Telkomsel vs XL Axiata vs Indosat Ooredoo, Mana yang Terbaik?

by
Telkomsel vs XL Axiata vs Indosat Ooredoo, Mana yang Terbaik? (Dok: huffingtonpost.com)
Telkomsel vs XL Axiata vs Indosat Ooredoo, Mana yang Terbaik? (Dok: huffingtonpost.com)

Saat ini, kebutuhan paket data sudah seperti kebutuhan primer bagi beberapa kalangan. Bahkan kebutuhan akan pulsa reguler pun menjadi bergeser. Alhasil, saat ini media komunikasi SMS juga semakin jarang digunakan. Memang benar, hal ini dapat terjadi dan sudah sewajarnya terjadi. Namun, apakah Anda sudah menemukan provider yang tepat untuk berlangganan internet? Jika belum, berikut ini ada beberapa ulasan tentang perbandingan antara tiga provider terbaik yang menyediakan pilihan paket internet.

1. Telkomsel

Telkomsel dapat dikatakan sebagai operator premium. Pasalnya, Telkomsel memiliki jaringan yang sangat luas dan bahkan dapat digunakan hingga ke pelosok negeri. Untuk urusan jaringan internet, Telkomsel memiliki paket internet bulanan yang diberi nama Flash.

Selengkapnya :  Oppo F3 Series Akan Dirilis di 5 Negara Serentak

Harga yang ditawarkan ada pada rentang Rp 47.000,00 hingga Rp 160.000,00 dengan kuota 1GB hingga 4GB. Paket yang ditawarkan Telkomsel juga termasuk paket ekstra bonus di jaringan 4G, paket video streaming di Hooq+Viu yang berlaku 30 hari, hingga keuntungan lainnya yang disediakan dalam 1 paket.

2. Indosat Ooredoo

Indosat Ooredoo juga merupakan salah satu provider paling ‘senior’ di Indonesia. Jaringan yang dimiliki pun tidak kalah luas dengan Telkomsel. Untuk urusan paket internet, Indosat Ooredoo memiliki paket andalan yang diberi nama Paket Freedom Combo.

Selengkapnya :  Bulan Ramadhan Sudah Dekat, Ayo Bayar Zakat Pakai Aplikasi Ini!

Harga yang ditawarkan untuk paket ini berkisar antara Rp 59.000,00 hingga Rp 199.000,00 dengan kuota dari 2GB hingga 12GB. Sama dengan Telkomsel, paket Indosat Ooredoo pun juga menyertakan benefit di dalam paketnya yang antara lain adalah bonus 4G, kuota Spotify, dan benefit tambahan lainnya.

3. XL Axiata

Provider yang sedang tampak gencar memperkenalkan jaringan 4G-nya ini memiliki paket internet yang disebut Paket Ekstra Combo. Paket ini memiliki rentang harga dari mulai Rp 59.000,00 hingga Rp 239.000,00 dengan kuota 6GB hingga 42GB. Benefit yang didapat antara lain adalah bonus kuota 4G dan juga kuota YouTube.

Selengkapnya :  5 Kategori Video Youtube yang Bisa Memberikan Penghasilan Besar

Dari ketiga provider tersebut, dapat dilihat bahwa XL Axiata adalah provider dengan harga yang paling ‘ramah’. Namun, Anda juga harus kembali mempertimbangkan lagi ke soal ketersediaan jaringan di lingkungan tempat Anda tinggal agar penggunaan internet tidak sekedar murah, tapi juga dapat diandalkan.