Home » Laptop » Tips Laptop » Cara Mencegah dan Mengatasi Virus Ransomware WannaCry

Cara Mencegah dan Mengatasi Virus Ransomware WannaCry

ransomware wannacry

Cara Mengatasi dan Mencegah Virus Ransomware WannaCry (Foto: Kompas Tekno)

Belum lama ini ransomware komputer mewabah pada jaringan komputer di sekitar 100 negara di dunia. Jenis virus komputer yang menyerang Windows ini dinilai berbahaya, karena berpotensi mengunci semua file yang ada di komputer korban. Sesuai dengan namanya, ransomware, program jahat ini akan meminta tebusan kepada si korban apabila ingin file mereka yang terkunci bisa kembali lagi. Adapun nilai tebusan yang diminta adalah $300 dalam bentuk Bitcoin.

Bukan hanya komputer pribadi, akan tetapi berbagai jaringan komputer publik di seluruh penjuru dunia ikut terkena dampaknya. Akibat terinfeksi ransomware WannaCry, aktivitas online di rumah sakit, bandara, SPBU, hingga instansi pemerintahan sempat lumpuh beberapa jam. Belakangan, kabarnya ransomware tersebut sudah berhenti penyebarannya. Namun, tidak ada salahnya kalau Anda juga melakukan langkah antisipasi supaya komputer Anda terbebas dari ancaman Wannacry.

Artiket terkait  Cara Memperbaiki DVD ROM Laptop yang Error

Mencegah Ransomware WannaCry

  1. Pertama-tama putuskan sambungan internet dan WiFi untuk mencegah infeksi virus.
  2. Perbarui keamanan Windows dengan patch MS17-010. Anda dapat mengunduhnya di situs resmi Microsoft atau di sini. Jika Anda masih menggunakan OS Windows XP dan Vista, disarankan untuk memasang Windows versi yang lebih baru, karena Microsoft sudah tidak mendukung pembaharuan pada dua OS lawas mereka itu.
  3. Matikan fungsi macros.
  4. Matikan fungsi SMB v1.
  5. Blokir port 139/445 dan port 3389.
  6. Jangan lupa untuk meng-update software antivirus di komputer Anda. Pasang juga software antiransomware.
  7. Jika ada file penting di komputer Anda, seperti tugas sekolah, pekerjaan atau proyek lainnya, lebih baik segera backup ke flashdisk atau tempat lain yang tidak terhubung dengan jaringan internet. Anda juga bisa unggah file tersebut ke online storage supaya lebih aman.
Artiket terkait  Cara Menambah VRAM Intel HD untuk ‘Angkat’ Game Berat di Laptop

Mengatasi Ransomware Wannacry

Nah, apabila komputer Anda sudah terlanjur terinfeksi oleh virus ini, jangan panik atau langsung membayar tebusan seperti yang diminta oleh program tersebut. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menyelamatkan file Anda.

  1. Masuk ke Windows dalam mode aman atau Safe Mode.
  2. Pada menu Safe Boot, pilih minimal dan restart komputer Anda.
  3. Setelah masuk ke Windows, buka Control Panel > Folder Option > Show Hidden File > klik Apply.
  4. Tekan tombol Windows + R > tulis “msconfig” > Startup > Disable program-program yang mencurigakan di sana.
  5. Periksa juga semua folder berikut ini %TEMP%, %APPDATA% dan %ProgramData%. Kalau ada folder dengan nama WannaCry, segera hapus.
  6. Anda juga perlu memeriksa direktori host file di direktori C:\windows\System32\drivers\etc. Buka menggunakan notepad dan hapus situs yang mencurigakan.
  7. Nonaktifkan lagi Safe Mode, lalu restart komputer Anda.
Artiket terkait  Tips Sederhana Memperbaiki Keyboard Laptop yang Error

Sekarang Anda sudah bisa lagi membuka file atau folder yang terenkripsi oleh ransomware Wannacry. Tapi jika masih ada virus tersebut, coba masukkan kode berikut ini: [email protected] Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

About Bagas Dharma

Seorang penulis yang juga menekuni seni sulap dan suka sepakbola.