Home » Smartphone » Tips Smartphone » Tips Menghasilkan Foto Berkualitas dengan Kamera Smartphone

Tips Menghasilkan Foto Berkualitas dengan Kamera Smartphone

Seni fotografi sudah mulai merambah ke berbagai kalangan masyarakat belakangan ini. Bahkan saat ini fotografi bisa dipelajari dengan bermodalkan kamera smartphone. Nah, bicara mengenai hasil jepretan dengan kamera smartphone, banyak orang yang masih salah mengartikan. Fotografi bukanlah seni mengambil gambar secara asal-asalan. Bukan hanya sekadar menambahkan filter dan mengunggahnya ke media sosial supaya dibilang eksis.

Namun demikian, belajar fotografi menggunakan kamera smartphone juga ada beberapa teknik khususnya. Tidak perlu membutuhkan kamera dengan piksel yang tinggi sekali, asalkan Anda bisa melakukan teknik fotografi dengan baik, maka akan bagus juga foto-foto yang dihasilkan lewat kamera smartphone Anda.

Untuk lebih jelasnya, simak beberapa tips menghasilkan foto berkualitas dengan kamera smartphone berikut ini.

Snapshot atau Fotografi?

tips-menghasilkan-foto-berkualitas-dengan-kamera-smartphone-1-oleh-lalodBanyak orang yang belum bisa membedakan mana hasil snapshot dan mana fotografi. Kebanyakan hasil foto yang diunggah ke media sosial adalah hasil jepretan asal-asalan atau yang biasa disebut dengan snapshot. Untuk itu, jika Anda ingin mendapatkan hasil foto layaknya sebuah karya fotografi sungguhan, gunakan kamera smartphone Anda dengan lebih serius. Walaupun demikian, Anda pasti juga menyadari adanya batas dalam penggunaan kamera smartphone.

Artiket terkait  4 Hal yang Bisa Mengoptimalkan Penggunaan Ponsel Android

Setidaknya, Anda perlu belajar dasar-dasar teknik fotografi. Kemudian, Anda bisa terapkan teknik tersebut dengan menggunakan media kamera smartphone. Pikirkan konsep yang matang untuk memotret supaya meghasilkan foto yang bagus dan tidak terkesan asal-asalan.

Komposisi Foto

tips-menghasilkan-foto-berkualitas-dengan-kamera-smartphone-2-oleh-lalodSulit untuk memahami tentang komposisi foto dalam waktu yang singkat. Sebab, kuncinya adalah pengalaman atau jam terbang. Akan tetapi, seperti yang kerap diucapkan oleh banyak fotografer profesional, komposisi akan menentukan kualitas sebuah foto. Sebagai syaratnya, Anda tidak perlu menggunakan kamera DSLR. Cukup pelajari teori mengenai komposisi dalam seni fotografi, lalu terapkan dengan menggunakan kamera smartphone Anda.

Artiket terkait  Ini Cara Agar Jadi Fotografer Smartphone yang Pro dan Terkenal

Manfaatkan Filter

tips-menghasilkan-foto-berkualitas-dengan-kamera-smartphone-3-oleh-lalodSelama ini banyak anggapan yang seolah tidak membenarkan penggunaan filter foto pada aplikasi seperti Instagram atau sejenisnya. Akan tetapi, kiranya fitur ini bukan menjadi masalah besar. Justru untuk keperluan fotografi, semuanya harus disesuaikan dengan selera.

Bisa dibilang filter adalah ‘penyedap’ dari hasil jepretan Anda. Asalkan tidak digunakan secara berlebihan, maka sentuhan filter akan membuat sebuah foto semakin enak dipandang. Untuk itu, mungkin Anda perlu mencari tutorial penggunaan filter atau mengatur opsi filter secara manual. Selain itu, sesuaikan juga objek foto dengan jenis filter yang ada.

Menjajal Berbagai Sudut Pandang

tips-menghasilkan-foto-berkualitas-dengan-kamera-smartphone-4-oleh-tekno-segiempatTerkadang kamera smartphone lebih menguntungkan bagi Anda, ketimbang kamera DSLR, terutama karena ukurannya yang mungil. Hal tersebut membuat Anda lebih mudah membawanya kemana-mana untuk memotret objek apapun. Selain itu, pengambilan sudut pandang dengan menggunakan kamera smartphone dinilai lebih beragam dan tidak akan menyulitkan Anda karena bobotnya yang ringan. Anda mungkin bisa mencari sudut pandang dengan tiarap atau memanjat.

Artiket terkait  Bukan Sulap, Ini Cara Kendalikan Smartphone Tanpa Sentuhan Tangan

Gunakan Aplikasi Fotografi

tips-menghasilkan-foto-berkualitas-dengan-kamera-smartphone-5-oleh-tekno-segiempatJika hasil foto sudah bagus, maka Anda bisa memolesnya lagi menggunakan berbagai macam aplikasi fotografi yang tersedia di toko aplikasi. Nah, biasanya aplikasi pihak ketiga ini mempunyai beberapa fitur yang bermanfaat, misalnya seperti pengaturan exposure, saturation dan berbagai macam filter tambahan yang lebih lengkap. Sebagai ‘senjata’ Anda, gunakan aplikasi fotografi terbaik yang mendukung platform smartphone Anda. Tapi untuk hasil yang lebih baik, Anda bisa maksimalkan software edit foto yang ada di komputer, seperti Photoshop misalnya.

Oke. Begitulah kiranya bagaimana cara memaksimalkan hasil foto menggunakan kamera smartphone Anda. Jadi, sekarang Anda tahu apa perbedaan jepretan yang hanya sekadar foto dan mana yang merupakan hasil karya fotografi. Selamat mencoba!

About Bagas Dharma

Seorang penulis yang juga menekuni seni sulap dan suka sepakbola.