Cara Main Game PC Menggunakan Controller (Stik) PS4

192

Beberapa gamer PC mungkin akan berkomentar mengenai penggunaan kontroller atau stik untuk memainkan game PC. Tetapi kami berpendapat bahwa ada banyak game yang bekerja jauh lebih baik dengan menggunakan stik atau pengontrol tersebut.

Jika Anda akan menggunakan pengontrol, maka PS4 Dualshock 4 adalah pilihan yang fantastis. Tata letak tombolnya mencakup semua tombol yang paling dibutuhkan PC game berbasis kontroler, dan Anda bahkan dapat menggunakan trackpad sebagai input mouse.

Satu-satunya downside adalah bahwa jack audio pengendali tidak didukung saat ini, yang berarti Anda harus mencolokkan headphone langsung ke komputer Anda jika Anda ingin menggunakannya.

Anda bahkan tidak perlu PS4 untuk mengalami DualShock 4 – yang Anda butuhkan hanyalah pengontrol, PC Windows dan dan kabel USB. Anda biasanya perlu menggunakan perangkat lunak khusus untuk menggunakan DualShock 4 pada PC, tetapi Sony kini membuatnya lebih mudah untuk menghubungkan DualShock 4 ke PC Anda dan membuatnya berjalan.

Anda juga dapat menggunakan pengontrol PS4 secara nirkabel dengan PC Anda melalui Bluetooth. Anda akan membutuhkan PC yang memiliki Bluetooth terintegrasi (seperti halnya laptop modern), atau Anda dapat membeli Sony PlayStation 4 DualShock USB Wireless Adapter dongle yang dihubungkan ke port USB PC Anda. Sony menghasilkan versi resmi, tetapi adaptor Bluetooth apa pun yang mendukung Bluetooth 2 dan di atasnya akan berfungsi.

Cara menggunakan kontroler PS4 DualShock di Steam

Steam yang merupakan toko populer sekaligus sebagai developer game, merilis pembaruan yang memungkinkan Anda untuk menggunakan pengontrol PS4 DualShock pada PC Anda saat menjalankan aplikasi.

Sangat mudah bagi Anda untuk memasang pengontrol Dualshock 4 dan mengontrol gim PC Anda. Anda dapat mengontrol Mode Gambar Besar TV dari Steam menggunakan DualShock 4, dan game Anda sekarang akan menampilkan perintah tombol PS4 dalam game.

Untuk menggunakan pengontrol PS4 DualShock pada PC Anda di Steam, muat Steam dan periksa pembaruan, lalu setelah pembaruan terbaru terinstal, colokkan DualShock 4 Anda (atau hubungkan melalui Bluetooth) dan Anda akan siap menggunakannya!

Sayangnya, solusi ini tidak berfungsi dengan baik untuk semua orang, jadi untuk mengetahui cara menggunakan pengontrol PS4 DualShock pada PC Anda tanpa menggunakan Steam, baca di bawah ini.

Cara menggunakan kontroler PS4 di PC

Selain di Steam, Anda mungkin ingin memainkan game di luar dari aplikasi Steam menggunakan kontroler atau stik PS4 tersebut. Untuk langkah-langkah menggunakan stik PS4 di game PC biasa, maka Anda bisa mengikuti beberapa langkah di bawah ini:

  • Unduh DS4Windows

Sementara menggunakan kontroler PS4 DualShock 4 pada PC Anda cukup sederhana, itu tidak cukup plug-and-play, karena Anda harus menginstal perangkat lunak tambahan untuk membuatnya bekerja pada PC Anda.

Perangkat lunak ini disebut DS4Windows , dan itu membuat menghubungkan kontroler PS4 ke PC Anda sangat sederhana. Ini pada dasarnya membodohi PC Anda dengan berpikir bahwa DualShock 4 yang terhubung adalah kontroler Xbox 360, yang didukung di Windows.

Untuk mendapatkannya dari situs web DS4Windows cukup klik tombol Unduh Sekarang.

  • Instal DS4Windows

Cari file DS4Windows.zip yang diunduh, klik kanan padanya dan pilih ‘Ekstrak all’

Sebuah jendela akan muncul menanyakan ke mana Anda ingin mengekstrak file. Anda dapat memilih untuk mengekstraknya ke folder tempat Anda mengunduh file zip, atau memilih folder lain.

Setelah file diekstraksi folder tujuan akan terbuka, dan Anda akan melihat dua file. Satu, DS4Updater.exe, adalah program yang akan membuat program DS4Windows diperbarui dengan driver terbaru, jadi ada baiknya menjalankan file ini jika Anda mengalami masalah nanti.

Klik dua kali file kedua, DS4Windows.exe, untuk memulai prosedur penyetelan yang akan membuat PS4 Dualshock Controller bekerja pada PC Anda.

  • Siapkan DS4Windows

Ketika Anda meluncurkan DS4Windows untuk pertama kalinya Anda akan ditanya di mana Anda ingin pengaturan dan profil Anda untuk disimpan – kami sarankan menggunakan pilihan default ‘Appdata’.

Jendela baru akan terbuka. Klik ‘Instal Driver DS4’ untuk memungkinkan Anda menggunakan kontroler PS4 DualShock di Windows 8 , Windows 8.1 , dan Windows 10 .

Jika Anda memiliki Windows 7 atau lebih tua maka Anda harus mengklik ‘Install 360 Driver’ juga.

  • Hubungkan pengontrol PS4 ke PC Anda melalui USB

Sekarang Anda dapat menghubungkan pengontrol PS4 DualShock 4 ke PC Anda. Anda dapat melakukan ini dengan dua cara – baik melalui kabel USB atau melalui Bluetooth.

Untuk menghubungkan pengontrol PS4 DualShock ke PC Anda melalui kabel USB, Anda hanya memerlukan kabel USB mikro biasa – yang sama dengan smartphone modern.

Setelah Anda menyambungkan kabel ke pengontrol DualShock dan PC Anda, Windows akan mendeteksinya, dan Anda akan siap untuk memainkan game PC menggunakan pengontrol PS4.

  • Hubungkan pengontrol PS4 ke PC Anda melalui Bluetooth

Salah satu hal terbaik tentang menggunakan kontroler PS4 DualShock 4 pada PC Anda adalah Anda dapat menggunakannya secara nirkabel, sehingga Anda jauh lebih leluasa saat bermain game.

Pengontrol PS4 DualShock 4 menggunakan Bluetooth, yang tentunya Anda harus memastikan kalau PC atau laptop Anda sudah memiliki penerima Bluetooth. Jika tidak, Anda dapat membeli dongle USB Bluetooth seperti Adapter Nirkabel Bluetooth Mini Tiny USB 2.0. Tidak hanya berukuran kecil untuk dipasang secara tidak mencolok ke PC Anda.

Untuk menghubungkan pengontrol PS4 melalui Bluetooth, tekan dan tahan Tombol PS tengah dan tombol Bagikan selama tiga detik hingga bilah lampu di bagian atas pengontrol mulai berkedip.

Selanjutnya buka pengaturan Bluetooth di PC Anda. Di Windows 10, klik ikon balon bicara di Bilah Tugas di sudut kanan bawah layar Anda. Ini membuka Pusat Aksi – dari sana klik ‘Bluetooth’ dan kemudian pilih ‘Kontroler Nirkabel’.

 

Anda mungkin diminta memasukkan kode pasangan – jika demikian ketik 0000. Pengontrol PS4 DualShock sekarang akan terhubung secara nirkabel ke PC Anda.

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.