Home » Smartphone » iOS » 3 Trik Rahasia untuk Pengguna iOS 11

3 Trik Rahasia untuk Pengguna iOS 11

fitur ios 11

Foto: www.iphonehacks.com

Sistem operasi iOS 11 telah dapat dinikmati oleh para pengguna perangkat Apple, termasuk iPhone 8 yang belum lama ini dirilis. Terdapat beberapa kelebihan iOS 11 yang memberi pengalaman baru pada penggunanya. Tapi tak bisa dipungkiri, beberapa orang juga merasa kurang cocok dengan sistem operasi ini dengan alasan tertentu.

Namun terlepas dari semua itu, tahukah Anda ada beberapa trik rahasia yang tidak semua orang tahu? Nah, jika saat ini Anda menggunakan iPhone 8 atau perangkat dengan iOS 11, di bawah ini ada beberapa tips dan trik yang mungkin akan berguna untuk Anda.

Fitur iOS 11 yang Jarang Diketahui

1. Restart Paksa

Dok: ValueWalk

Dok: ValueWalk

Selama ini tidak ada keluhan berarti yang membuat perangkat iPhone 8 harus di-restart secara paksa. Namun ada satu fitur iOS 11 yang unik. Jika biasanya Anda harus menekan kombinasi tombol tertentu untuk melakukan restart paksa, pada perangkat terbaru ini Apple menggantinya dengan urutan penekanan tombol tertentu.

Selengkapnya :  Cara Membuat Ringtone Unik di iPhone

Apabila suatu saat iPhone 8 Anda bermasalah, coba tekan tombol dengan urut-urutan sebagai berikut; tombol volume atas (tekan sekali) > tombol volume bawah (tekan sekali) >tombol power/wake button (tekan dan tahan). Kemudian tunggu sampai logo Apple muncul.

2. Menyembunyikan App Dock iMessage

Dok: CNET

Dok: CNET

Pada iOS 11, ada fitur tambahan untuk aplikasi iMessage, yaitu adanya App Dock di bagian bawah. Ada yang menyukainya fitur iOS 11 baru ini, tapi ada pula pengguna yang menganggap tidak terlalu berguna dan malah mengganggu. Jika Anda tidak suka, maka fitur ini bisa dihilangkan dengan mudah.

Selengkapnya :  Cara Mudah Download Lagu di iPhone

Di sebelah kiri kerangka pesan, Anda akan menemukan dua ikon, yaitu kamera dan App Store. Sekarang sentuh salah satu ikon, misalnya App Store. Maka area dock akan menjadi sebesar keyboard virtual. Di situ Anda bisa temukan link untuk menuju App Store for iMessage. Untuk menyembunyikan App Dock, sentuh ikon App Store, lalu geser ke bagian bawah.

Khusus untuk pengguna iOS 11.0.3, App Dock bisa disembunyikan dengan lebih mudah, yaitu cukup menekan ikon App Store beberapa kali sampai dock menghilang.

Selengkapnya :  Daftar Perangkat Apple yang Kompatibel Dengan iOS 10

3. Mematikan WiFi dan Bluetooth

Dok: Mac Rumors

Dok: Mac Rumors

Banyak pengguna yang tidak menyadari bahwa saat fitur WiFi dan Bluetooth dimatikan secara langsung lewat Control Center di iOS 11, maka kedua fitur tersebut ternyata tidak benar-benar mati. Diduga, Apple sengaja melakukan ini guna tetap menghubungkan perangkat Apple yangs atu dengan yang lain, seperti iPhone dengan Apple Watch misalnya.

Bisa juga WiFi akan menyala secara otomatis keesokan harinya atau ketika Anda berpindah tempat. Tapi bagaimana jika pada momen tertentu Anda ingin menghemat baterai dan dua fitur nirkabel tersebut harus dimatikan? Jawabannya adalah Anda harus menempuh cara klasik untuk menon-aktifkan Wifi dan Bluetooth, yaitu lewat menu Settings > WiFI atau Bluetooth > Off.

About Bagas Dharma

Seorang penulis yang juga menekuni seni sulap dan suka sepakbola.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*