Home » Laptop » Tips Laptop » Cara Menginstal Windows dari Flashdisk

Cara Menginstal Windows dari Flashdisk

Cara Menginstal Windows dari Flashdisk

Cara Menginstal Windows dari Flashdisk (Foto: opencomputinginstitute.com)

Instalasi Windows 7 memang dapat dikatakan sebagai suatu proses yang gampang-gampang sulit. Bisa dikatakan gampang apabila Anda sudah terbiasa melakukannya, namun terbilang susah bila Anda belum pernah dan baru akan mencobanya.

Nah, kali ini kita akan membahas tentang bagaimana cara instal Windows 7 menggunakan USB atau bootable flashdisk. Sebelum memulai pembahasan, alangkah baiknya bila Anda mempelajari terlebih dahulu cara membuat USB atau flashdisk bisa menjadi bootable (istilah bagi media penyimpanan yang dapat dibuka saat proses booting berlangsung). Intinya, Anda harus bisa membuat USB Flashdisk terbaca dan bisa dibuka tanpa harus masuk ke dalam sistem operasi.

Cara membuat USB menjadi bootable bisa dilakukan dengan menggunakan software seperti Power ISO misalnya. Selain itu, banyak software lainnya juga yang tersedia di internet untuk membuat sebuah media penyimpanan menjadi media yang bootable. Jadi, silakan coba berbagai macam software tersebut.

Selengkapnya :  Jagalah LCD Laptop dengan Benar Supaya Awet

Jika Flashdisk Anda sudah siap dan bisa dibuka melalui booting, maka kini saatnya kita mempelajari bagaimana cara menginstal Windows 7 melalui Flashdisk.

  1. Pertama-tama tancapkan dulu flashdisk ke port USB. Nyalakan laptopnya, lalu saat awal proses booting, yakni saat muncul layar hitam yang menandakan bahwa laptop sudah menyala namun sistem operasinya belum terbuka, tekan sebuah tombol untuk masuk ke menu BIOS. Tombol ini bisa sangat beragam, bergantung pada merek laptop atau PC. Biasanya, tombol-tombol yang bisa masuk ke menu BIOS antara lain adalah F8, F10 atau DEL. Jadi, silahkan Anda coba-coba sendiri.
  2. Jika sudah masuk ke dalam menu BIOS, maka Anda bisa membuka pengaturan atau
  3. Pada menu Boot Anda akan melihat sebuah pilihan media untuk melakukan proses booting.
  4. Anda akan melihat daftar media penyimpanan yang ada di laptop dan pastikan nama flashdisk yang tadi ditancapkan juga terdapat di sana. Jika tidak, mungkin port USB bermasalah atau ada yang dalam langkah pembuatan flashdisk menjadi bootable, silahkan cek lagi dari awal.
    Foto: WInpoin.com

    Foto: WInpoin.com

  5. Jika nama flashdisk Anda ada di sana, maka yang Anda lakukan hanyalah memindahkan flashdisk tersebut ke urutan paling atas. Biasanya dengan menekan tombol ”+”. Dengan begitu, maka proses booting akan secara otomatis dilakukan melalui flashdisk.
  6. Jika sudah dipindahkan ke atas, maka keluarlah dari BIOS. Jangan lupa untuk melakukan penyimpanan pengaturan.
    Foto: WInpoin.com

    Foto: WInpoin.com

  7. Nyalakan laptop kembali dan Anda akan melihat sebuah perintah untuk menekan suatu tombol untuk memicu booting melalui USB Flashdrive.
  8. Anda akan masuk proses instalasi Windows 7.
    Foto: WInpoin.com

    Foto: WInpoin.com

    Foto: WInpoin.com

    Foto: WInpoin.com

  9. Tunggu hingga proses instalasi selesai dan laptop atau PC Anda me-restart. Sebelum booting, segera cabut flashdisk supaya tidak terjadi looping atau pengulangan proses instalasi.
Selengkapnya :  Begini Cara Main Game di PC Tanpa VGA di PC

Perlu diperhatikan bahwa apabila tidak terjadi apa-apa setelah booting dilakukan melalui flashdisk, maka kemungkinan ada file yang korup di dalam flashdisk. Jika ini terjadi, maka silakan copy ulang seluruh file instalasi ke dalam flashdisk. Setelah itu, lakukan proses booting kembali dari flashdisk seperti yang tadi dijelaskan.

About Bagas Dharma

Seorang penulis yang juga menekuni seni sulap dan suka sepakbola.