Home » News » Phishing Beredar di Gmail, Google Tingkatkan Keamanan

Phishing Beredar di Gmail, Google Tingkatkan Keamanan

gmail

Phishing Beredar di Gmail, Google Tingkatkan Keamanan

Beberapa waktu lalu, Google sempat direpotkan dengan adanya banyak keluhan dari para pengguna Gmail terkait adanya indikasi peretasan di akun email mereka. Google pun melakukan pemeriksaan dan mendapati bahwa metode yang digunakan pihak peretas merupakan metode phishing.

Pishing merupakan sebuah metode di mana korban peretasa akan dikirimi tautan tertentu yang apabila dibuka, maka akan terlihat halaman login yang bukan berasal dari Google. Bayangkan apa yang terjadi bila kita memasukkan data berupa username dan password ke halaman tersebut. Itulah awal mula peretasan via phishing.

Baca :  Ponsel Dual Boot Segera Diproduksi, Akan Sepeti Apa?

Untuk menghindari phishing atau kejahatan sejenis yang memanfaatkan spam dan email, Google telah meningkatkan sistem kemanannya dengan melakukan pemindaian penuh terhadap email beserta file-file yang telah dikirim bersamanya. Namun, Google sendiri meyakinkan para pengguna untuk tetap waspada dan jangan mudah percaya dengan email yang masuk ke inbox mereka begitu saja.

Google menyatakan bahwa sistem keamanan yang lengkap belum tentu menjadi jaminan 100 persen. Hal ini dikarenakan algoritma yang dijadikan penggerak sistem kemanan bisa saja gagal dalam melakukan pemindaian dan melewatkan satu atau dua malware yang tidak terpindai. Namun, Google telah melakukan upaya safe browsing dengan melakukan pemindaian besar-besaran serta menghapus laman-laman palsu hingga nantinya tidak ada lagi phishing yang dapat dilakukan.

Baca :  Puluhan Juta Orang Masih Main Pokemon GO!

Sementara itu, soal penggunaan akun, Google menyarankan agar pengguna lebih berhati-hati, terutama bila ada pemberitahuan login Gmail baru di perangkat lain. Segera kenali perangkat itu dan pastikan orang yang melakukan login itu adalah Anda sendiri menggunakan perangkat yang berbeda, seperti smartphone Anda atau perangkat lain.

Jika ditemukan kejanggalan dan Anda merasa tidak melakukan login di saat-saat yang ditunjukkan oleh Google, maka bisa jadi itu adalah sebuah upaya peretasan. Segera ganti password Anda atau laporkan hal ini ke Google untuk meminta penonaktifan akun sementara.

Baca :  Tiongkok Akan Rilis Wikipedia Versi Sendiri

Terakhir, Google menambahkan bahwa harapan mereka adalah pengguna dapat turut serta dalam menjaga keamanan dengan mengikuti aturan-aturan yang dibuat Google. Hal ini dikarenakan aturan-aturan tersebut tidak lain adalah demi keamanan pengguna sendiri.

About Bagas Dharma

Seorang penulis yang juga menekuni seni sulap dan suka sepakbola.