Home » News » Trojan Pertama di Mac OS Berhasil Terdeteksi

Trojan Pertama di Mac OS Berhasil Terdeteksi

trojan mac os

Trojan Pertama di Mac OS Berhasil Terdeteksi

Apple memang terkenal memiliki sistem keamanan super ketat yang melindungi perangkat garapan mereka dari serangan malware. Hal ini pun telah diklaim sendiri oleh pihak Apple dan sudah terbukti selama bertahun-tahun lamanya. Bahkan, pengguna Apple pun mengakui tingginya tingkat keamanan Apple. Tidak jarang pula pengguna merasa terganggu akibat sulitnya melakukan akses ke perangkat lain hanya karena masalah keamanan yang dinilai terlalu ketat.

Namun, apakah ini berarti bahwa Mac OS bebas dari malware? Selama beberapa waktu, memang benar. Namun, sayangnya dewasa ini seorang peneliti telah berhasil mendapatkan indikasi bahwa malware sudah mulai menyerang Mac OS. Malware itu pun teridentifikasi sebagai trojan dan bekerja dengan cara membuat lubang di sistem sebagai jalan informasi yang dibocorkannya.

Artiket terkait  3 Situs Pencari Indekos Terpercaya dan Bisa Diandalkan

Trojan merupakan malware yang berfungsi mengambil seluruh isi perangkat, termasuk di antaranya data-data penting dan rahasia seperti password internet banking atau hal lain sebagainya. Selama ini, pembuat malware trojan hanya berfokus pada sistem operasi Windows. Hal ini dikarenakan jumlah pengguna windows yang jauh lebih banyak dibanding jumlah pengguna Mac OS.

Artiket terkait  Daftar Situs yang Menyediakan Jadwal MotoGP

Cara kerja dan penyusupan trojan ini agak berbeda dari trojan versi windows. Untuk trojan Mac OS, penyebaran dilakukan melalui email dari sumber yang tidak dikenal. Nantinya, email ini diharapkan oleh para perancang malware untuk dibuka oleh pengguna. Di dalam email tersebut akan terdapat suatu ajakan untuk mengunduh file yang disediakan, biasanya berbentuk .zip. Apabila proses download sudah dilakukan, maka pengguna secara otomatis akan merasa tertarik untuk membuka file tersebut. Jika file dibuka, maka terbukalah pintu bagi malware untuk menguasa sistem operasi.

Artiket terkait  iPhone 8 Akan Hadirkan Fitur Fingerprint yang Lebih Canggih?

Namun, para pengguna Mac OS tidak perlu khawatir. Sebab, malware ini hanya akan aktif dan menguasai sistem apabila telah diunduh dan dibuka. Jadi, pelajaran penting dari peristiwa ini adalah jangan pernah membuka email dari sumber yang tidak dikenal, terutama mengunduh apapun dari email tersebut. Cobalah atur email Anda dengan spam filter atau sejenisnya agar email yang masuk ke inbox bersih dari SPAM atau yang tidak dikenali.

About Bagas Dharma

Seorang penulis yang juga menekuni seni sulap dan suka sepakbola.