Cara Agar Notifikasi Android Masuk ke Komputer

by

Pesan teks dengan cepat memberi jalan ke aplikasi pesan berbasis internet. Dikatakan, SMS masih sangat berguna untuk menerima pembaruan dari bank Anda dan perusahaan utilitas serta tetap berhubungan dengan generasi non-smartphone.

Kekurangan fitur yang berguna ini adalah secara tradisional hanya tersedia di perangkat dengan chip SIM. seperti smartphone. Untungnya, ada cara untuk mengakses dan mengirim pesan SMS dari mesin desktop Anda juga.

Dalam panduan ini Anda akan menemukan cara melakukannya dengan menggunakan aplikasi ‘Pushbullet’, yang dapat diinstal baik di perangkat Android dan komputer Anda untuk melihat notifikasi dan membaca serta membalas pesan teks.

Anda juga akan belajar cara menggunakan layanan ‘Pesan untuk web’ Google baru yang memungkinkan Anda membaca dan membalas SMS melalui situs web khusus.

Instal aplikasi Pushbullet

Buka Google Play Store di smartphone Android Anda dan masukkan ‘ Pushbullet ‘ ke dalam kotak pencarian. Klik ‘Pasang’ untuk melanjutkan. Setelah pemasangan selesai, ketuk ikon aplikasi untuk meluncurkan.

Setelah peluncuran pertama, aplikasi akan meminta Anda untuk masuk dengan akun Google Anda. Ini bisa menjadi akun yang berbeda dengan yang ditautkan ke ponsel Android Anda tetapi harus sama dengan yang Anda gunakan dengan aplikasi desktop Pushbullet (lihat di bawah). Masukkan kredensial Anda dan klik ‘OK’ untuk masuk.

Selanjutnya, Pushbullet akan menanyakan apakah Anda ingin melihat pemberitahuan ponsel Anda di komputer Anda. Ini adalah cara yang berguna untuk melihat pesan Android pada PC Anda saat mereka masuk. Pilih ‘Aktifkan’ untuk menggunakan fitur ini.

Selengkapnya :  Update Harga HP Infinix Terbaru November 2016

Pengaturan pemberitahuan Android Anda sekarang akan dimuat. Aktifkan akses notifikasi untuk Pushbullet dengan memilih tombol rocker di samping nama aplikasi. Android akan meminta Anda untuk mengkonfirmasi pengaturan Anda. Pilih ‘Izinkan’ untuk memberi Pushbullet izin ini.

Pushbullet sekarang akan meminta izin untuk akses ke kontak Anda. Ini berguna saat menggunakan aplikasi desktop karena Anda akan melihat siapa yang menelepon atau mengirim pesan. Pilih ‘Aktifkan’ untuk menggunakan fitur ini.

Selanjutnya Anda akan melihat layar bernama ‘Teks dari komputer atau tablet Anda’. Ini memungkinkan Anda mengirim pesan teks langsung dari aplikasi desktop Pushbullet. Pilih ‘Aktifkan’ untuk mengaktifkan opsi ini. Android sekarang akan meminta Anda untuk mengkonfirmasi hak akses untuk aplikasi Pushbullet. Pilih ‘OK’ untuk mengabulkannya.

Gambar 2

Pasang aplikasi desktop Pushbullet

Setelah setup aplikasi Android selesai Anda akan diminta untuk menginstal program desktop Pushbullet, yang kemudian dapat berkomunikasi dengan smartphone Anda.

Di komputer Anda, buka browser web Anda dan arahkan ke situs web Pushbullet . Klik ‘Masuk’ di kanan atas. Masuk menggunakan akun Google yang sama yang Anda gunakan dengan aplikasi Android Pushbullet di langkah sebelumnya.

Selanjutnya pilih ‘Setup komputer Anda’ untuk dibawa ke halaman unduhan. Klik pada ‘Windows’ dan pilih untuk menyimpan installer.

