Home » Laptop » Tips Laptop » Tips Menggunakan Android File Transfer di Mac

Tips Menggunakan Android File Transfer di Mac

android file transfer

Tips Menggunakan Android File Transfer di Mac (Gambar: Droidpoin.com)

Pemindahan data dari Android ke PC merupakan hal yang sudah biasa dan sangat lumrah dilakukan. Hal ini biasa dilakukan baik untuk pemindahan data, baik itu foto, video, ataupun lagu. Namun, lain halnya dengan tranfer data dari Android ke Mac atau sebaliknya. Dua perangkat dengan platform yang berbeda itu kerap kali menemukan kendala saat dihubungkan. Namun, bukan berarti hal itu tidak mungkin untuk dilakukan. Ada satu cara yang dapat kamu tempuh untuk dapat melakukan transfer data dari Android ke Mac atau sebaliknya, dari Mac ke Android.

Untuk dapat melakukan pemindahan data dari Android ke Mac dan atau sebaliknya, kamu membutuhkan sebuah perangkat lunak atau software yang bernama Android File Transfer. Software inilah yang akan menjadi pintu gerbang transfer data antara Android dan Mac. Ikuti langkah-langkah berikut agar kamu dapat melakukan transfer data dari Android ke Mac dan sebaliknya.

Artiket terkait  Takut Baterai Laptop Habis Saat Bepergian? Lakukan Cara Ini
  1. Download dan Instal Android File Transfer. Silakan download dari situs resminya secara langsung karena sifatnya gratis. Jadi, usahakan untuk tidak mendownloadnya dari situs-situs tidak umum yang rawan akan virus, malware, dan lain sebagainya.
  2. Setelah instalasi dilakukan, sambungkan Android dan Mac menggunakan kabel data. Pastikan kabel data yang digunakan masih bekerja dengan baik dan tidak ada kerusakan.
  3. Jika kabel datanya tidak bermasalah dan Android terkoneksi dengan baik, maka aplikasi Android File Transfer pada Mac akan segera terbuka dengan sendirinya. Nantinya, aplikasi ini akan segera menunjukkan folder-folder di dalam perangkat Android yang terhubung. Kamu pun sudah mulai bisa menjelajahi folder-folder tersebut dan melihat-lihat file di dalamnya.
  4. Jika sudah terdeteksi seperti ini, kamu bisa melakukan pemindahan data, copy data, dan lain sebagainya layaknya saat kamu menghubungkan Android dengan PC berbasis Windows.
Gambar: Droidpoin.com

Gambar: Droidpoin.com

Begitulah cara melakukan transfer file dari Android ke Mac dan sebaliknya menggunakan software Android File Transfer. Jadi, untuk kamu yang berencana membeli Mac atau sudah memiliki Mac, jangan khawatir tentang bagaimana mengkoneksikan perangkat komputer tersebut dengan smartphone-mu yang bukan iPhone. Memang, dapat dikatakan bahwa akan lebih baik bila perangkatmu diganti menjadi Apple semua karena antar sesama Apple, koneksi yang terjalin akan menjadi lebih mudah dan lebih aman.

Artiket terkait  Hindarkan Laptop Anda dari Junkware dengan Cara Ini

Namun, hal itu tentu tidaklah terlalu penting. Tidak perlu memaksakan diri untuk membeli iPhone hanya karena kamu tidak tahu cara menghubungkan Android ke Mac atau sebaliknya. Yang perlu kamu lakukan hanyalah menggunakan software Android File Transfer yang sudah disediakan untuk Mac dan kamu bisa mengikuti langkah-langkah di atas yang sudah dijelaskan mengenai bagaimana cara melakukan transfer data dari Android ke Mac atau sebaliknya menggunakan software Android File Transfer.

Artiket terkait  Tips Internetan Gratis Menggunakan SSH

About Bagas Dharma

Seorang penulis yang juga menekuni seni sulap dan suka sepakbola.