Home » News » Akibat Pokemon Go, Seorang Gamer Rusia Terancam Dipenjara

Akibat Pokemon Go, Seorang Gamer Rusia Terancam Dipenjara

pokemon go

Akibat Pokemon Go, Seorang Gamer Rusia Terancam Dipenjara (Foto: The Washington Post)

Sejak perilisannya, Pokemon Go memang menjadi game mobile yang cukup sering menuai masalah. Bahkan hingga beberapa bulan setelah kepopuleran game itu, beberapa kasus terkait game ini kembali muncul.

Salah satu kasus yang mencuat adalah tewasnya seorang pemain Pokemon Go karena ditembak oleh seorang petugas keamanan pada Februari 2017. Pemain tersebut, yang kemudian diketahui merupakan seorang pria berusia 60 tahun bernama Chen, kedapatan bermain Pokemon Go demi sang cucu hingga memasuki area tempat hiburan yang juga terdapat Gym di dalamnya.

Artiket terkait  Kelebihan Laptop Microsoft Surface yang Pasti Bikin Kamu Ingin Punya

Hal serupa kembali terjadi. Namun, kali ini tidak sampai menelan korban jiwa. Seorang gamer Pokemon Go di Rusia diancam hukuman 3,5 tahun penjara. Apa yang menyebabkan ia bisa dituntut sebegitu lama? Ternyata, pria bernama Ruslan Sokolovsky ini bermain Pokemon Go di sebuah tempat yang tidak bisa dimasuki oleh orang secara bebas. Tempat tersebut adalah sebuah gereja dan Sokolovsky tertangkap kamera sedang bermain Pokemon Go di tempat itu.

Artiket terkait  Daftar Negara Penjual iPhone Termahal di Dunia

Tuduhan yang dijatuhkan pada Sokolovsky pun menjadi lebih berat karena tempat tersebut merupakan tempat ibadah. Ia dituduh menyebar kebencian dengan tidak menghargai gereja yang baru dibangun dan jaksa menuntutnya dengan hukuman penjara yang sudah disebutkan di atas. Terkait ancaman ini, Sokolovsky cukup menyesalkan sikap jaksa penuntut umum.

“Saya menyesal dengan hukuman itu. Lagipula, saya ‘kan tidak tahu bila tempat itu merupakan tempat terlarang dan saya tidak melakukan tindak kekerasan apa-apa,” ujar Sokolovsky.

Artiket terkait  Cara Melihat Akun Teman yang Memblokir Kita di Facebook

Saat ini, kuasa hukum Sokolovsky masih memperjuangkan keringanan untuk klienny karena statusnya yang masih merupakan seorang mahasiswa sekaligus pekerja paruh waktu. Selain itu, pengacara juga beranggapan bahwa hukuman yang dijatuhkan oleh jaksa cenderung memberatkan dan tidak masuk akal.

Selain kasus Sokolovsky, ada juga beberapa kasus lain yang telah menjadi peringatan keras bagi para pemain Pokemon Go untuk lebih berhati-hati. Kasus yang cukup terkenal adalah jatuhnya dua orang gamer Pokemon Go dari tebing akibat terlalu fokus bermain. Kejadian ini berlangsung di Encinitas, California, AS. Beruntung, keduanya tidak menderita luka berat.

About Bagas Dharma

Seorang penulis yang juga menekuni seni sulap dan suka sepakbola.