Home » Laptop » Tips Laptop » Cara Mencegah Agar Aplikasi MAC Tidak Tetutup dengan Command Q

Cara Mencegah Agar Aplikasi MAC Tidak Tetutup dengan Command Q

comand q

Cara Mencegah Agar Aplikasi MAC Tidak Tetutup dengan Command Q (Foto: Macpoin)

Pernah mengalami kesulitan akibat tertutupnya suatu aplikasi sebelum disimpan? Ya, hal ini sering terjadi pada pengguna MAC. Penyebab utamanya tidak lain dan tidak bukan adalah adanya sebuah tombol shortcut yang akan menutup semua aplikasi yang sedang dijalankan. Shortcut ini adalah Command + Q atau CMD + Q. Sayangnya, shortcut ini terkadang menutup aplikasi begitu saja tanpa membuat kita sempat menyimpannya. Jika sudah begini, akan sulit bagi kita untuk melakukan sebuah data recovery.

Sebenarnya, shortcut ini bisa diatur menggunakan aplikasi. Kali ini, kita akn membahas sebuah aplikasi yang akan mengatasi masalah Anda yang berkaitan dengan shortcut CMD + Q tersebut. Langkah-langkah yang bisa Anda lakukan menggnakan software yang disebut CommandQ untuk dapat mencegah shortcut CMD + Q menutup aplikasi Anda tanpa sengaja adalah dengan mendownload, menginstal, dan menjalankannya. Begitu saja.

Artiket terkait  Cara Browsing di Google Chrome Tanpa Kuota Internet

comandq

Prinsip kerja dari aplikasi ini sangatlah sederhana. Aplikasi CommandQ tidak mengubah registry shortcut. Ia juga tidak menonaktifkan Shortcut CMD + Q untuk mencegah penutupan aplikasi secara paksa. Yang dilakukan oleh aplikasi ini hanyalah memberikan sebuah perintah tambahan yang berkaitan dengan shortcut tersebut. Perintah tambahan inilah yang mencegah shortcut untuk melakukan aksinya secara langsung ketika ditekan.

Dengan menggunakan aplikasi ini, maka Anda tidak perlu khawatir menekan Shortcut itu tanpa sengaja. Hal ini dikarenakan shortcut itu akan memiliki sebuah fungsi baru sebelah ditekan, yakni akan ada pemberitahuan bahwa shortcut itu harus ditahan selama beberapa saat untuk benar-benar meyakinkan bahwa Anda memang ingin menutup aplikasi tersebut. Jika Anda secara tidak sengaja menekan shortcut itu, maka aplikasi tidak akan tertutup karena Anda tidak menahannya selama beberapa saat.

Artiket terkait  Tips Ampuh Backup Data di Drive C Tanpa Aplikasi Khusus

hold to quit

Instalasi aplikasi ini juga terbilang mudah. Anda hanya perlu mengunduhnya dan menginstalnya layaknya aplikasi lainnya. Jika sudah diinstal, maka Anda bisa segera menjalankannya untuk mencegah penutupan aplikasi secara paksa. Ketika sedang berjalan, software ini dapat ditempatkan sebagai software latar belakang. Artinya, Anda tidak perlu membuka dan menutup aplikasi ketika ingin atau selesai menggunakannya.

Artiket terkait  Punya Laptop Jadul? Lakukan Ini Supaya Performanya Tetap Gahar

Kemudahan penggunaan CommandQ ini telah membuat aplikasi ini dijalankan oleh banyak pengguna MAC. Bagaimana tidak, hanya dengan satu aplikasi, Anda bisa menyelamatkan pekerjaan yang telah Anda buat dalam waktu yang cukup lama.

Jadi, dengan menggunakan aplikasi CommandQ, maka Anda secara otomatis mendapatkan sedikit rasa nyaman saat mengerjakan pekerjaan menggunakan MAC. Tidak ada lagi cerita di mana Anda kehilangan banyak sekali dokumen pekerjaan hanya karena shortcut. Selain itu, Anda juga harus mendukung keamanan data Anda sendiri dengan tidak lupa menyimpan bekerjaan Anda secara berkala. Bila perlu, buatlah sebuah backup data bila hal-hal ini cukup tiba-tiba aplikasi CommandQ berhenti dan shortcut CMD + Q tertekan lagi.

About Bagas Dharma

Seorang penulis yang juga menekuni seni sulap dan suka sepakbola.