Cara Membuat Ringtone Unik di iPhone

0
247
ringtone iphone
Cara Membuat Ringtone Unik di iPhone (Foto: MacPoin)

iPhone merupakan sebuah ponsel yang memiliki kualitas yang sangat baik. Hal ini pun diakui oleh banyak pengguna iPhone. Dari mulai kualitas fisik hingga kualitas perangkat lunaknya, iPhone memang telah menjadi yang terpilih dari banyak pengguna smartphone.

Sayangnya, terpilihnya iPhone sebagai ponsel pintar terbaik juga dibarengi dengan adanya nada dering serupa yang terdengar di mana-mana. Pihak iPhone sendiri tidak mengijinkan download ringtone atau semacamnya, ini pula yang menjadi alasan mengapa banyak orang masih menggunakan nada dering yang sama. Nah, jika kamu ingin mengganti nada dering iPhone kamu agar menjadi unik, ikuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Buka iTunes dari PC atau Mac kamu. Pastikan dulu bahwa iTunes yang kamu buka itu adalah iTunes versi terbaru.
  2. Pilih lagu yang akan kamu jadikan nada dering dan simpan dengan cara drag and drop atau melalui File > Add to Library.pilih lagu
  3. Karena Nada Dering iPhone hanya bisa dibuat sampai 30 detik saja, maka potonglah lagu tersebut dengan durasi 30 detik atau kurang. Cara memotongnya adalah dengan klik kanan pada lagu tersebut dan klik “Get Info”. Lalu isikan menit Start dan Stop-nya. Artinya, kamu bisa memotong lagu dari posisi manapun, tidak harus dari awal.durasiget info
  4. Setelah itu, buka File > Convert > Create AAC version. Langkah ini dilakukan untuk mengubah format lagu dari MP3 menjadi AAC.aac
  5. Copy lagu yang sudah menjadi AAC tersebut ke desktop atau folder lain dengan drag and drop.
  6. Format dari lagu itu adalah .m4a, untuk menjadikannya nada dering iPhone, kamu perlu mengubahnya menjadi .m4r. Pengguna Mac dan Windows dapat melakukannya denganc ara yang berbeda.
  • Pengguna Mac: Saat muncul konfirmasi, tekan Use .m4r.
  • Pengguna Windows: Buka File Explorer Options, pada tab views, hilangkan centang “Hide extensions for known file types”. Jika sudah, silakan kembali ke file lagu tadi dan ganti ujung ekstensinya dari .m4a menjadi .m4r dengan cara “Rename”.
  1. Hapus file AAC dari lagu tersebut yang masih tersimpan di dalam iTunes agar tidak terjadi bentrok data.
  2. Masukkan nada dering yang telah berformat .m4r tadi ke dalam iTunes. Format dari lagu ini akan membuatnya terdeteksi sebagai Tones.
  3. Hubungkan iPhone ke komputer kamu. Klik logo iPhone yang muncul di iTunes. Lalu pilih Tones > Sync Tones > Selected Tones > centang pada nada dering tadi > Apply > Done.
  4. Sekarang, kamu bisa mengubah nada dering iPhone kamu dengan cara biasa melalui Settings.

Begitulah caranya. Meski rumit, ini adalah prosedur yang menjadikan iPhone cukup aman untuk digunakan. Jadi, silakan mencoba.

Artiket terkait  Paket Internet Telkomsel SimPATI Tebaru Bulan Maret
SHARE
Seorang penulis yang juga menekuni seni sulap dan suka sepakbola.