Home » News » Intel Larang Overclock Pada Intel Core i7-7700K

Intel Larang Overclock Pada Intel Core i7-7700K

intel

Intel Larang Overclock Pada Intel Core i7-7700K

Intel baru-baru ini membingungkan para konsumennya. Kali ini, produsen teknologi ternama itu membuat pernyataan yang cukup kontradiktif dengan pernyataan sebelumnya. Intel diketahui pernah membuat pernyataan tentang Prosesor I7-7700K. Pada huruf K di belakang nomor seri tersebut, artinya adalah Kabylake. Keunggulan dari prosesor tipe Kabylake yang diproduksi Intel adalah kemampuan unlock multiplier miliknya yang mengijinkan pengguna untuk melakukan overclock.

Overclock sendiri merupakan peningkatan kecepatan prosesor yang direkayasa oleh pengguna sedemikian rupa sehingga menjadi melebihi kecepatan pabrikan. Lantas, jika kemudian Intel melarang overclock pada seri prosesor ini, mengapa sejak awal Intel membuat prosesor tersebut?

Artiket terkait  Tiongkok Akan Rilis Wikipedia Versi Sendiri
Dok: Jalantikus.com

Dok: Jalantikus.com

Dilansir dari Jalantikus.com, terdapat seorang pengguna yang komplain lantaran prosesor i7-7700K miliknya menjadi lebih cepat panas setelah dilakukan proses overclock. Keluhannya pun tidak main-main. Suhu prosesor bisa meningkat secara tiba-tiba tanpa alasan yang jelas hingga mencapai 90 hingga 100 derajat celcius.

Keluhan ini pun nampaknya menjadi cambukan keras bagi Intel. Untuk mencegah hal serupa terjadi kepada pengguna lainnya, Intel membuat sebuah pernyataan yang melarang overclock, bahkan pada prosesor yang mendukung overclock. Berikut adalah kutipan pernyataan Intel.

Artiket terkait  5 Cara Menjual Produk Secara Online

“Dalam pengujian internal, kami tidak menemukan adanya kejanggalan pada prosesor. Meski terdapat beberapa perubahan perilaku, namun perubahan ini masih berada di dalam rentang aman. Harap merujuk pada buku petunjuk penggunaan prosesor,” kata pihak Intel.

Pernyataan tersebut memang tidak mengandung unsur apa-apa selain daripada pernyataan bahwa Intel sendiri belum tahu apa masalah dari prosesor Intel I7-7700-K. Namun, Intel mengeluarkan pernyataan lain. Tapi sayangnya, pernyataan tersebut kali ini cukup mengejutkan.

Artiket terkait  Digaet Apple, Tim Dashwood Gratiskan Banyak Plugin FxFactory

“Kami tidak merekomendasikan penggunaan prosesor di luar spesifikasinya sendiri. Hal ini termasuk di antaranya adalah mengoperasikan prosesor di luar spesifikasi yang telah ditentukan. Jika dilakukan, maka hal tersebut akan membuat garansi menjadi hangus,” tambah Intel.

Pernyataan ini pun menuai banyak pertanyaan. Salah satu pertanyaan yang paling populer terkait pelarangan ini adalah mengapa Intel membuat prosesor dengan kemampuan overclock, namun justru melarang overclock pada prosesor tersebut?

About Bagas Dharma

Seorang penulis yang juga menekuni seni sulap dan suka sepakbola.