Home » Game » Merakit PC Gaming untuk GTA V dan PES

Merakit PC Gaming untuk GTA V dan PES

Untuk memainkan game berat sekelas GTA V atau Pro Evolution Soccer (PES), dibutuhkan spesifikasi PC gaming yang cukup tinggi, mulai dari prosesor, RAM, hingga kartu grafis yang digunakan. Namun, saat ini harga PC gaming di pasaran terbilang masih sangat tinggi. Lantas, bagaimana cara menyiasatinya?

Untuk mendapatkan PC gaming murah, salah satu jalan yang bisa Anda tempuh adalah dengan merakitnya sendiri. Di pasaran, harga PC gaming masih berada di kisaran Rp 10 jutaan. Namun dengan merakit sendiri, Anda bisa menghemat sampai 70% atau menghabiskan biaya sekitar Rp 3 jutaan saja.

Hal yang perlu Anda lakukan adalah membeli komponen-komponen secara terpisah, lalu merakitnya sendiri. Nah, kali ini kita akan membahas tentang komponen apa saja yang dibutuhkan untuk merakit PC gaming GTA V dan PES, serta memperkirakan berapa budget yang dibutuhkan.

Intel Pentium G4400

PC gaming untuk GTA V

Intel Pentium G4400

Harga: Rp 699.000,00

Selengkapnya :  5 Game HD untuk Dimainkan di PC Spek Biasa

Meski lebih cocok digunakan untuk komputer rumahan, namun prosesor ini juga cukup layak untuk menyokong PC gaming murah. Prosesor ini mempunyai dua inti dengan dua thread, yang masing-masing dapat berputar dengan kecepatan 3.3 GHz dalam waktu bersamaan. Selain itu, prosesor Intel Pentium G4400 juga sudah terintegrasi dengan GPU dari Intel HD Graphics 510. Resolusi maksimalnya adalah 4096 x 2304 @ 60 Hz dan sudah support 3 port display.

Gigabyte H110M-DS2

PC gaming untuk GTA V

Giagabyte H110M DS2

Harga: Rp 810.000,00

Lanjut untuk komponen motherboard, Anda bisa gunakan Gigabyte H110M-DS2. Dengan dukungan chipset seri terbaru yang telah tersemat di prosesor ini, maka sangat memungkinkan Anda untuk melakukan upgrade prosesor menuju kelas yang lebih tinggi. Soal kelengkapannya sendiri, motherboard Gigabyte H110M-DS2 juga sudah dilengkapi dengan slot memori DDR4 sebanyak dua channel.

Sapphire Radeon RX 460 2GB

PC gaming untuk GTA V

Sapphire Radeon RX-460 2GB

Harga: Rp 1.375.000,00

Selengkapnya :  4 Game Grafis Keren untuk Laptop dengan RAM di Bawah 2 GB

Sedangkan untuk komponen kartu grafis, Sapphire Radeon RX 460 2 GB bisa menjadi solusi. Walau menjadi kartu grafis kelas menengah yang bisa overlock up to 1210 MHz, namun VGA ini sudah cukup untuk melakukan rendering video dan memproyeksikan grafis pada game dengan cukup baik. Dengan VRAM 2 GB GDDR5, VGA ini juga cocok untuk mengangkat game keluaran terbaru. Untuk kelengkapan lainnya, terdapat kipas Dual-X Cooling berukuran besar untuk menjaga suhu agar tetap dingin.

Seagate 250GB Slim

PC gaming untuk GTA V

Seagate 250GB Slim

Harga: Rp 195.000,00

Tidak perlu memori yang terlalu besar, yang penting cukup untuk menampung beberapa game yang ingin Anda mainkan. Nah, HDD yang cocok adalah Seagate 250 GB, karena harganya terjangkau dan sangat memadai untuk meng-handle game dan penggunaan sehari-hari. Walau, soal kecepatan write & read SSD tentunya jauh lebih unggul.

Selengkapnya :  Game Keren yang Bisa Dimainkan dengan Notebook Berspesifikasi Minim

Thermaltake Lite Power 450W

PC gaming untuk GTA V

Thermaltake Lite Power 450W

Harga: Rp 490.000,00

Komponen terakhir yang Anda butuhkan adalah Thermaltake Lite Power 450 Watts. Ini berguna untuk memberi suplai listrik yang stabil dan berkualitas pada seluruh komponen yang telah disiapkan tadi, dengan daya minimal 450 Watts. Thermaltake sendiri memang dikenal sebagai salah satu produsen ternama yang memproduksi komponen untuk PC Game.

Komponen Tambahan

Terakhir, Anda perlu menyediakan RAM dengan kapasitas minimal 4 GB. Sebagai rekomendasi Anda bisa membeli RAM dengan merk Kingstone, yang harganya sekitar Rp 263.000,00 (4 GB).

Nah, itu tadi komponen-komponen yang Anda butuhkan untuk merakit sebuah PC gaming untuk GTA V dan PES. Jika ditotal, biaya yang perlu Anda keluarkan adalah sekitar Rp 3.832.000,00. Tapi biaya yang dikeluarkan bisa saja kurang dari itu, jika Anda bisa mencari beberapa komponen bekas dengan harga yang lebih murah, namun kualitasnya masih bagus. Selamat merakit!

About Bagas Dharma

Seorang penulis yang juga menekuni seni sulap dan suka sepakbola.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*