Begini Cara Mengatasi Laptop yang Overheat

0
159
laptop overheat
Begini Cara Mengatasi Laptop yang Overheat

Overheat atau kondisi dimana suhu laptop terlampau tinggi bisa disebabkan oleh banyak hal. Namun, hal yang paling mungkin adalah kinerja laptop yang dipaksa denga performa berlebihan. Hal ini akan menimbulkan berbagai gangguan, dari mulai performa yang semakin lambat hingga laptop yang tiba-tiba mati total. Untuk mengatasi laptop yang overheat, simaklah ulasan berikut ini.

  1. VGA Underclock

Proses underclock VGA berfungsi untuk mengoptimalkan kinerja VGA sehingga panas yang dihasilkan akan berkurang. Proses underclock VGA ini sangat berguna bagi kamu yang menggunakan laptop untuk gaming dalam jangka waktu yang cukup lama.

Cara melakukannya sangat mudah. Kamu hanya perlu mengunduh aplikasi overclock VGA seperti MSI Afterburner. Kamu juga bisa menggunakan aplikasi lain yang kamu tahu.

  1. Ganti Mode Performa BIOS

Cara yang satu ini terbilang merupakan cara yang lebih lanjut. Cara melakukannya adalah dengan masuk ke BIOS. Setiap laptop biasanya memiliki cara yang berbeda-beda untuk masuk ke BIOS. Salah satu caranya adalah dengan menekan tombol F10 saat proses booting sebelum logo Windows muncul. Namun laptop kamu bisa saja memiliki cara yang berbeda. Silakan temukan cara masuk BIOS untuk tipe laptop kamu.

Setelah masuk BIOS kamu bisa masuk ke CPU dan Fan Performance Modes. Setelah itu, maka laptopmu akan langsung memaksimalkan kinerjanya dan mengurangi panas yang dihasilkan.

  1. Bersihkan Kipas

Ya, ini adalah cara yang terbilang sebagai cara fisis. Artinya, kamu benar-benar melakukan penanganan mekanis untuk memperbaiki ini. Sebagai keamanan, ada baiknya kamu meminta panduan dari orang yang ahli membongkar laptop. Setelah laptop dibongkar, carilah kipas laptop atau area pembuangan udara panas. Jika kamu menemukan banyak debu di sana, maka bersihkanlah debu itu dengan sikat gigi bekas atau dengan alat khusus. Dengan begitu, udara panas yang dibuang tidak akan terhambat laptop menjadi lebih dingin saat digunakan.

  1. Matikan Aplikasi

Aplikasi yang bekerja terkadang mampu mempengaruhi performa laptop. Hal ini tidak terkecuali bagi aplikasi yang bekerja di latar belakang, yakni aplikasi-aplikasi yang tidak bisa ditutup dengan cara biasa. Aplikasi semacam ini biasanya berkaitan dengan sebuah sistem. Untuk mematikan aplikasi yang tidak dibutuhkan, bukalah Run (CTRL + R) dan ketikkan “msconfig”.

Setelah masuk ke msconfig, klik tab “services”. Pada bagian itulah terdapat banyak aplikasi yang berjalan di belakang layar tanpa kita menyadarinya. Untuk mencegah kamu mematikan aplikasi bawaan Windows yang tidak semestinya dimatikan, maka klik centang pada pilihan “Hide all Microsoft services” dan kamu akan melihat aplikasi-aplikasi yang tidka resmi dari Windows. Pilihlah aplikasi yang kamu anggap tidak penting. Setelah itu, klik “Disable All”. Dengan begitu, maka laptop kamu akan bebas dari aplikasi-aplikasi tidak berguna yang memperberat kinerja laptop.

  1. Defrag Disk

Ini adalah menu yang ada di dalam Windows. Fungsinya adalah untuk merekap ulang data-data ada harddisk dan menghapus data-data tidak berguna yang sudah lama menumpuk dan tidak terpakai. Untuk melakukan Defrag silakan buka menu start (klik tombol Windows pada keyboard) dan cari Disk Defragmenter.

Itulah lima cara yang 100% dapat meningkatkan kinerja laptop kamu sekaligus mengurangi panas yang dihasilkannya. Ingat, panasnya laptop tidak bisa dianggap sepele. Apabila sering berada dalam keadaan panas, maka komponen elektronik laptop dapat meleleh dan mengganggu kinerja laptop dengan sangat signifikan. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Artiket terkait  Laptop Mulai Lemot? Perhatikan 4 Hal Ini Sebelum Upgrade RAM
SHARE
Seorang penulis yang juga menekuni seni sulap dan suka sepakbola.