Home » Smartphone » Tips Smartphone » Tips Memindahkan File dari Andorid ke iPhone

Tips Memindahkan File dari Andorid ke iPhone

Memindahkan File dari Andorid ke iPhone

Tips Memindahkan File dari Andorid ke iPhone (Gambar: whistleout.com)

Setiap kali berganti ponsel, kita akan dihadapkan pada sulitnya mendapatkan kembali data yang telah kita simpan di ponsel yang lama. Cara yang ditempuh pun beragam, dari mulai memindahkan file secara manual melalui komputer, atau menggunakan SD Card secara sekaligus. Namun, bagaimana kalau kita berpindah dari Android ke iPhone?

Seperti yang kita ketahui bahwa iPhone memiliki sistem keamanan yang cukup tangguh. Artinya, kamu tidak akan diijinkan untuk semena-mena melakukan transfer data. Ada 2 cara yang bisa dilakukan untuk dapat memindahkan file dari Android ke iPhone. Berikut adalah ulasannya.

1. Photosync

photosync

Aplikasi ini berguna untuk memindahkan file dari Android ke iPhone. Salah saatu keunggulan dari aplikasi ini adalah keutuhan file saat dikirim. Jadi, Anda tidak perlu khawatir bila file yang ditransfer mengalami kompresi otomatis di tengah pengiriman. Hal ini biasanya akan berujung pada kerusakan file atau foto yang menjadi blur.

Artiket terkait  Ini Inspirasi Kreatif untuk Mempercantik Grid Instagram

Untuk dapat melakukan pengiriman file, apliaksi Photosync memiliki pilihan koneksi yang antara lain adalah Wifi, personal hotspot, atau bluetooth. Dengan begitu, proses transfer file akan menjadi lebih mudah.

Cara kerjanya adalah dengan mengunggah file pada Android ke sistem penyimpanan Cloud. Lalu, Anda hanya perlu menggunakan iPhone untuk mengunduh file-file tersebut.

2. Menggunakan Komputer dan iTunes

itunes

Proses ini terbilang proses yang cukup rumit. Namun, cara ini juga dapat dikatakan sebagai cara teraman dan terjamin dalam memindahkan file dari dan ke iPhone. Caranya adalah sebagai berikut.

  • Pindahkan data dari Android ke komputer
  • Download dan install aplikasi iTunes pada laptop
  • Hubungkan iPhone dengan laptop hingga terdeteksi oleh iTunes
  • Pilih pada foto yang ingin dipindahkan. Lalu klik “Sync Photo Form” lalu pilih folder di mana kita menyimpan foto-foto dari Android tadi. Perlu diketahui bahwa proses ini juga bisa dilakukan terhadap video.
  • Jika sudah, klik Apply.
  • Jika proses sudah selesai, maka foto atau video yang Anda pindahkan tadi telah ada di iPhone Anda.
Artiket terkait  Bukan Sulap, Ini Cara Kendalikan Smartphone Tanpa Sentuhan Tangan

Itu adalah cara untuk memindahkan foto dan juga video. Lalu, bagaimana dengan file musik? Berikut caranya.

  • Sama dengan langkah memindahkan foto, pertama pindahkan lagu dari Android ke laptop.
  • Download dan instal iTunes pada laptop.
  • Pilih Music dan pilih dari folder di mana Anda menyimpan musik dari Android tadi.
  • Klik Sync dan Apply
  • Kini, lagu-lagu yang Anda pindahkan dari Android telah ada di iPhone Anda dan siap untuk didengarkan kapan saja.
Artiket terkait  Sebelum Membeli Smartphone, Perhatikan Lima Hal Ini

Itulah kira-kira 2 cara memindahkan file dari Android ke iPhone. Dalam menjalankan proses-proses ini, Anda harus tetap bersabar, karena mungkin proses perpindahannya memakan waktu. Jadi, jangan panik apabila tiba-tiba proses tampak seperti berhenti di tengah jalan. Jangan tutup aplikasi, terutama iTunes, kecuali Anda merasa aplikasi tersebut benar-benar macet dan tidak mungkin dilanjutkan penggunaannya lagi.

About Bagas Dharma

Seorang penulis yang juga menekuni seni sulap dan suka sepakbola.