Home » Laptop » Tips Laptop » Cara Membuat Instaler Windows di Flashdisk

Cara Membuat Instaler Windows di Flashdisk

Cara membuat Instaler Windows di Flashdisk

Cara Membuat Instaler Windows di Flashdisk (Foto: Techfrag.com)

Instaler Windows memang merupakan suatu hal yang sering kita lupakan keberadaannya. Oleh karena itu, banyak yang menyarankan untuk menyimpan instaler Windows di dalam CD bawaannya saja. Lantas, bagaimana bila laptop yang akan diinstal tidak memiliki CD ROM? Inilah pentingnya memiliki instaler windows di flashdisk atau flash drive. Meskipun sebenarnya proses instalasi masih dapat dilakukan melalui DVD ROM eksternal, namun menggunakan flashdisk akan jauh lebih mudah.

power iso

Cara Membuat Instaler Windows di Flashdisk

Untuk memasukkan instaler windows di dalam flashdisk, ada beberapa hal yang harus dilakukan. Hal-hal tersebut termasuk dalam memodifikasi flashdisk terlebih dahulu sebelum melakukan proses copy paste. Hal ini dilakukan agar nantinya flashdisk dapat dimuat melalui BIOS untuk proses instalasi yang tidak masuk windows terlebih dahulu. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Artiket terkait  Jagalah LCD Laptop dengan Benar Supaya Awet
  1. Download dan instal software Power ISO. Software ini berperan untuk membuat sebuah flashdisk menjadi bootable drive atau drive yang bisa dimuat dalam proses booting.
  2. Buka software tersebut dan pilih menu Tools-Create Bootable USB Drive
  3. Setelah itu, akan muncul sebuah jendela baru untuk proses pembuatan bootable usb drive tadi. Pilih tab Search Image Files dan carilah dimana instaler windows diletakkan di dalam directory laptop Anda. Lalu klik open.
  4. Pada tab Destination USB, pilihlah drive USB yang ingin dijadikan sebagai bootable USB. Dengan kata lain, pilihlan flashdisk yang sudah Anda colokkan.
  5. Klik start dan proses akan segera mulai.
  6. Tunggu proses berjalan dengan semestinya. Proses ini biasanya membutuhkan waktu sekitar 10 menitan.
  7. Jika sudah selesai, klik OK dan close.
  8. Saat ini, flashdisk sudah bisa digunakan sebagai bootable USB drive untuk instalasi windows.
Artiket terkait  Laptop Mulai Lemot? Perhatikan 4 Hal Ini Sebelum Upgrade RAM

Tips Menginstal Windows dengan Bootable USB

Sementara itu, untuk dapat mengakses bootable USB ketika proses Booting sedang berjalan, maka Anda hanya perlu melakukan beberapa langkah saja yakni sebagai berikut:

  1. Nyalakan laptop seperti biasa.
  2. Ketika masuk booting (sebelum logo Windows muncul), tekan tombol DEL atau F10 (mungkin saja berbeda, tergantung jenis merek laptop Anda).
  3. Anda akan masuk ke dalam BIOS.
  4. Setelah masuk, cari menu BOOT dan perhatikan pilihan “Boot priority order”.
  5. Pilihan tersebut akan memuat sebuah daftar mengenai drive prioritas yang akan digunakan sebagai media booting. Dalam pengaturan default, maka list yang pertama adalah harddisk. Pindahkan urutan USB menjadi nomor 1. Dengan begitu, Anda dapat booting melalui USB tersebut dan melakukan instalasi Windows.
Artiket terkait  Cara Menambah VRAM Intel HD untuk ‘Angkat’ Game Berat di Laptop

Harap diperhatikan bahwa flashdisk harus memuat Windows saja, tanpa file apapun. Selain itu, instaler Windows juga sebaiknya tidak diletakkan di dalam folder karena proses booting kemungkinan besar akan terhambat apabila instaler windows dimasukkan ke dalam folder di dalam flashdisk. Selamat mencoba.

Catatan:

Setelah proses instal Windows selesai, sebaiknya segera cabut flashdisk saat restart. Sebab, jika flashdisk masih terus terpasang, pasti akan terjadi looping atau mengulang proses instal Windows secara terus menerus.

About Bagas Dharma

Seorang penulis yang juga menekuni seni sulap dan suka sepakbola.