Cara Mudah Menghubungkan iPhone ke PC/Laptop

0
1289
iphone ke pc
Cara Mudah Menghubungkan iPhone ke PC/Laptop (Foto: Macpoin)

Memiliki iPhone atau iPad terkadang menciptakan dilema tersendiri bagi para penggunanya. Selain karena aplikasi ponsel ini kebanyakan berbayar, pengguna juga sering mengalami kesulitan ketika ingin melakukan transfer data dari ponsel ke PC/laptop dan sebaliknya. Hal ini pun memang merupakan sebuah fitur tambahan dari iPhone yang berfungsi untuk menjaga keamanan ponsel itu sendiri. Tak disangka, di kemudian hari fitur keamanan ini justru membatasi gerak penggunanya.

Tidak ada yang bisa banyak dilakukan pengguna iPhone. Mereka hanya bisa menjalin koneksi kabel data antara iPhone dan komputer buatan Mac juga seperti Macbook. Namun, tidak semua orang mampu memiliki Macbook dan iPhone karena harga kedua benda itu sangat mahal. Oleh karena itu, berikut ini akan dipaparkan sebuah tutorial mengenai cara menyambungkan iPhone dengan PC yang berbasis Windows supaya kamu bisa mengcopy data tanpa harus menggunakan Macbook.

  1. Download iTunes. Ya, aplikasi ini merupakan gerbang utama penghubung antara iPhone dengan komputer kamu. Untuk mendapatkan iTunes untuk Windowsn, kamu hanya perlu membuka situs resmi Apple. Mereka sudah mengantisipasi adanya percobaan untuk menghubungkan iPhone dan komputer Windows sehingga produk iTunes for Windows pun diluncurkan.
  2. Instal iTunes dengan prosedur yang sesuai.
  3. Jika sudah diinstal, maka hubungkan ponsel iPhone Anda ke komputer Windows tersebut dengan menggunakan kabel data.
  4. Jika kabel data Anda tidak rusak atau tidak ada kendala fisik lainnya, seharusnya iPhone Anda akan terdeteksi oleh Windows.iphone ke pc 1
  5. Setelah terhubung, kamu akan diminta untuk melakukan backup atau pencadangan data pada ponsel. Klik pada pilihan “OK” atau sejenisnya yang menandakan bahwa kamu setuju untuk melakukan backup.
  6. Dalam melakukan pencadangan, kamu akan disuruh memilih apakah data yang dicadangkan tersebut akan dienkripsi atau tidak. Silakan pilih secara bebas. Perlu diketahui Enkripsi adalah salah satu metode untuk mengacak data sehingga tidak dapat dicuri mentah-mentah oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Untuk alasan keamanan, kamu disarankan untuk memilih pilihan enkripsi.iphone ke pc 2
  7. Setelah proses backup selesai, kamu bisa segera menghubungkan iPhone dengan komputer Windows-mu.

iphone ke pc 3

Itulah langkah-langkah yang bisa kamu ambil untuk dapat menghubungkan ponsel iPhone ke komputer berbasis Windows. Perlu diketahui bahwa hal ini bukanlah semacam trik atau crack, melainkan memang cara yang legal dan diperbolehkan oleh Apple, walay caranya agak terkesan rumit.

Hal yang membedakan iPhone dari ponsel lain adalah kemunculannya yang harus melalui iTunes. Untuk soal komputer, iTunes memang telah lama digunakan dan dipercaya oleh Apple sebagai perangkat lunak yang menjembatani berbagai gadget, baik gadget Apple maupun non-Apple. Jadi begitulah, dengan menggunakan iTunes, sekarang kamu bisa menggunakan iPhone-mu untuk menyimpan banyak data dari komputer Windows.

Artiket terkait  Bagaimana Cara Transfer File Antar Laptop Tanpa Flashdisk?
SHARE
Seorang penulis yang juga menekuni seni sulap dan suka sepakbola.