Home » News » Mungkinkah Menjalankan Laptop Tanpa Harddisk?

Mungkinkah Menjalankan Laptop Tanpa Harddisk?

harddisk

Mungkinkah Menjalankan Laptop Tanpa Harddisk? (Foto: Jalantikus.com)

Saat ini hampir pengguna laptop atau PC sudah makin meluas. Namun, pernahkan Anda berpikir untuk mencoba menjalankan laptop tanpa harddisk? Nah, mungkin beberapa dari Anda pernah mencobanya. Atau mungkin saat Anda melakukan perawatan mesin komputer, Anda lupa menyambungkan harddisk-nya. Apa yang terjadi? Tentu, komputer tidak akan bisa menyala. Andaikan bisa, mungkin hanya akan menunjukkan layar hitam saja.

Lalu, apakah ada cara untuk menjalankan laptop atau komputer tanpa harddisk? Jawabannya, ada. Komputer atau laptop tetap bisa berjalan tanpa harddisk asalkan ada media penyimpanan lain yang menampung sistem operasi untuk menjalankannya. Media tersebut bisa saja flashdisk atau CD/DVD. Bagaimana caranya?

Selengkapnya :  AMD Ryzen 9 Akan Saingi Intel Core i9

Hal yang perlu Anda lakukan adalah cukup melakukan instalasi sistem operasi di dalam media penyimpanan portable, misalnya seperti USB flashdisk atau CD/DVD. Bahkan, bisa juga Anda coba menggunakan SD Card. Anda bisa mencoba SD Card tersedia slot SD Card di laptop, serta driver slotnya sudah diinstal terlebih dahulu. Lalu, Anda hanya perlu mematikan laptop atau PC dan mencabut harddisk-nya.

Selengkapnya :  Xiaomi Mi 6 Akan Usung Kamera 30 MP?

Setelah harddisk dicabut, silakan pasang media penyimpanan portabel yang telah terinstal sistem operasi di dalamnya. Lalu, nyalakan laptop atau komputer seperti biasa. Jika semuanya dilakukan dengan benar, dan bila laptop atau PC Anda mendukung booting via USB, CD/DVD atau SD Card, maka proses booting pasti akan langsung berjalan.

Sejauh ini, beberapa pengguna baru mencobanya dengan menggunakan sistem operasi berbasis Linux, sementara untuk Windows sendiri belum teruji keberhasilan booting via media selain harddisk internal. Namun, tidak salahnya untuk dicoba. Hal terpenting adalah melakukan backup data terlebih dahulu. Jadi andai terjadi kesalahan sistem yang menyebabkan Anda harus melakukan instalasi ulang, semua data telah ter-backup.

Selengkapnya :  Oppo F3 Series Akan Dirilis di 5 Negara Serentak

Satu hal yang penting untuk Anda perhatikan, pastikan hanya mencabut harddisk ketika komputer atau laptop Anda dalam keadaan sudah mati dan sumber listrik telah terputus. Hal ini bertujuan untuk mencegah adanya kerusakan harddisk, karena sebenarnya harddisk tidak boleh dicabut dalam keadaan teraliri arus listrik. Selamat mencoba.

About Bagas Dharma

Seorang penulis yang juga menekuni seni sulap dan suka sepakbola.