Home » News » AMD Ryzen 9 Akan Saingi Intel Core i9

AMD Ryzen 9 Akan Saingi Intel Core i9

core i9 ryzen 9

Sumber: Telkomgaming.co.za

Tujuh tahun yang lalu, prosesor seri Core i-series besutan Intel dengan performa tertinggi dirilis. Hanya dalam waktu yang singkat, seri ini pun langsung menjadi primadona di masyarakat. Bahkan Core i7 menjadi raja di antara prosesor-prosesor top yang ada. Akan tetapi, dominasi baru di pasaran pun tampaknya akan segera dimulai. Bukan hanya Intel, tapi kali ini AMD juga akan ikut campur.

Tahun ini akan menjadi sangat menarik bagi para pengagum teknologi terbaru. Pasalnya, dua perusahaan teknologi raksasa itu tengah berlomba untuk menciptakan prosesor baru dengan performa yang lebih tinggi dari seri-seri sebelumnya yang pernah ada. Adalah Intel, yang saat ini tengah mengerjakan Intel Core i9. Kemudian AMD, belakangan ini disebut-sebut sedang mempersiapkan produk serupa untuk menyaingi i9 bernama Ryzen 9.

Selengkapnya :  Permintaan Nintendo Switch Bikin Produsen Kewalahan

Beberapa waktu lalu kabar mengenai Intel Core i9 memang sudah terlebih dahulu membuat heboh. Berawal dari slide yang bocor, terpampang tabel yang menunjukkan prosesor Intel generasi terbaru. Disebutkan kalau prosesor itu akan dirilis pada akhir tahun 2017 ini. Platform ini konon akan mendukung memori DDR4. Menariknya, pada tampilan slide tersebut juga terlihat informasi mengenai varian Core i9, yang akan mengusung 10-12 core. Jika informasi tersebut memang benar, maka Core i9 pastinya akan menjadi jajaran teratas paling baru dalam seri prosesor Core i-series.

Selengkapnya :  Apple Rilis iPhone 7 Edisi Khusus Berwarna Merah

intel amd

Akan tetapi, belakangan ini kemudian muncul rumor mengenai Ryzen 9, prosesor terbaru yang tengah digarap AMD, yang akan turut meramaikan pasar High-end Desktop (HEDT). Ryzen 9, yang sebelumnya mempunyai codename Threadripper ini, kabarnya akan dibuat dalam 9 model yang berbeda. Masing-masing juga akan mempunyai kecepatan serta konfigurasi core yang berbeda pula.

Jika dibandingkan dengan spesifikasi dari Intel Core i9 yang sempat bocor tadi, core yang akan dimuat pada prosesor garapan AMD ini lebih banyak. Namun, Intel masih lebih unggul soal kecepatan. Dengan banyaknya jumlah core itu, AMD Ryzen 9 ini terbukti memang memfokuskan pada gaming. Pastinya produk berlabel Ryzen ini lebih akan dari cukup untuk kebutuhan CPU gaming.

Selengkapnya :  Puluhan Juta Orang Masih Main Pokemon GO!

Pada 30 Mei mendatang, AMD akan menghadiri acara Computex, salah satu konvensi hardware PC terbesar di dunia. Jadi soal konfirmasi kehadiran Ryzen 9 ini, mungkin akan disampaikan lebih detil oleh pihak AMD di acara tersebut.

About Bagas Dharma

Seorang penulis yang juga menekuni seni sulap dan suka sepakbola.