Sebelum Membeli Smartphone, Perhatikan Lima Hal Ini

0
239

Di era digital ini, ponsel nampaknya sudah tidak lagi dikategorikan sebagai barang mewah. Apalagi ketika ponsel pintar atau smartphone mulai merambah ke masyarakat luas. Di balik kegunaannya yang semakin beragam, harganya pun semakin murah dari waktu ke waktu. Tak heran, jika masyarakat dari semua kalangan bisa dengan mudah membeli smartphone.

Selain karena faktor kebutuhan, smartphone juga menjadi media informasi yang sangat cepat. Namun, terkadang muncul rasa khawatir ketika Anda akan membeli sebuah smartphone. Nah, supaya Anda tidak salah pilih, berikut ini ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan sebelum memutuskan untuk membeli smartphone baru maupun bekas.

1Sistem Operasi

Banyak orang awam yang masih belum paham soal sistem operasi pada smartphone. Perlu Anda pahami, kalau saat ini smartphone yang diproduksi oleh beberapa perusahaan berbeda, menggunakan sistem operasi yang berbeda pula. Saat ini, sebagian besar smartphone di dunia didominasi oleh empat sistem operasi, yaitu Android, iOS, Windows, dan Blackberry.

Artiket terkait  Mungkin Ini Penyebab Play Store Anda Tidak Bisa untuk Download

Masih banyak lagi jenis lainnya, tapi pastinya tidak sepopuler keempat sistem operasi tadi. Untuk itu, Anda tidak dianjurkan mudah tergiur tawaran smartphone ‘asing’ berharga murah yang menawarkan sistem operasi selain empat yang tadi disebutkan. Pasalnya, berbagai developer aplikasi kebanyakan hanya support untuk empat sistem operasi tersebut.

2Kapasitas Penyimpanan

Bukan hanya sistem operasi, tapi kapasitas penyimpanan juga sering diabaikan oleh orang-orang yang membeli smartphone. Pengaruh kapasitas penyimpanan terhadap kinerja smartphone sangatlah besar. Adapun tiga aspek penyimpanan yang perlu menjadi pertimbangan Anda adalah memori internal, slot untuk MicroSD dan RAM.

Untuk lebih nyaman, sebaiknya cari smartphone yang mempunyai memori internal minimal 4GB. Ditambah lagi harus ada slot MicroSD, supaya Anda bisa memperluas tempat penyimpanan. Sementara itu RAM merupakan memori yang berpengaruh terhadap kecepatan proses smartphone. RAM yang tinggi bisa Anda pertimbangkan, meski harganya pasti lebih mahal.

Artiket terkait  Bukan Sulap, Ini Cara Kendalikan Smartphone Tanpa Sentuhan Tangan

3Display

Ukuran layar atau display juga patut Anda pikirkan sebelumnya. Jangan kira smartphone dengan ukuran layar yang kecil dan yang besar akan terasa sama, meski spesifikasi lainnya sama. Semakin besar resolusi display sebuah smartphone, maka akan lebih jernih dan tajam pula gambar yang ditampilkan. Anda disarankan untuk mencari smartphone dengan resolusi layar minimal 1280 x 720 piksel.

4Kamera

Kalau yang satu ini biasanya menjadi pertimbangan utama ketika seseorang membeli smartphone. Umumnya, smartphone akan mempunyai dua kamera, yakni di front dan rear. Tapi beberapa smartphone yang harganya murah, biasanya hanya memberikan satu fitur kamera saja, yakni di bagian belakang atau rear. Bukan hanya jumlah kameranya, tapi yang juga perlu Anda perhatikan adalah resolusi kameranya. Semakin besar resolusinya, maka kualitas foto dan video yang dihasilkan pun semakin bagus.

Artiket terkait  Tips Mengatasi Masalah Umum pada Android Nougat

5Baterai

Hal penting lainnya bagi Anda yang akan membeli smartphone adalah kapasitas baterai. Perlu Anda ketahui, kalau penggunaan smartphone dengan CPU tinggi umumnya akan sangat boros baterai. Maka dari itu, perhatikan juga seberapa besar kapasitas atau daya tahan baterainya. Setidaknya, baterai smartphone Anda harus mempunyai daya di atas 1500 mAh. Lebih baik lagi jika sebuah smartphone mempunyai daya lebih dari 2000 mAh.

Begitulah kiranya bagaimana cara memilih smartphone supaya Anda mendapatkan ponsel pintar yang berkualitas baik dan tetap berharga terjangkau. Tapi keputusan tetap berada di tangan Anda, karena budget setiap orang pasti berbeda-beda. Anda pun mungkin punya pertimbangan lainnya, terlepas dari masalah budget atau lima hal yang tadi telah dijelaskan. Semoga bermanfaat.