Tips Memperbaiki Harddisk Laptop yang Rusak Tidak Bisa Booting

0
279

Masalah kerusakan pada harddisk bisa berdampak besar bagi laptop Anda. Sebab, sebagus apapun spesifikasi laptop Anda, tanpa harddisk semua tidak akan ada artinya. Namun demikian, tidak semua kerusakan harddisk berada pada taraf yang sama dan akan berdampak fatal.

Ada harddisk yang mengalami kerusakan fisik, yang mana artinya sudah kecil kemungkinan untuk bisa dibetulkan lagi. Sementara itu, yang sempat saya alami adalah kerusakan harddisk laptop yang untungnya tergolong ringan. Masalah yang sering disebut bad sector pada harddisk ini membuat laptop saya tidak bisa booting. Akibatnya, saya tidak bisa masuk ke desktop untuk melakukan aktivitas seperti biasanya.

Permasalahan seperti ini bisa terjadi karena beberapa hal. Bisa terjadi karena Anda sering mematikan laptop tanpa prosedur yang benar, mati listrik mendadak ketika laptop sedang digunakan tanpa baterai atau karena usia harddisk yang memang sudah lama. Beberapa hal tersebut diduga bisa menyebabkan penurunan kinerja harddisk laptop sehingga mengakibatkan bad sector.

Artiket terkait  Penyebab Laptop Hang dan Bagaimana Mengatasinya (Bag. 2)

Lalu bagaimana cara memperbaiki harddisk yang kondisinya seperti itu? Sesungguhnya jalan keluar paling baik adalah mengganti harddisk dengan yang baru atau melakukan low level format. Tapi jika dalam kondisi mendesak, Anda hanya membutuhkan satu buah PC normal yang support hardisk bertipe SATA. Setelah itu, ikuti instruksi berikut ini.

  1. Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah melepas harddisk laptop Anda. Lakukan secara berhati-hati dan jangan sampai merusak komponen yang ada.
  2. Kemudian pasangkan harddisk laptop ke PC Anda. Pastikan posisi first boot adalah harddisk asli PC Anda, sementara harddisk laptop hanya sebagai penyimpanan tambahan. Anda bisa melakukan setting pada BIOS, sekaligus memastikan apakah harddisk laptop bisa terbaca atau tidak di PC Anda.
  3. Setelah semuanya berjalan normal dan Anda masuk ke tampilan desktop. Periksa semua partisi harddisk laptop, terutama tempat di mana sistem Windows berada. Jika semuanya masih bisa terbuka normal di PC Anda, berarti masalah bad sector masih bisa disembuhkan dengan cara ini.
  4. Biasanya partisi tambahan di PC akan terbaca sebagai Local Disk E dan F, dan file sistem Windows berada di Local Disk E. Klik kanan drive E, lalu klik Properties.
Artiket terkait  Tips Membedakan Laptop Asli dan Rakitan

harddisk

harddisk

  1. Klik Tools lalu pada Defragmentation klik tombol “Defragment now…”. Tunggu proses analisis dan defragment sampai selesai.
  2. Setelah melakukan defragmentation, silahkan kembali ulangi proses nomor empat. Klik kanan drive E > Properties > Tools. Kali ini silahkan Anda lakukan pengecekan error pada harddisk dengan mengklik “Check now…” pada kolom Error-checking.
  3. Saat muncul jendela “Check Disk Local Disk (E:)”, ceklis semua pilihan, yakni “Automatically fix file system errors” dan “Scan for and attempt recovery of bad sectors”. Kemudian klik “Start”.
  4. Sekarang Anda tunggu prosesnya sampai selesai. Biasanya akan memakan waktu beberapa jam, tergantung besarnya harddisk laptop Anda.
  5. Setelah semua prosesnya selesai, silahkan shut down PC dan lepas harddisk laptop dari PC. Pasang kembali pada laptop Anda. Jika langkah-langkah tadi berhasil, maka laptop Anda sudah tidak akan gagal booting lagi tanpa harus melakukan instal ulang Windows.
Artiket terkait  Tips Internetan Gratis Menggunakan SSH

Cara tadi sudah saya coba dan terbukti berhasil 100 persen. Tapi untuk harddisk yang mengalami masalah cukup parah, sebaiknya setelah melakukan cara tadi segera backup data-data penting ke harddisk yang baru atau penyimpanan lain yang masih normal. Cara tadi berlaku untuk PC yang menggunakan sistem operasi Windows XP atau 7. Selamat mencoba!

SHARE
Seorang penulis yang juga menekuni seni sulap dan suka sepakbola.