Cara Supaya Usia Baterai Laptop Anda Lebih Awet

0
295

Apakah Anda pernah sedang asyik bermain game atau sedang sibuk bekerja, tiba-tiba laptop Anda mati karena baterai yang rusak? Nah, baterai laptop yang rusak ini bisa disebabkan oleh berbagai macam hal. Di antaranya adalah karena proses charging yang salah.

Kebanyakan masyarakat pengguna laptop masih belum paham betul mengenai bagaimana cara melakukan charging laptop yang baik dan benar. Alih-alih ingin baterai cepat penuh, tapi banyak yang justru menggunakan cara yang salah dan bisa menyebabkan kerusakan fatal karena terjadi berulang-ulang.

Umumnya hal yang menyebabkan kerusakan pada baterai laptop adalah diisi ulang sambil digunakan untuk bermain game. Bahkan tanpa ada perkirakan waktu kapan baterai laptop akan penuh. Akibatnya, daya tahan laptop akan semakin berkurang. Mungkin awalnya daya baterai Anda bisa bertahan sampai empat jam, tapi lama kelamaan proses charging yang salah akan membuat daya baterai drop sampai hanya bertahan dua atau satu jam.

Artiket terkait  Cara Menambah VRAM Intel HD untuk ‘Angkat’ Game Berat di Laptop

Sialnya, masalah terbesar yang bisa diakibatkan dari kebiasaan ini adalah baterai akan semakin sering drop dan pada akhirnya mati alias tidak berfungsi lagi. Lantas bagaimana cara merawat baterai laptop supaya lebih awet? Silahkan ikuti kebiasaan-kebiasaan yang ‘baik’ dalam merawat baterai laptop berikut ini.

1Cara Charge Baterai Pertama Kali

Saat pertama membeli, baterai laptop biasanya tidak dalam kondisi penuh. Saat baterai mulai habis, lakukan charge baterai secara normal. Jangan lakukan charge terlalu lama, terutama untuk baterai laptop jenis Lithium-ion. Justru jika Anda lupa melepas charger saat baterai sudah penuh atau overcharging, akibatnya adalah bisa mengurangi umur baterai.

2Charge Secara Rutin

Untuk membuat umur baterai lebih lama, maka Anda perlu memperhatiakn interval charging laptop. Sebaiknya charge secara rutin dengan interval yang pendek. Dengan kata lain, Anda tidak perlu menunggu sampai baterai benar-benar habis untuk melakukan proses pengisian daya. Bahkan beberapa sumber menunjukkan kalau melakukan charge baterai laptop ketika masih berkapasitas 70%-75% akan membuat umur baterai lebih lama dari umumnya.

Artiket terkait  Tips Cerdas untuk Pengguna Laptop Apple Macbook

3Jangan Cabut Charger

Ada laptop yang mempunyai fitur auto control, sehingga Anda tidak perlu melepas charger meskipun baterai sudah penuh. Fitur ini akan membuat penggunaan baterai tetap terawat dan terkontrol dengan baik. Jika laptop Anda mempunyai fitur ini, sebaiknya jangan cabut charger laptop saat Anda menggunakannya dalam waktu lama.

4Jaga Temperatur Laptop

Anda perlu ketahui kalau temperatur yang terlalu panas dapat berpengaruh besar pada kerusakan sel-sel di dalam baterai. Maka dari itu, disarankan untuk tidak meletakkan laptop di tempat yang terpapar sinar matahari langsung. Misalnya Anda menaruh di kamar, tepat di samping jendela yang terpapar langsung terik matahari. Bahkan meletakkan laptop tanpa pelindung di dalam mobil pada siang yang terik juga mesti dihindari. Secara tidak langsung, hal ini bisa mengurangi umur baterai.

Artiket terkait  10 Laptop Pelajar Harga 3 Jutaan Spek Handal

5Jaga Sirkulasi Udara Laptop

Saat menggunakan laptop, usahakan tidak meletakkan secara langsung di atas kasur atau bantal tanpa alas. Tanpa Anda sadari, hal itu dapat mengakibatkan terganggunya sirkulasi udara dari dalam laptop. Akibatnya, laptop akan jadi cepat panas dan lagi-lagi akan berpengaruh pada baterai. Jalan keluarnya adalah dengan menggunakan coolpad. Harganya terbilang murah, berkisar antara Rp 40 ribu – Rp 100 ribuan, tergantung tipe dan kualitas. Anda juga disarankan untuk tidak langsung memasukkan laptop ke dalam tas saat kondisinya masih panas.

Begitulah kurang lebih bagaimana cara merawat baterai laptop supaya lebih awet. Semoga bermanfaat.