Trik Tersembunyi di Hp Android yang Jarang Diketahui

865

5. Melakukan tweak pada status bar

Status bar adalah strip tipis di bagian atas tampilan layar yang menunjukkan pemberitahuan, kekuatan sinyal ponsel Anda saat ini, dan masa pakai baterai , di antara ikon lainnya. Berkat menu pengaturan tersembunyi yang disebut System UI Turner, Anda dapat memilih secara tepat ikon mana yang akan muncul di status bar tersebut, dan menyesuaikan pengaturan ekstra untuk mode dan pemberitahuan Not Not Disturb. Namun, menu ini hanya tersedia di Android versi terbaru, jadi untuk Anda yang masih menggunakan sistem operasi Android versi sebelumnya, maka tidak memungkinkan untuk menggunakannya.

Untuk mengaktifkannya (jika tersedia di ponsel Anda), geser ke bawah dari bagian atas layar dengan dua jari untuk menampilkan panel Pengaturan Cepat (Quick Settings). Cari ikon roda gigi pengaturan di kanan atas, lalu tekan dan tahan selama beberapa detik. Jika Anda melihat pesan konfirmasi, itu berarti Anda telah berhasil mengaktifkan Pengaturan UI. Saat Anda masuk ke menu Pengaturan, Anda akan melihat entri menu baru yang disebut “Tuner UI Sistem.” Tap pada entri baru ini, lalu pilih Status Bar untuk mengontrol ikon mana yang Anda inginkan, mulai dari mode Bluetooth ke tingkat baterai yang akan muncul di Status Bar.

6. Pilih aplikasi default baru

Salah satu perbedaan antara Android dan iOS adalah sistem operasi seluler Google memungkinkan Anda memilih aplikasi default yang berbeda untuk penelusuran web, mengirim pesan, melihat foto, dan sebagainya. Aplikasi default adalah aplikasi yang terbuka secara otomatis saat Anda mencoba dan melakukan sesuatu di ponsel. Misalnya, ketika Anda mengklik sebuah link (url), maka aplikasi browser web default Anda akan membuka link tersebut.

Manfaatkan fleksibilitas ini dengan mengatur default seperti yang Anda inginkan. Buka Pengaturan, lalu Aplikasi, lalu ketuk ikon gigi di sudut kanan atas. Pilih salah satu kategori di layar untuk melihat daftar aplikasi yang terinstal yang dapat mengambil alih tugas default. Misalnya, jika Anda lebih suka mengobrol dengan teman melalui Facebook Messenger , alih-alih aplikasi SMS bawaan ponsel Anda, Anda dapat menjadikan produk Facebook sebagai aplikasi perpesanan default Anda.

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.