Home » News » Di Etiopia Ada Mesin Khusus untuk Beli Film Bajakan

Di Etiopia Ada Mesin Khusus untuk Beli Film Bajakan

atm film bajakan

Di Etiopia Ada Mesin Khusus untuk Beli Film Bajakan

“Aneh!” Satu kata itulah yang menggambarkan kemunculan sebuah mesin mirip dengan mesin ATM di Etiopia, namun fungsinya bukanlah untuk melakukan transaksi banking atau penarikan uang. Melainkan, mesin mirip ATM ini berfungsi untuk membeli film bajakan. Mesin ini terdiri dari satu buah layar besar serta slot USB. Selain itu, terdapat juga slot untuk memasukkan uang pembelian.

Film yang dijual di mesin ini pun sangat beragam. Selain itu, untuk menggunakan mesin ini, pembeli hanya perlu memasukkan uang sesuai dengan harga film bajakan itu. Cara mengambil filmnya pun hanya perlu menyambungkan media penyimpanan berupa flashdisk atau harddisk eksternal ke slot USB yang telah tersedia.

Baca :  Oppo F3 Series Akan Dirilis di 5 Negara Serentak

Setelah itu pembeli dapat memilih film bajakan yang mereka inginkan. Mesin ini akan secara otomatis menggandakan film tersebut ke dalam flashdisk atau Harddisk yang telah disambung lewat USB dan pembeli hanya perlu menunggu proses pemindahan data selesai.

Untuk harga sendiri, film-film bajakan yang dijual di mesin ini terbilang murah. Harga film berkisar antara 25 birr hingga 100 birr. Harga itu setara dengan 14 ribu rupiah hingga 58 ribu rupiah per filmnya. Anehnya lagi, film-film ini dapat dibeli dalam bentuk paket. Tidak jelas apakah film ini bisa dibeli secara satuan. Namun, dengan hadirnya paket penjualan ini, tentulah pembeli lebih tertarik dengan paket karena harganya pasti jauh lebih murah dari pembelian satuan.

Baca :  Situs Live Streaming untuk Nonton MotoGP

Usut punya usut, mesin pembelian film bajakan ini ternyata bukanlah hal yang dianggap main-main di sana. Mesin ini adalah produksi dari sebuah perusahaan bernama Escape Computing. Peredaran mesinnya pun sudah cukup luas di Etiopia, yakni di seluruh All Mart (sebuah jaringan minimarket di Etiopia). Akan ada seorang penjaga untuk mengatasi apabila mesin bermasalah.

Baca :  Xiaomi Mi 6 Akan Usung Kamera 30 MP?

Meski begitu, peredaran mesin film bajakan ini terbilang baru, yakni sejak awal 2017. Jadi, para penggemar film di Etiopia tidak perlu lagi pusing mengunduh film sendiri yang tentunya memakan kuota dan menghabiskan waktu cukup banyak.

Terkait informasi lisensi, tidak jelas apakah perusahaan Escape Computing ini sudah mengantongi lisensi film-film yang mereka jual atau belum. Namun, banyak pihak yang menduga bahwa film-film ini merupakan film bajakan yang diunduh secara ilegal melalui jaringan Torrents.

About Bagas Dharma

Seorang penulis yang juga menekuni seni sulap dan suka sepakbola.