Home » News » Microsoft Rilis Latop Saingan Macbook

Microsoft Rilis Latop Saingan Macbook

microsoft surface

Microsoft Rilis Latop Saingan Macbook (Gambar: Macpoin)

Apple memang telah lama diketahui sebagai produsen laptop eksklusif yang selalu dibundle denga OS Apple-nya. Laptop buatan Apple, yang lebih terkenal dengan nama Macbook, pun dibuat dengan beragam fitur yang mendukung operasional laptop seperti baterai tahan lama, kualitas tampilan layar, dan lain sebagainya. Sejauh ini, Macbook dapat dikategorikan sebagai laptop premium yang memiliki kualitas lebih baik bila disejajarkan dengan laptop lain di kelasnya.

Tak disangka-sangka, Microsoft, sebagai saingan terberat Apple sejak lama ternyata juga mulai merambah dunia produksi laptop. Hal ini pun terbukti dari rilisnya seri laptop Microsoft, yakni Microsoft Surface. Bagi para penggemar gadget yang kebetulan ingin mengganti laptop mereka ke seri terbaru, hal ini jelas membuat bingung. Jika dahulu pilihan mereka sudah jelas, yakni Macbook, kali ini agaknya mereka tergoyahkan dengan hadirnya Microsoft Surface yang juga merupakan laptop High-End. Lantas, manakah di antara keduanya yang terbaik?

Baca :  Tips Membedakan Laptop Asli dan Rakitan

Berbeda denga Surface Pro atau Surface Book yang telah dirilis sebelumnya di mana keunggulan kedua laptop tersebut adalah mode hybrid sebagai laptop atau tablet, Surface Laptop kali ini hadir benar-benar menyerupai laptop, bahkan bisa dikatakan tampak seperti menantang Macbook.

Keunggulan dari Surface Laptop adalah ketahanan baterinya. Microsoft mengklaim bahwa baterai yang ditanamkan pada Microsoft Surface Laptop bisa tahan hingga 14,5 jam. Waktu ini jelas lebih lama dibandingkan baterai Macbook yang hanya tahan selama 12 jam.

Baca :  Tips Merawat Baterai Laptop yang Non-Removable

Terkait dengan penyimpanan, Surface Laptop juga dibuat menyerupai Macbook. Kamu dapat memilih penyimpanan antara 128GB, 256GB, 512GB, hingga 1TB. Semua jenis tersebut sudah menggunakan SSD yang berkecepatan tinggi.

Selain soal penyimpanan, Microsoft juga mempertahankan perihal penggunaan hi-tech. Surface Laptop mendukung Surface Pen, Touchscreen, dan Surface Dial. Mode pengoperasian itu akan sangat cocok untuk berbagai penggunaan, salah satunya adalah penggunaan di seri Microsoft Surface Studio.

Baca :  Akan Ada Kejutan Istimewa Nintendo di E3 2017

Sayangnya, Microsoft Surface Laptop dijual dengan OS Windows 10S, yakni Windows 10 yang dapat dikatakan sebagai versi yang “tidak berkekuatan penuh”. Alhasil, ada beberapa fitur atau aplikasi yang mungkin tidak didukung apabila pengguna mempertahankan OS ini.

About Bagas Dharma

Seorang penulis yang juga menekuni seni sulap dan suka sepakbola.