Tips Ampuh Backup Data di Drive C Tanpa Aplikasi Khusus

0
408

Sebagai pengguna sistem operasi Windows, khususnya Windows 7 pasti Anda pernah mengalami beberapa masalah gagal booting atau bootloop. Hal ini bisa disebabkan oleh berbagai hal. Perlu Anda ketahui bahwa bootloop bisa terjadi karena permasalahan hardware ataupun software.

Nah, ketika PC atau laptop Anda mengalami bootloop, biasanya jalan keluar paling baik adalah dengan melakukan install Windows. Itu artinya drive C harus diformat untuk dipasang file sistem Windows yang baru. Biasanya akan muncul masalah baru, yakni data-data yang ada di drive C akan hilang. Sialnya, sebagian besar orang menyimpan dokumen-dokumen penting atau foto kenangan di drive C.

Kali ini yang akan saya bahas adalah bagaimana cara melakukan backup atau menyelamatkan data yang ada di drive C, sebelum Anda melakukan proses install ulang Windows. Cara yang akan saya jelaskan ini sama sekali tidak butuh aplikasi khusus ataupun memindahkan harddisk ke PC atau laptop yang lain. Perangkat yang Anda butuhkan hanyalah Installer Windows 7 berupa DVD ataupun flashdisk drive. Jika sudah, ikuti langkah-langkah berikut ini.

Artiket terkait  Jagalah LCD Laptop dengan Benar Supaya Awet

Cara mudah backup data di Drive C tanpa aplikasi

  1. Pertama-tama, masukkan DVD atau flashdisk drive yang berisikan installer Windows 7 (boleh versi apapun).
  2. Setelah itu tunggu loading sampai selesai sampai muncul tampilan utama installer. Di situ Anda akan melihat ada dua pilihan, yakni Install Now, What to know before installing Windows dan Repair your computer.

windows 7

Untuk melakukan Install Windows yang baru, tombol yang harus Anda klik adalah “Install Now”. Tapi, kali ini kita akan terlebih dahulu menyelamatkan data-data yang ada di dalam drive C. Maka, sekarang klik “Repair your computer”.

  1. Setelai selesai, maka akan muncul jendela baru “System Recovery Options”. Di situ Anda akan melihat sistem operasi Windows 7 Anda berada di (D:) Local Disk. Dalam proses ini, drive C (tempat file yang akan Anda backup) memang akan bernama D untuk sementara, karena nantinya akan ada tambahan drive lainnya, yang berisikan file sistem. Jadi jangan sampai salah, ya.
Artiket terkait  Cara Update Windows 10 di Laptop

windows 7

  1. Kemudian silahkan klik “Load Drivers” > “OK”.
  2. Setelah itu Anda akan masuk dalam menu Desktop. Di dalamnya terdapat beberapa icon mulai dari Libraries, System, Computer, Control Panel, dan Recycle Bin. Silahkan buka “Computer” untuk mengetahui drive apa saja yang ada pada PC atau laptop Anda. Umumnya, akan ada dua drive tambahan yakni “System Reserved” dan “Boot”. Jangan apa-apakan dua drive tersebut.

windows 7

Lalu di mana letak file yang akan Anda backup? Seperti yang tadi sudah saya katakan, drive C sementara ini bernama drive D. Silahkan Anda masuk ke drive D dan cari file yang ingin Anda backup. Apabila file Anda berada di My Documents, maka Anda harus menuju ke folder “D > User > User (nama user Anda)”. Di sana Anda akan melihat beberapa folder utama, termasuk My Documents.

Artiket terkait  Cari Tahu Alasan Laptop Lemot dengan Cara Berikut

windows 7

  1. Saya akan contohkan melakukan backup salah satu file di folder “My Documents”. Lakukan seperti biasanya, klik kanan file atau folder yang ingin Anda backup, lalu klik copy. Kemudian kembali ke folder “Computer”. Masuk ke drive lain yang tidak akan diformat, misalnya drive E. Kemudian klik paste seperti pada umumnya Anda memindahkan file. Backup semua file penting Anda dengan cara tadi.
  2. Setelah backup selesai, klik tombol “Cancel” > “Cancel” > lalu close jendela “System Recovery Options”. Lalu lakukan proses install ulang Windows seperti biasanya. Perhatikan, format drive tempat sistem Windows akan diinstal saja, ya. Sementara drive lain dibiarkan.

Demikian tips ampuh melakukan backup data dari drive C tanpa aplikasi khusus, yang pernah saya coba dan berhasil 100 persen. Selamat mencoba!