Lakukan Ini

Selain PC atau laptop, smartphone juga bisa menjadi media yang seru untuk bermain video game. Bahkan saat ini juga banyak game PC yang dibuat versi dalam versi mobile. Banyak sekali kategori game yang bisa Anda mainkan di smartphone, mulai dari boardgame, fighting, sport, dan sebagainya. Anda bisa mengunduh ribuan game secara gratis yang tersedia di toko aplikasi.

Tapi yang jadi masalah, biasanya saat asyik bermain game selama berjam-jam, baterai smartphone akan mulai drop. Apalagi jika game yang dijalankan tergolong berat atau membutuhkan grafis yang tinggi. Daya baterai pasti akan habis lebih cepat. Namun demikian, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk membuat smartphone Anda lebih hemat baterai saat digunakan untuk bermain game. Langkah-langkahnya seperti berikut ini.

Mengatur Kecerahan Ponsel

boros-baterai-saat-bermain-game-di-smartphone-lakukan-ini-1-oleh-lalodBukan rahasia umum lagi kalau kecerahan ponsel bisa berpengaruh terhadap daya tahan baterai. Semakin redup layar, maka akan semakin awet pula baterai smartphone Anda. Akan tetapi kebanyakan game akan jadi kurang seru jika dimainkan dalam kondisi layar yang redup. Untuk bisa menikmati grafis permainan secara jelas, biasanya yang dilakukan adalah dengan meningkatkan kecerahan ponsel. Jadi menurut Anda, lebih baik baterai cepat habis atau sedikit ‘berkorban’ dengan meredupkan layar saat bermain game?

Artiket terkait  Ini Dia 7 Aplikasi Penghasil Pulsa di Ponsel Android

Mode Power Saver

boros-baterai-saat-bermain-game-di-smartphone-lakukan-ini-2-oleh-lalodApa itu mode power saver? Sesuai dengan namanya, mode ini akan membuat smartphone Anda lebih hemat daya saat bermain game. Mode power saver umumnya bisa ditemukan di dalam game pada beberapa game besar. Misalnya saja seperti Pokemon GO, yang sudah dilengkapi fitur hemat daya. Opsinya bisa Anda temukan pada menu pengaturan di dalam aplikasi. Selain itu, Anda juga bisa menemukan opsi power saver atau battery saver pada menu pengaturan ponsel.

Artiket terkait  Daftar HP Android Samsung RAM 4GB Termurah Sampai Termahal

Tidak Perlu Menggunakan Suara

boros-baterai-saat-bermain-game-di-smartphone-lakukan-ini-3-oleh-lalodSuara dalam sebuah video game memang bisa membuat permainan jadi semakin seru. Tapi untuk lebih menghemat penggunaan baterai smartphone, sebaiknya Anda kecilkan volume saat bermain game atau kalau bisa gunakan mode mute atau tanpa suara. Anda pasti akan merasakan sendiri dampaknya terhadap baterai smartphone Anda.

Matikan Aplikasi Lainnya

boros-baterai-saat-bermain-game-di-smartphone-lakukan-ini-4-oleh-lalodBagi Anda yang menggunakan aplikasi seperti BBM, Google, Facebook, dan sebagainya, kebanyakan dari aplikasi-aplikasi tersebut kerap berjalan di belakang layar. Hal ini akan memakan cukup banyak RAM, bahkan juga bisa membuat penggunaan baterai lebih boros. Apalagi jika ditambah untuk bermain game. Untuk itu, Anda disarankan untuk mematikan terlebih dahulu aplikasi-aplikasi yang berjalan di belakang layar.

Matikan WiFi dan Data

boros-baterai-saat-bermain-game-di-smartphone-lakukan-ini-5-oleh-lalodTips nomor lima ini hanya berlaku untuk game smartphone yang tidak membutuhkan koneksi internet. Apakah ada? Tentu saja banyak tersedia game offline yang bisa dimainkan tanpa internet. Dengan mematikan fitur WiFi, koneksi data dan Bluetooth, maka daya tahan baterai dipercaya akan lebih lama. Terutama untuk WiFi dan Bluetooth, karena akan terus mencari access poin jika tidak tersedia jaringan. Hal ini akan membuat baterai lebih boros. Kalau perlu aktifkan saja mode pesawat.

Artiket terkait  Cara Membuat Ringtone Unik di iPhone

Gunakan Pengaturan Grafis Minimal

boros-baterai-saat-bermain-game-di-smartphone-lakukan-ini-6-oleh-lalodPada beberapa game, terutama yang mengusung grafis tinggi, Anda perlu mengatur tampilan seminimal mungkin supaya lebih hemat daya. Biasanya akan ada pengaturan yang disediakan oleh pengembang game untuk mengaktifkan atau menonaktifkan fitur animasi tambahan.

Mulai sekarang, silahkan coba beberapa tips menghemat baterai smartphone saat bermain game yang barusan dijelaskan. Kalau Anda masih khawatir baterai akan cepat habis, sebaiknya juga sediakan power bank. Terutama jika Anda sedang bepergian. Semoga bermanfaat.

About Bagas Dharma

Seorang penulis yang juga menekuni seni sulap dan suka sepakbola.