Home » News » Advan Terus Kembangkan OS Buatan Indonesia, Seperti Apa?

Advan Terus Kembangkan OS Buatan Indonesia, Seperti Apa?

os buatan indonesia

Advan Teurs Kembangkan OS Buatan Indonesia, Seperti Apa?

Salah satu produsen smartphone lokal terbesar, Advan, pada bulan Februari 2017 lalu merilis smartphone 4G terbaru bertajuk Advan G1. Satu hal yang menjadi daya tarik utama dari smartphone ini adalah sistem operasi (OS) yang digunakan, yang mana merupakan buatan Indonesia bernama IDOS (Indonesia Operating System) 6.1.2.

Keberadaan sistem operasi ini memang masih belum terlalu familiar di kalangan masyarakat pengguna smartphone Indonesia. Baru-baru ini, Marketing Director Advan, Tjandra Lianto pun mengungkap beberapa keunggulan IDOS pada smartphone Advan G1, yang bisa menguntungkan para penggunanya.

Selengkapnya :  Diego Maradona Ingin Tuntut Konami, Ada Apa?

Seperti diketahui, sistem operasi IDOS ini merupakan hasil kembangan pihak Advan dari OS Android Marshmallow 6.0. Akan tetapi, IDOS sudah disesuaikan dengan kebutuhan konsumen di Indonesia. Tjandra mengatakan kalau dalam IDOS terdapat empat fitur utama, yakni Security, Power Saving, Smart Management, dan Unique Feature.

Dari fitur security, ponsel pintar Advan ini juga mempunyai kemampuan ‘anti-maling’ alias anti-theft. Dilengkapi pula dengan pengunci aplikasi, sistem enkripsi data dan terdapat mode pengguna guest. Tjandra menjelaskan kalau fitur-fitur tersebut akan sangat membantu para pengguna dalam mengamankan perangkat ponsel pintar mereka.

Selengkapnya :  iPhone 8 Gagal Gunakan Layar OLED Lengkung

“Dengan mengaktifkan fitur anti-theft, maka nantinya foto orang yang mencoba membobol password atau PIN kita akan diambil secara otomatis (lewat kamera depan). Jadi, kita bisa tahu siapa orang yang sudah mencoba membobol ponselnya,” ujar Tjandra.

Selain itu IDOS juga mempunyai manajemen daya yang lebih baik, karena ada tiga modus penghemat baterai. Mulai dari ultra saving, smart-saving hingga all-time saving. Pengguna bisa memilih sesuai kebutuhan dan aktivitas masing-masing.

Adam pula fitur smart management. Tapi fitur ini baru ada pada versi terbaru, yakni IDOS 6.1.2. Di versi ini Anda bisa menggunakan QR scan ID, picture in picture dan healt guard.

Selengkapnya :  Daftar Situs yang Menyediakan Jadwal MotoGP

Sedangkan fitur unggulan yang terakhir adalah unique functions. Maksudnya, pengguna dimaksudkan agar bisa memanfaatkan smartphone mereka secara efisien dan lebih praktis. Beberapa fitur yang ditawarkan di antaranya shake to shoot, shake to play hingga quick touch. Dengan fungsi-fungsi tersebut, pengguna bisa lebih cepat untuk mengakses beberapa aplikasi seperti kamera.

Belakangan, dikabarkan kalau Advan juga sedang mengembangkan aplikasi khusus di IDOS 6.1.2 bernama Panduan Muslim. Aplikasi tersebut dapat membantu pengguna untuk mengakses berbagai informasi tentang arah kiblat, jadwal sholat hingga bacaan Al-Quran.

About Bagas Dharma

Seorang penulis yang juga menekuni seni sulap dan suka sepakbola.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*