Home » Smartphone » Tips Smartphone » Tips Memaksimalkan Daya Tahan Baterai iPhone Setelah Update iOS 11

Tips Memaksimalkan Daya Tahan Baterai iPhone Setelah Update iOS 11

tips iphone

Dok: PC Advisor

Sistem operasi iOS 11 baru dirilis oleh Apple untuk para pengguna iPhone, iPad dan iPod. Sejumlah fitur digadang-gadang membuat sistem operasi ini lebih baik dari versi sebelumnya. Termasuk pengiriman uang dengan Apple Pay, hingga aplikasi yang mendukung teknologi Augmented Reality (AR). Namun ada saja ‘cacat’ yang dikeluhkan oleh pengguna setelah melakukan pembaruan, salah satunya adalah daya tahan baterai iPhone yang memburuk.

Masalah seperti ini sebenarnya biasa terjadi, karena perangkat Anda butuh waktu untuk beradaptasi dengan sistem operasi baru. Nah, untuk mengatasi masalah terkait daya tahan baterai iPhone setelah update ke iOS 11, ikuti beberapa tips berikut ini.

Tips iPhone yang Bermasalah Setelah Update

1. Periksa penggunaan aplikasi

Selengkapnya :  Begini Caranya Android Bisa Menjadi ‘Asisten’ Pribadimu

Mulailah periksa dari hal yang mendasar, yaitu cek aplikasi di ponsel pintar Anda. Kemungkinan ada penggunaan aplikasi berlebih sehingga baterai jadi cepat habis. Caranya, masuk ke menu Settings > Battery. Anda dapat menemukannya di bagian bawah. Setelah itu perhatikan aplikasi apa saja yang paling menghabiskan baterai. Untuk mengatasinya, kurangi penggunaan aplikasi tersebut.

2. Matikan fitur Location Services

tips iphone

Dok: Liputan6.com/ Yuslianson

Masalah kedua biasanya juga sepele, yaitu Location Services yang terus menerus aktif. Ya, penggunaan aplikasi seperti Google Maps dan Waze memang membutuhkan fitur Location Service. Begitu pula dengan aplikasi angkutan umum online dan sejenisnya. Namun saat tidak digunakan, sebaiknya matikan fitur ini, karena terbukti cukup menguras daya baterai. Sebab, fitur ini akan terus meng-update lokasi terbaru Anda.

Selengkapnya :  Game 2D Android yang Seru Lepas Jenuh

3. Menggunakan Power Safe Mode

Tips mengatasi daya tahan baterai iPhone yang bermasalah berikutnya adalah dengan mengaktifkan Power Safe Mode. Fitur ini memang disediakan oleh Apple dengan tujuan untuk menghemat daya baterai hingga dua jam. Namun, saat modus ini aktif, kinerja perangkat Anda akan jadi kurang maksimal. Ada beberapa fungsi yang akan non-aktif, terutama koneksi internet yang dibatasi. Jadi jika ada pesan masuk seperti e-mail, Anda harus mengeceknya secara manual di aplikasi terkait.

4. Non-aktifkan fitur Auto-Brightness

Sama seperti di perangkat Android, ada pula fitur mengatur kecerahan secara otomatis (Auto Brightness) di iPhone. Namun, faktanya pemakaian fitur ini cukup menguras daya baterai. Atur saja secara manual, karena umumnya tingkat kecerahan 30% sudah cukup untuk membuat segala macam aplikasi terlihat jelas.

Selengkapnya :  Cara Download Video YouTube di Android

5. Pengaturan Background App Refresh

Pada smartphone pasti selalu saja ada aplikasi yang berjalan di background. Nah, aplikasi ini pastinya akan selalu memperbarui informasinya. Misal saja aplikasi perpesanan, yang akan terus memperbarui informasi saat ada pesan masuk. Makin banyak aplikasi yang berjalan secara tersembunyi, maka pemakaian baterai juga akan makin boros. Pengaturan ini dapat Anda lihat di menu Settings > General > Background App Refresh.

Nah, itu tadi lima tips iPhone untuk mengatasi masalah pada baterai setelah melakukan update ke iOS 11. Biasanya, seiring dengan berjalannya waktu masalah-masalah tersebut akan mulai menghilang.

About Bagas Dharma

Seorang penulis yang juga menekuni seni sulap dan suka sepakbola.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*