Tiongkok Akan Rilis Wikipedia Versi Sendiri

author
Author: 
Seorang penulis yang juga menekuni seni sulap dan suka sepakbola.
76 views
wikipedia

Tiongkok Akan Rilis Wikipedia Versi Sendiri (Gizmodo.com)

Tiongkok memang dikenal sebagai negara yang keras dalam hal membatasi warga negaranya melakukan sesuatu. Hal ini pun terlihat dari banyaknya situs di internet yang diblokir oleh pemerintah Tiongkok. Tak hanya situs-situs yang dinilai bisa ‘merusak’ warga negara saja, bahkan situs sekelas Wikipedia pun juga diblokir. Sikap tegas ini telah lama dilakukan, tepatnya ketika pertama kali Wikipedia mendarat di Tiongkok.

Kali ini, Tiongkok pun melakukan hal yang pernah mereka lakukan dahulu, yakni ketika menciptakan Google versi sendiri bernama Baidu dan Twitter sendiri bernama Weibo. Akhir-akhir ini, Tiongkok pun dikabarkan akan menciptakan Wikipedia versi mereka sendiri. Belum jelas apa nama dari situs tersebut nantinya. Namun, cara penggunaannya serta sistem penataan informasinya kemungkinan besar akan berbeda dengan Wikipedia asli.

Selengkapnya :  Spotify Kasih Harga Khusus untuk Pelajar Indonesia

Yang membedakan Wikipedia asli dengan versi Tiongkok ini adalah isi konten yang disediakan di dalam situsnya. Dilansir dari beberapa media, Wikipedia buatan Tiongkok nantinya akan berisi informasi mengenai perkembangan teknologi, ilmu pengetahuan, budaya Tiongkok, dan yang tak kalah pentingnya adalah perkembangan sejarah Tiongkok sendiri. Ini tentunya sangat berbeda dengan Wikipedia asli yang memuat informasi dari A-Z.

Selengkapnya :  Sebagian Besar Followers Twitter Donald Trump Abal-abal?

Pemerintah pun tidak menganggap pembuatan situs ini main-main. Diberitakan bahwa pemerintah Tiongkok bahkan tidak segan-segan mengerahkan 20.000 orang yang akan berkontribusi pada perkembangan situs ini.

Pihak Wikipedia versi Tiongkok sendiri ternyata telah berani bersua mengenai situs ini. Selain informasi tersebut, pihak mereka juga mengatakan bahwa situs ini akan rampung dan siap digunakan pada tahun 2018 mendatang. Nantinya, akan ada 300 ribu artikel di mana masing-masing memuat minimal 1000 kalimat yang akan menjadi bahan bacaan bagi para pengakses dunia maya.

Selengkapnya :  Microsoft Rilis Latop Saingan Macbook

Menurut pihak pengembang Wikipedia versi Tiongkok, situs ini merupakan sebuah layanan yang sekaligus menjadi tembok besar budaya (Great Wall of Culture). Selain itu, Wikipedia versi Tiongkok ini ternyata juga bukan merupakan hal yang sama sekali baru. Dikatakan bahwa Wikipedia versi Tiongkok ini merupakan versi daring yang berdasarkan pada buku lama yang telah terbit pada tahun 1993 dan dicetak kembali dalam edisi kedua pada 2009.

News Internetnewswikipedia

Related Post

Permalink to 5 Cara Menjual Produk Secara Online
5 Cara Menjual Produk Secara Online
Saat ini, Indonesia menduduki peringkat keenam sebagai negara dengan
Permalink to Intel Larang Overclock Pada Intel Core i7-7700K
Intel Larang Overclock Pada Intel Core i7-7700K
Intel baru-baru ini membingungkan para konsumennya. Kali ini, produsen
Permalink to 3 Situs Pencari Indekos Terpercaya dan Bisa Diandalkan
3 Situs Pencari Indekos Terpercaya dan Bisa Diandalkan
Mencari indekos di suatu daerah baru memang menjadi hal
Permalink to Interpol Ungkap Aksi Hacker di Kawasan ASEAN
Interpol Ungkap Aksi Hacker di Kawasan ASEAN
Sejauh ini, dikabarkan ada sebanyak 9.000 botnet server command

Leave a reply

Pertanyaan Terbaru

Bagaimana Cara Install Ulang Hp Android
Selamat siang min, Hp Android Saya ini sering hang
7 views