Buka File Explorer Anda dan arahkan ke folder ‘Downloads’. Klik dua kali untuk meluncurkan. Klik ‘Lanjut’ untuk melanjutkan. Wizard pengaturan sekarang akan meminta Anda untuk mengkonfirmasi lokasi pemasangan. Klik ‘Berikutnya’ sekali lagi untuk melanjutkan.

Selengkapnya :  Cara Mudah Dapatkan Pulsa Gratis dari Android Dengan Aplikasi Manis

Penginstal sekarang akan menawarkan untuk membuat pintasan desktop dan entri ‘Memulai Menu’. Klik ‘Berikutnya’ untuk mengonfirmasi. Klik ‘Instal’ untuk menyelesaikan pilihan Anda. Pilih ‘Selesai’ untuk meluncurkan program secara otomatis ketika penginstal berhenti.

Akses pesan Android Anda di PC

Setelah diluncurkan, jendela utama Pushbullet akan muncul. Pilih ‘Perangkat’ di sisi kiri panel untuk memastikan perangkat Android Anda telah terdeteksi. Selanjutnya, klik tab ‘SMS’.

Semua pesan teks Anda harus tercantum di sini. Klik pada masing-masing pesan untuk menampilkan teks lengkap di panel di sisi kanan jendela. Pushbullet akan menampilkan seluruh percakapan termasuk pesan Anda sendiri. Gunakan tombol gulir untuk bergerak ke atas dan bawah untuk pertukaran pesan panjang.

Gunakan kotak teks di bawah panel pratinjau untuk mengetik balasan ke pesan jika Anda mau, dan klik simbol panah untuk mengirim.

Pushbullet tidak memiliki fitur bawaan untuk mengekspor SMS tetapi Anda dapat menyorot, menyalin & menempelkan pesan teks ke aplikasi lain seperti Microsoft notepad. Cukup sorot teks dengan mouse Anda, tahan ‘Ctrl + C’ untuk menyalin dan kemudian ‘Ctrl + V’ untuk menempelkan ke dalam program target.

Jika Anda memiliki lebih dari satu perangkat Android, Anda dapat memilih tab ‘Perangkat’ untuk beralih di antara mereka. Pushbullet memberi Anda opsi untuk membuka jendela terpisah untuk perangkat apa pun yang saat ini ingin Anda gunakan. Untuk melakukan ini, tekan tombol panah kecil di sisi kanan nama perangkat Anda dan jendela yang lebih kecil akan muncul.

Selengkapnya :  Tips yang Perlu Dicoba Pengguna Android Nougat 7.0

 

Ekstensi browser pushbullet

Pushbullet juga dapat diinstal sebagai ekstensi browser untuk browser Google Chrome , Mozilla Firefox , Opera dan Safari . Ini adalah cara cepat dan mudah untuk mengakses pesan ponsel cerdas Anda. Ini juga berguna jika Anda tidak menggunakan Microsoft Windows.

Untuk memulai, buka browser pilihan Anda dan arahkan ke situs web Pushbullet. Klik ‘Masuk’ di kanan atas. Gunakan kredensial akun Google yang Anda masukkan di aplikasi Android Pushbullet. Selanjutnya, klik ‘Siapkan Komputer Anda’ dan pilih ekstensi yang sesuai untuk browser Anda.

Setelah dipasang, ikon Pushbullet akan muncul di kanan atas jendela browser. Klik ini untuk mengakses pengaturan ponsel cerdas Anda.

Antarmuka akan muncul dalam bentuk jendela pop-up tetapi sebaliknya identik dengan aplikasi desktop. Klik ‘Perangkat’ untuk memeriksa apakah ponsel cerdas Anda terdeteksi. Pilih ‘SMS’ untuk membaca dan membalas pesan teks seperti yang dijelaskan pada langkah sebelumnya.

 

Klik ‘Pemberitahuan’ kapan saja untuk melihat panggilan, email, dan pesan SMS terakhir Anda yang tidak terjawab. Jika Anda menggunakan browser yang mendukung pemberitahuan desktop seperti Google Chrome, pemberitahuan ini akan ditampilkan secara otomatis saat menggunakan browser.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.