Home » Laptop » Tips Laptop » Tips Memunculkan Subtitle Otomatis di Video Facebook

Tips Memunculkan Subtitle Otomatis di Video Facebook

memunculkan subtitle di video facebook

Tips Memunculkan Subtitle Otomatis pada Video Facebook (Gambar: www.minibigtech.com)

Menonton video di internet, terutama video yang memuat informasi atau film berbahasa asing, memang tidaklah lengkap tanpa adanya subtitle. Hal ini juga berlaku pada berbagai video pendek yang biasa dibagikan di media sosial Facebook. Meski mungkin hampir semua video dibuat dalam Bahasa Inggris, dan juga para pengguna internet kebanyakan sudah paham bahasa tersebut, tetap saja subtitle merupakan sesuatu yang dianggap penting bagi beberapa orang.

Nah, untuk menampilkan subtitle pada video yang dibagikan di Facebook, ada beberapa langkah yang harus Anda tempuh. Berikut penjelasan selengkapnya.

  1. Buka Facebook melalui komputer. Hal ini dikarenakan pengaturan teks subtitle tidak ada di pengaturan melalui mobile.
  2. Pengaturan awal atau default dari Facebook adalah tidak menampilkan subtitle pada video. Oleh karena itu, lakukan pengaturan melalui “Settings”, kemudian pilih “Video”. Kemudian aktifkan pilihan “Always Show Captions”.
    aktifkan-tampilkan-teks

    Gambar: Jalantikus.com

  3. Selanjutnya, Anda bisa melakukan pengaturan terhadap subtitle itu sendiri. Secara default, subtitle yang muncul akan memiliki warna teks putih dengan latar belakang abu-abu yang agak transparan. Hal ini dilakukan agar subtitle menjadi lebih mudah dibaca. Namun, jika Anda memang ingin mengganti warnanya, maka Anda bisa melakukannya melalui “Tampilan Keterangan”. Pengaturan tersebut tidak hanya soal warna teks, melainkan juga mencakup beberapa hal antara lain, seperti:
setting subtitle video facebook

Gambar: Jalantikus.com

  • Background Color: Warna latar belakang dari teks.
  • Background Opacity: Transparansi warna latar belakang.
  • Text Color: Warna teks. Pastika warna teks tidak sama dengan warna latar belakang. Jika tidak memakai warna latar belakang, maka usahakan warna teks berlawanan dengan warna dominan pada video tersebut agar mudah dibaca.
  • Text Size: Ukuran teks. Jangan dibuat terlalu besar atau kecil. Dengan terlalu besar atau terlalu kecil, teks akan menjadi sulit dibaca dan bahkan akan mengganggu tampilan video.
  1. Jangan lupa klik “Simpan Perubahan”.
Artiket terkait  Tips Meningkatkan Performa Laptop untuk Bermain Game

Nah, itulah tadi lima langkah yang harus Anda lakukan untuk dapat membuat subtitle pada video Facebook muncul di bagian bawah video. Lantas, apakah subtitle ini selalu tepat? Jawabannya, belum tentu.

Tepat atau tidaknya sebuah subtitle bergantung pada apa yang terdengar dari video tersebut. Sejauh ini ada dua jenis subtitle, yakni subtitle yang dibuat oleh orang dan juga oleh mesin. Subtitle yang dibuat oleh orang atau manual akan jauh lebih baik hasilnya karena dapat dilakukan editing, serta subtitle itu berdasar pada kemampuan pembuatnya mendengarkan bahasa asing.

Artiket terkait  Suara Laptop Tiba-tiba Mati? Lakukan Cara Ini

Lain halnya dengan subtitle otomatis atau subtitle mesin. Subtitle ini akan menampilkan teks yang merupakan hasil penangkapan suara oleh perangkat lunak. Alhasil, teks dari penangkapan suara ini cenderung tidak akurat karena akurasinya sendiri bergantung pada sebaik apa kualitas suara video tersebut.

Selain itu, faktor logat atau aksen juga berpengaruh. Jadi, harap bersabar bila yang muncul adalah subtitle otomatis. Sayangnya, memang subtitle otomatislah yang kebanyak muncul di Facebook. Hal ini dikarenakan video Facebook bukanlah video panjang sehingga sebenarnya video tersebut tidak membutuhkan subtitle. Sebagai informasi, subtitle otomatis ini juga bisa dimunculkan pada video-video yang diunggah di YouTube.

Artiket terkait  Punya Laptop Jadul? Lakukan Ini Supaya Performanya Tetap Gahar

About Bagas Dharma

Seorang penulis yang juga menekuni seni sulap dan suka sepakbola.