Menjajal Mac 7.0.1 dari Browser, Begini Penampilannya

0
70
Mac OS 7
Menjajal Mac 7.0.1 dari Browser, Begini Penampilannya (Foto: Macpoin)

Sebelum kita mengenal OS Sierra yang sedang populer belakangan ini, Apple pernah merilis OS mereka yang pertama kali pada tahun 1991. ‘Legenda’ Mac OS itu bernama System 7, yang juga dikenal dengan Mac OS 7. Sistem operasi itu diperkenalkan Apple sebagai bentuk dari beberapa pembaharuan yang ada.

Hal-hal baru yang diperkenalkan pada Mac OS 7 kala itu antara lain adalah virtual memory, personal file sharing, QuickTime, QuickDraw 3D, serta beberapa sentuhan baru di user interface. Meski terlihat biasa saja bila dibandingkan dengan OS masa kini, fitur-fitur tersebut sudah bisa dibilang sebagai fitur yang wah pada saat itu, tepatnya sekitar tahun 1991.

Diangkatnya berita mengenai fitur-fitur pada Mac OS 7 lantas membuat para penggemar Mac OS menjadi penasaran dan ingin merasakan fitur dari Mac OS 7 tersebut. Sebenarnya, para penggemar Mac OS bisa saja membeli Apple Computer kuno untuk merasakan OS lama dari Apple. Namun, sayangnya harga dari Apple Computer kuno sudah menjadi sangat mahal karena terbilang sebagai barang koleksi.

Tapi tenang, masih ada jalan untuk mencoba OS lama dari Mac, tepatnya Mac OS 7 ini. Cara yang bisa dilakukan adalah dengan masuk ke dalam sebuah situs web yang berisi emulator dari Mac OS 7. Jadi, yang perlu kalian lakukan adalah memasukkan keyword “Emulator Mac OS 7” di Google dan halaman emulator tersebut akan muncul di daftar awal hasil pencarian.

Halaman emulator tersebut juga memiliki fitur fullscreen dan fitur-fitur lainnya yang akan membawamu ke masa lalu dengan cara menghilangkan semua tampilan laptop atau PC kamu saat ini. Jadi, kamu akan benar-benar bisa merasakan pengalaman menggunakan Mac OS 7 secara penuh.

Dari emulator tersebut, nampaklah bahwa Apple memang cukup konsisten soal sistem antar-muka yang mereka gunakan. Jika kamu adalah pengguna setiap Mac OS masa kini, kamu tidak akan bingung dengan Mac OS 7 karena cara penggunaannya tidaklah jauh berbeda. Hal yang berbeda mungkin hanyalah soal tampilannya saja yang belum terlihat semenarik Mac OS saat ini.

Artiket terkait  iPhone 8 Didukung Qi Wireless Charging?
SHARE
Seorang penulis yang juga menekuni seni sulap dan suka sepakbola.