Home » Smartphone » Tips Smartphone » Tips Mengoptimalkan Kinerja Smartphone Supaya Tidak Lemot

Tips Mengoptimalkan Kinerja Smartphone Supaya Tidak Lemot

Beberapa waktu lalu, smartphone saya sempat mengalami masalah yang sangat mengganggu aktivitas kerja saya. Akibatnya, pekerjaan terhambat dan banyak waktu terbuang untuk mencari solusi untuk memperbaiki masalah pada smartphone saya. Entah mengapa dalam beberapa hari belakangan posel pintar kesayangan itu kinerjanya lebih lamban alias “lemot”.

Saya pun sempat mencari informasi mengenai apa yang bisa menyebabkan kinerja smartpone menurun. Alhasil, ternyata ada banyak sekali penyebabnya. Bahkan mungkin setiap kasus, penyebabnya bisa berbeda-beda. Akan tetapi, secara umum, lambannya kinerja ponsel pintar bisa disebabkan karena memori internal dan RAM yang mulai penuh. Bisa juga karena Anda melakukan rooting pada perangkat, sehingga membuat keadaan sistem tidak berjalan normal lagi.

Nah, untuk itu saya akan bagikan beberapa tips untuk Anda mengenai bagaimana cara mengoptimalkan kinerja smartphone yang lemot.

Mengurangi Aplikasi

Beberapa pabrikan smartphone biasanya akan memasang aplikasi bawaan yang tidak bisa dihapus dari perangkat. Apalagi terkadang jumlah aplikasi bawaan tersebut cukup banyak dan memenuhi memori internal. Lantas bagaimana jalan keluarnya? Untuk sementara, Anda bisa nonaktifkan beberapa aplikasi bawaan yang tidak Anda pakai. Selain itu, Anda juga disarankan untuk tidak memasang aplikasi-aplikasi yang tidak penting, demi kelancaran smartphone Anda.

Selengkapnya :  Memori Android Penuh Bikin Lemot! Begini Cara Mengatasinya

Matikan Live Wallpaper

Biasanya supaya terlihat lebih keren, Anda suka memasang layar depan berupa animasi atau biasa disebut dengan live wallpaper. Sedap dipandang memang, akan tetapi justru pemasangan live wallpaper akan sangat berpengaruh terhadap kinerja smartphone Anda. Silahkan nonaktifkan dan gunakan wallpaper yang sewajarnya saja. Anda bisa mengaturnya pada menu pengaturan tampilan.

Matikan Koneksi

Kenapa harus hemat data? Smartphone pada dasarnya memang sebuah ponsel yang fungsinya akan lebih maksimal dengan koneksi internet. Tapi, bukan berarti koneksi data atau WiFi harus menyala 24 jam non stop. Selain akan cepat menghabiskan daya baterai, terkadang akan ada aplikasi yang terhubung ke internet dan berjalan di belakang layar perangkat Anda. Tanpa Anda sadari, hal tersebut juga akan membuat kinerja smartphone semakin lamban.

Selengkapnya :  Cara Hasilkan Foto Keren via Kamera iPhone

Maksimalkan RAM

Kapasitas RAM menjadi salah satu pertimbangan penting yang kerap diabaikan oleh para pengguna smartphone. Padahal, semakin besar RAM tentunya akan mendukung kelancaran aktivitas penggunaan smartphone. Nah, bagi Anda pengguna smartphone yang tidak didukung RAM besar, cobalah untuk memasang aplikasi task killer. Gunanya untuk mematikan aplikasi-aplikasi yang berjalan di belakang layar dan memakan kapasitas RAM tanpa diinginkan.

Jangan Gunakan Widget Berlebihan

Supaya tampilan layar smartphone menjadi semakin oke, kebanyakan pengguna smartphone memasang berbagai macam widget dan icon tak penting di bagian layar depan. Akan tetapi, supaya smartphone semakin lancar, dianjurkan supaya Anda cukup memasang wallpaper saja di layar depan. Selain itu, wallpaper yang Anda gunakan juga bisa dipilih yang berwarna cenderung gelap. Mengapa? Saya juga tidak tahu secara pasti apa penyebabnya, tapi hal tersebut dikatakan dapat membantu meringankan kinerja smartphone.

Selengkapnya :  Kenali Lima Fitur Baru yang Dibawa Android Nougat

Begitulah kiranya bagaimana cara mengoptimalkan kinerja smartphone yang lemot. Jadi, sekarang Anda tidak perlu pusing dan kesal lagi saat menemukan ponsel pintar Anda dalam kondisi seperti itu. Sebagai jalan keluar yang lebih praktis, Anda mungkin juga bisa mengunduh dan memasang aplikasi optimizer untuk smartphone. Di mana Anda hanya tinggal menekan satu tombol untuk mengetahui hal apa yang menyebabkan ponsel Anda lemot. Akan tetapi, waspadai juga permasalahan fisik yang mana itu berarti terjadi kerusakan pada perangkat keras smartphone Anda. Semoga bermanfaat.

About Bagas Dharma

Seorang penulis yang juga menekuni seni sulap dan suka sepakbola.