Home » Game » 4 Game yang Ternyata Dilarang Dimainkan dan Dikecam

4 Game yang Ternyata Dilarang Dimainkan dan Dikecam

game terlarang

4 Game yang Ternyata Dilarang Dimainkan dan Dikecam

Dunia game pada umumnya memang banyak mengandung fantasi yang tidak realistis. Hal ini pun dibuktikan dari banyaknya game yang bertajuk peperangan, kekerasan, hingga fantasi penuh keajaiban yang tidak mungkin hadir di kehidupan sehari-hari.

Namun, apa jadinya bila game menonjolkan sebuah fantasi liar yang sebenarnya tidak layak diangkat dan dijadikan topik utama? Apalagi untuk dimainkan oleh anak-anak. Untuk itu para orang tua pun harus bisa memilah game mana saja yang layak dimainkan oleh anak-anak. Nah, berikut adalah empat game yang banyak dikecam dan dilarang beredar akibat mengusung tema yang dianggap tidak layak.

1. GTA San Andreas

Dok: Gamerevolutio

Dok: Gamerevolutio

Siapa yang tidak kenal game yang satu ini? Diterbitkan oleh Rockstar, game ini mempunyai fantasi yang liar dan mengangkat gambaran kekejaman kehidupan jalanan di beberapa wilayah di Amerika Serikat. Hal-hal yang diangkat pun tidak terlepas dari masalah seks, pembunuhan, penggunaan senjata api secara ilegal, serta pencurian.

Artiket terkait  Tips Jadi Jago Main PES 2017, Ikuti Caranya!

Karena dikhawatirkan dapat menginspirasi para pemainnya untuk bertindak seperti pada game tersebut di dunia nyata. Tak heran jika game ini pun sempat mendapat kecaman. Terlebih lagi, seorang hacker berhasil menemukan mini-game di mana sang karakter utama, CJ, bisa menonton sang kekasih berdansa striptis pada game versi mod.

2. Manhunt 2

Dok: Shacknews

Dok: Shacknews

Masih dari pengembang Rockstar, Manhunt 2 merupakan sebuah game yang mengangkat kerasnya dunia pornografi. Hal yang menjadi masalah dari game ini pun sama dengan masalah yang menyangkut GTA San Andreas, yakni kekerasan, kekejaman, dan tindakan seksual. Uniknya, Rockstar justru menambahkan filter di beberapa negara untuk menyiasati sistem sensor di beberapa negara. Namun, tetap saja, Manhunt 2 dilarang beredar di Jerman, Irlandia, Korea Selatan, Selandia Baru, Kuwait, hingga Arab Saudi.

Artiket terkait  5 Game Balap Motor Terbaik dan Gratis di Android

3. RapeLay

Dok: GameFAQs

Dok: GameFAQs

Dari namanya saja, game ini sudah jelas merupakan sebuah permainan dengan tema kekerasan seksual. Bagaimana tidak? Di dalam game ini, karakter harus bisa mencapai targetnya untuk memperkosa seorang ibu rumah tangga dan kedua anak perempuannya. Tidak butuh waktu lama bagi game terbitan Jepang ini untuk diblokir peredarannya di Indonesia, Argentina dan Selandia Baru.

Artiket terkait  7 Game Terbaik Ini Bisa Dimainkan di Mac OS, lho!

4. Command and Conquer

Dok: Megagames

Dok: Megagames

Meski game ini tidak mengandung unsur kekerasam secara langsung, namun adanya penyebutan negara secara langsung di dalam game simulasi strategi peperangan ini cukup membuat negara tersebut gerah. Hal ini terjadi lantaran di dalam game Command and Conquer ada sebuah cerita yang mengatakan bahwa sebuah bom berhasil meledak di sebuah kota terlarang di Beijing, Tiongkok. Alhasil, pemerintah Tiongkok segera melarang peredaran game ini di seluruh negeri Ttirai Bambu.

Itulah tadi empat gim yang dikecam dan dilarang di beberapa negara. Dari keempat game tadi, pasti ada yang pernah Anda mainkan. Wajarlah bila kita menggemari suatu game dengan suatu alasan. Namun yang penting, jangan sampai hal negatif di dalam game tersebut terbawa hingga ke kehidupan nyata.

About Bagas Dharma

Seorang penulis yang juga menekuni seni sulap dan suka sepakbola.