Home » News » Waspada Jutaan Ponsel Android Bakal Terinfeksi Malware pada 2017

Waspada Jutaan Ponsel Android Bakal Terinfeksi Malware pada 2017

malware android

Waspada Jutaan Ponsel Android Bakal Terinfeksi Malware pada 2017

Perangkat Android selama ini disebut-sebut sebagai perangkat yang terbilang aman, dikarenakan model sistem operasinya yang bersifat open source. Sehingga, pembaharuan jadi lebih muda dilakuikan untuk alasan keamanan. Namun, apakah belakangan ini keamanan ponsel Android mulai diragukan. Inilah yang menjadi penyebab banyak pengguna ponsel berbasis Android yang mengeluhkan ponsel mereka terinfeksi malware.

Dikutip dari Android Centra, pangsa pasar Android mendominasi pasar smartphone akhir-akhir ini. Tak tanggung-tanggung, Android dinilai telah menguasai 70% pangsa pasar smartphone dunia. Banyaknya pengguna ini yang membuat para penjahat cyber mengincar Android sebagai target serangan mereka. Meski memang tak dapat dipungkiri bahwa ada pula penjahat cyber yang merancang virus untuk menyerang perangkat iOS dan Windows Mobile. Namun, target utama tetaplah Android.

Baca :  Apple Rencanakan Produksi GPU Secara Mandiri

Google sendiri sebenarnya telah mengatasi hal ini dengan terus membuat update dari Android. Di setiap update ini akan disertai sebuah patch yang dapat meningkatkan sistem keamanan Android itu sendiri. Sayangnya, banyak pengguna yang tidak menyadari pentingnya penggunaan patch untuk alasan keamanan. Alhasil, mereka menjadi tidak kebal terhadap virus-virus atau malware yang dibuat beberapa waktu belakangan ini. Jumlah ponsel Android yang terinfeksi malware pun terus meningkat sejak 2012.

Baca :  Ponsel Layar Lipat Samsung Akan Diujicoba Tahun Ini?

Pada tahun 2012, jumlah Android yang terkena malware hanyalah sekitar 200 ribu unit. Namun, pada 2013, nilai itu meningkat menjadi 1,1 juta unit. Jumlah itu terus mengalami kenaikan yang signifikan hingga akhirnya data pada tahun 2016 menunjukkan jumlah ponsel Android yang terinfeksi malware telah meningkat lebih dari 3 kali lipat, yakni tepatnya sebanyak 3,2 juta unit

Baca :  Cara Menghindari Malware di Android

Google pun mengingatkan para pengguna untuk rajin melakukan update software. Hal ini dapat dilakukan oleh para pengguna melalui produsen ponsel mereka masing-masing. Pasalnya, memang melalui produsenlah update dapat dilakukan. Beberapa produsen Android yang rajin memberi update berkala adalah LG dan Samsung. Meski begitu, peran pengguna juga tidak kalah pentingnya. Lakukanlah update software secara berkala pada ponsel Android Anda agar malware tidak mudah menginfeksi. Dengan begitu, ponsel Anda akan jauh lebih aman.

About Bagas Dharma

Seorang penulis yang juga menekuni seni sulap dan suka sepakbola.