Kenapa Android Lebih Baik dari iPhone? Ini Alasannya

0
145
android vs iphone
Kenapa Android Lebih Baik dari iPhone? Ini Alasannya

Android, sebagai sistem operasi yang bersifat open-source telah membuat hampir seluruh produsen telepon genggam mengadopsinya dan menjadikannya sebagai sistem operasi pada produk mereka. Ya, bahkan Nokia pun belakangan akhirnya mengalah dan ikut menjadikan Android sebagai sistem operasinya setelah sempat bertahan dengan Windows Phone. Apakah sudah semua ponsel mengadopsi Android? Hampir, kecuali satu, yaki rival utamanya, iPhone.

iPhone adalah produk ekslusif dari Apple yang tidak, dan tidak akan mungkin menggunakan sistem operasi lain. Sama halnya dengan sistem operasi Apple iOS sendiri yang tidak mungkin diadopsi oleh ponsel selain buatan Apple. Lantas, manakah yang terbaik? Simak ulasannya sebagai berikut.

  1. Aplikasi Gratis untuk Android

aplikasi

Banyak pengguna iPhone yang mengeluhkan sulitnya mendapatkan aplikasi di Apple Store. Selain karena jumlah aplikasi yang terbatas, kebanyakan aplikasi di sana juga sifatnya berbayar, alias bukan gratisan. Bahkan, beberapa aplikasi dasar. Mungkin memang benar bahwa banyak aplikasi dasar yang gratis, seperti Whatsapp dan lain sebagainya. Namun, aplikasi lain yang sifatnya menghibur atau menambah fitur, sangat sedikit yang gratisan.

Hal ini berbeda sekali dengan Android dimana hampir seluruh aplikasi yang disediakan di Play Store bersifat gratisan. Pengguna bisa dengan mudahnya mengeksplorasi dan juga mencari aplikas-aplikasi unik yang mendukung kegiatan mereka sehari-hari tanpa khawatir dengan biaya tambahan untuk aplikasi-aplikasi tersebut.

  1. Konektivitas

dual sim

Pengguna iPhone sering dipusingkan dengan proses perpindahan data. Sebagai contoh lagu mp3. Ponsel iPhone tidak mengijinkan adanya mp3 bajakan. Artinya, pengguna harus benar-benar membeli lagu tersebut melalui iTune. Bagi banyak pengguna, membeli sebuah mp3 tentulah merupakan hal yang sangat tidak lazim dan bahkan tidak mungkin dilakukan. Akhirnya, banyak pengguna iPhone yang menggunakan trik-trik khusus untuk dapat memindahkan lagu gratisan dari laptop ke dalam perangkan iPhone mereka.

Untuk Android? Tidak perlu dijelaskan lagi. Pengguna bisa memindahkan file dengan bebas sebebas-bebasnya asalkan memori ponsel masih memadai.

  1. USB OTG

Ini adalah salah satu fitur unggulan dari ponsel Android. Berbekal sebuah adaptor kecil yang dipasang pada slot charger ponsel, maka pengguna dapat menerapkan penggunaan USB Flasdiks, USB Harddisk, atau penyimpanan lain, langsung kepada ponsel.

Fitur ini sebenarnya juga telah diadopsi oleh iPhone. Hanya saja, tidak semua iPhone memiliki fitur ini.

  1. Dual SIM

micro sd

Dual sim merupakan fitur tambahan yang cukup banyak diminati. Ponsel berbasis Android memberikanmu banyak pilihan berbagai tipe ponsel yang mendukung dual sim. Sementara iPhone sendiri hingga detik ini belum mendukung mode dual sim untuk produknya.

  1. Harga Purna Jual

Apakah kamu termasuk orang yang gonta-ganti smartphone? Jika iya, maka pikir berulang kali sebelum menggunakan iPhone. Pasalnya, iPhone adalah ponsel yang harga jual kembalinya jauh lebih rendah daripada harga beli. Hal ini dikarenakan kurangnya minat pembeli terhadap iPhone bekas. Wajar saja, iPhone adalah produk premium yang dilirik oleh banyak pemalsu.

Menemukan iPhone palsu di pasaran sangatlah mudah. Oleh karena itu, pembeli cenderung enggan dan khawatir bila membeli iPhone bekas, apalagi pihak retailer (konter hape) akan tetap menjual iPhone bekas dengan harga yang cukup tinggi. Jadi, daripada membeli iPhone bekas harga tinggi, para pembeli cenderung membeli iPhone baru dari Apple resmi yang sudah dijamin asli.

Itulah 5 alasan yang membuat Android lebih menguntungkan daripada iPhone, yakni dari segi kemudahan instal aplikasi, kemudahan transfer data, fitur USB OTG, mode dual sim hingga harga purna jualnya yang cukup tinggi.

Artiket terkait  Daftar Paket Internet Unggulan Tri Terbaru 2017
SHARE
Seorang penulis yang juga menekuni seni sulap dan suka sepakbola.